Skip to content

Bisnis Blogging dan Sekolah Blog

Mas Stephanus Osa, wartawan senior Kompas menghubungi saya untuk menanyakan beberapa hal seputar bisnis internet dan blogging yang saya geluti. Berikut adalah petikan wawancara tertulisnya:

Bagaimana Anda tertarik untuk usaha sekolah blogger? Awal mulanya gimana sih…

Saya mengenal aktivitas blogging sejak penghujung tahun 2005. Waktu itu mulanya saya ngeblog hanya untuk mempublikasikan tulisan sendiri, baik berupa opini, puisi maupun catatan harian sederhana.

Ngeblog-nya juga masih di layanan gratisan. Pergulatan dengan aktivitas blogging semakin meningkat ketika saya mulai tertarik untuk membuktikan kebenaran berbagai promosi di internet bahwa orang bisa dapat penghasilan dari internet.

Nah, sejak awal 2007, saya mulai mengenal dunia blog advertising – salah satu ceruk make money blogging – melalui program Pay-Per-Click (PPC), yaitu google adsense.

Namun, penghasilan demi penghasilan saya yang waktu itu mencapai $1000 USD per bulan, lebih banyak yang gagal saya cairkan karena ternyata melanggar term of services layanan google adsense. Maklumlah karena saat itu saya masih sangat baru dengan pengetahuan pas-pasan dan bahasa Inggris yang payah.

Karena tidak kunjung berhasil dengan Google adsense, maka saya mencoba sebuah program lain dalam make money blogging, yaitu program paid review.

Nah, inilah ceruk penghasilan nyata yang saya dapatkan dari internet pertama kalinya. Saat itu pertengahan 2007, saya sudah mengoleksi lebih dari 50 blog komersil berbahasa Inggris, tetapi semuanya masih dari layanan gratisan di blogspot.com

Hingga akhirnya sedikit demi sedikit penghasilan itu saya kumpulkan di akun Paypal saya (Paypal adalah media pembayaran online terbesar dan paling banyak digunakan di dunia internet), hingga mampu membeli sendiri hosting dan domain berbayar.

Awal Jan 2008, boleh dibilang saya sedang memasuki sebuah tahap awal make mony blogging secara lebih profesional karena sudah punya hosting dan sebuah domain sendiri. Januari 2008 adalah bulan lahirnya blog personal saya astaqauliyah.com.

Perjalanan bisnis make money blogging saya terus berkembang, hingga penghujung 2008. Seorang teman menyodorkan formulir pendaftaran program Lomba Wirausaha Muda Mandiri 2008.

Awalnya saya menolak dengan alasan bahwa usaha yang saya geluti tidak nyata dilihat oleh masyarakat. Tetapi beberapa bulan kemudian, teman tersebut kembali menyodorkan formulir baru (formulir lama saya hilangkan dengan tidak sengaja), dan mengisinya berdasarkan jawaban lisan saya.

Ternyata, keikutsertaan saya di program WMM 2008 berbuah hasil yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Saya akhirnya menyabet gelar Juara II tingkat Nasional kategori Mahasiswa. Sebuah capaian prestisius untuk bilangan bisnis online yang belum banyak diketahui oleh publik.

Dari pengalaman ini, kepercayaan diri saya semakin meningkat dan akhirnya melahirkan ide untuk mendirikan sekolah blogging (blogging school) dengan maksud yang sangat mulia: memberikan kesempatan kepada anak-anak muda untuk bisa punya pendapatan dari internet.

Untuk memuluskan upaya ini, maka pada awal 2009, saya mendirikan perusahaan induk (holdings company) untuk menaungi beberapa usaha online yang sebelumnya sudah eksis plus beberapa usaha offline yang baru saya rintis. Perusahaan itu bernama AstaMedia Group. Sekolah blog yang saya dirikan diberi nama AstaMedia Blogging School.

Ternyata, sekolah blog ini menjadi sekolah blog offline pertama di ASIA!

Mungkin bisa diceritakan sedikit, latar belakang pendidikannya. Kalo tidak salah ingat, seru juga tuh cerita banting setirnya mulai dari memilih jurusan kuliah sampe akhirnya banting setir begini?

Saya adalah mahasiswa program pendidikan klinik di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Memang tidak ada latar belakang sama sekali di bidang IT dan per-blogger-an, tapi karena aktivitas blogging begitu memikat hati saya, maka saya sangat menikmatinya, sekaligus menjadi hobi baru yang ternyata bisa menghasilakn ribuan bahkan puluhan ribu dollar sebulan.

Sewaktu SMU saya sebenarnya bercita-cita menjadi engineer sipil. Tetapi saya menerapkan strategi yang salah ketika mengikuti UMPTN 1999 (SPMB saat ini). Saya memilih Kedokteran sebagai pilihan pertama, dan Teknik Sipil Unhas sebagai pilihan kedua. Saya sih memperkirakan saya akan ‘jatuh’ pada pilihan kedua, karena tidak akan mampu bersaing dengan kompetitor lain di Kedokteran. Eh, ternyata hasilnya berbicara lain!

Saya lulus di Kedokteran Unhas. Bukan main kagetnya saya waktu itu, dan akhirnya karena dorongan orang tua yang begitu senang anaknya bakal jadi dokter, maka saya memaksakan diri menempuh sebuah dunia baru yang tidak pernah saya cita2kan sebelumnya.

Butuh sekitar 2 bulan untuk bisa merubah struktur cita-cita saya sebelumnya yang ingin menjadi Insinyur. Saat kuliah saya banyak menghabiskan waktu sebagai aktivis dan menjadi pengurus lembaga-lembaga kemahasiswaan.

Beranjak menjadi wirausaha, apa yg membuat Anda nekat berwirausaha kayak gini?

Saya senang dengan aktivitas blogging yang saya geluti. Inilah alasan mendasar kenapa akhirnya saya memutuskan untuk fokus di bidang ini. Saya melihat peluang bisnis internet marketing dan blog advertising di Indonesia dan dunia internasional masih sangat besar.

Lagi pula, pekerjaan ini sangat penuh dengan tantangan. Setiap waktu selalu saja ada hal-hal baru yang diproduksi melalui internet dan itu membuat kita semakin terpicu untuk terus berkreasi dan beradaptasi.

Pendapatan dari dunia online juga terhitung tidak sedikit. Itu hanya jika dijalankan secara santai dan tidak full time. Coba bayangkan jika kita melakukannya secara full time!

Ada juga beberapa hal yang menguatkan saya untuk fokus dengan bisnis online saat ini. Saya secara pribadi punya impian untuk mempekerjakan ribuan orang di bawah payung perusahaan saya AstaMedia Group dan berbagi dengan mereka.

Saya hendak menjadikan AstaMedia sebagai sebuah perusahaan online marketing dan blog advertising yang terkemuka di dunia internasional. Dan impian saya ini pada akhirnya didukung oleh sahabat dan keluarga, yang pada masa awal saya merintis usaha ini banyak menentangnya. Ini adalah energi besar yang sulit padam untuk semakin maju dan sukses.

Sampai sekarang, berapa murid yang ikutan sekolah ini? Mengapa perlu mendirikan sekolah blogger?

Saat ini kami sudah menelorkan lebih dari 100 orang alumni dengan asumsi 80% dari mereka eksis di bisnis online hingga sekarang, dengan estimasi pendapatan minimum 2 juta per bulan.

Artinya, keberadaa kami sejak Jan 2009, khususnya di Makassar, telah berhasil membuka lapangan pekerjaan dan penghasilan baru kepada sekitar 80-an orang, dan secara akumulatif telah mampu mendatangkan devisa negara sebesar $16.000 USD (160-an juta) setiap bulan yang dilakukan oleh alumni kami.

Sekolah blogging merupakan lahan alternatif bagi mereka yang ingin memiliki pendapatan dari internet secara lebih mudah dan cepat. Bahkan, bisa saja dijadikan sebagai lapangan kerja tetap dengan penghasilan yang mantap!

Oya, katanya ini cara cepat orang-orang bisa dapat duit. Bagaimana hitung2nya?

Siswa kami di AstaMedia Blogging School (ABS) memang diberikan jaminan/garansi 3 bulan berpendapatan! Jadi sejak mulai program edukasi dalam kelas dan pembimbingan di luar kelas, mereka akan kita pandu untuk memiliki penghasilan dari blog-blog mereka. Setiap siswa akan kita berikan sebuah blog dengan kualifikasi tertentu beserta hosting gratis selama setahun.

Nah, kalau dihitung-hitung secara seksama, sebuah blog siswa ABS memungkinkan untuk memberikan penghasilan antara 2-3 juta per bulan. Ini berasal dari hasil penjualan link (tautan), publikasi review, dan pemasangan sejumlah iklan di dalamnya.

Nah, jika seorang siswa benar-benar memahami, mempelajari dan mengaplikasikan metode yang kami ajarkan di kelas, mereka bahkan bisa memperoleh pendapatan jutaan rupiah setiap harinya! Apalagi jika mereka bisa dengan seksama mereplikasi jumlah blog mereka hingga mencapai puluhan blog.

Jika sudah mengetahui metodenya, dan menguasai mekanisme pengembangan blog yang benar, maka seorang alumni AstaMedia Blogging School dapat saja memiliki penghasilan puluhan bahkan hingga ratusan juta rupiah setiap bulan, dengan biaya produksi (cost) yang sangat rendah!

Published inBlogging School

29 Comments

  1. nataliawang nataliawang

    good article..kunjungi juga blogspot kami di
    kunjungi juga website kami di

    Link Komentar
  2. febby febby

    Mulia sekali pak.
    Saya ingin sekali ikut sekolah sperti AstaMedia seperti yang sudah di ceritakan.. sayangya tempatnya jauh sekali
    saya tinggal di surabaya.

    Link Komentar
  3. boim boim

    sekolah yang luar biasa, sangat inspiratif, artikel yang bermanfaat sekali kang. memulai bisnis online memang harus sepertii itu.

    Link Komentar
  4. treadmill bandung treadmill bandung

    memabakr sermangat saya untuk semakin giat nih

    Link Komentar
  5. jasa seo di bandung jasa seo di bandung

    Locating a low-priced Search engine optimisation company that does high-quality function may be complicated since the majority of the inexpensive search engine optimizers don’t adhere to via with their promises and likely they speak a foreign language you don’t recognize. The right Search engine marketing agencies work for giant corporations and will not function for below $20,000 a month. This leaves tiny organization owners using a difficult predicament. Either take a possibility using a economical Search engine optimisation provider or commit your whole years advertising budget in 1 month to hire an optimization firm that knows what it truly is doing.

    Link Komentar
  6. wawancaranya yang sangat bernilai inspiratif bagi kita semua untuk lebih serius menggeluti dunia perbloggeran yang masih penuh misteri.

    Banyak yang bilang kalau internet bisa menghasilkan uang dengan mudahnya, namun saat saya terjun ke dunia tersebut, sudah hampir 6 bulan belum dapat apa-apa hehehe :D

    Link Komentar
  7. rudiatmoko rudiatmoko

    mas saya pengen gabung di blogging school nya tapi alamatnya dimana dan biayanya selama bulan itu berapa ya…? bisa dikirim ke email saya jika memang mas merasa tidak etis menjawab pertanyaan saya di forum umum ini, terimakasih…

    Link Komentar
  8. budiman budiman

    salam kenal semuanya..wawancara bisnisnya mas Asri Tadda jadi motivasi buat saya
    pengen sekolah blog,tapi biar ga sendirian nyari tmen dulu ah..
    @Asri Tadda : izin share mas..trims

    Link Komentar
  9. Dear Asri Tadda saya mau sekolah ditempat andaAsta Media Blooging, tapi saya tinggal dijakarta???gimana dong apakah ada cara lain, saya sangat ngotot pingin cari penghasilan lewat internet Tolong bantu saya ya

    Plus kasih tau biayanya berapa sampai saya bisa mahir,…..saya coba2 sendiri g bisa,,,,,,buat paypal mentok verifikasi…kataynya harus beli vcc buat verifikasi paypal yang banyak saya temui boong semua….I need u tobe my MENTOR

    Link Komentar
  10. saya belajar blog secara otodidak, dan setelah belajar sekian

    lama akhirnya bisa menghasilkan uang dari online juga.

    Seandainya saya bisa belajar langsung dari mas Asri Tadda,

    saya yakin sekali hasilnya pasti akan lebih bagus sekali.

    Saya sekali tidak ada sekolah online nya!

    Saya tunggu kursus online nya mas!

    Link Komentar
    • Asri Tadda Asri Tadda

      @vegetarian: Kursus online tidak kami buka…:)

      Link Komentar
      • @Asri Tadda,

        Seandainya ada buka kursus online jgan lupa info kan ke saya yach.

        saya ingin belajar lebih mendalam tentang blog dari mas!

        Link Komentar
  11. Yusuf Ardian Yusuf Ardian

    Saya pernah mendengar bahwa bisnis blog akan mati?padahal saya termasuk orang yang baru mulai belajar ngeblog jujur karena termotivasi oleh anda sebagai senior saya di fk unhas ( saya alumni fkuh angk.2001 ), benarkah demikian kanda?adakah tulisan kanda yg membahas topik tersebut? trmksh sblmx

    Link Komentar
    • Asri Tadda Asri Tadda

      @Yusuf Ardian: Sorry baru balas, baru sempat euy..saya sendiri secara pribadi yakin bisnis blog tidak akan pernah mati sepanjang internet dan Google masih ada…:)

      Link Komentar
  12. saya pendatang baru di dunia blogging. Saya membaca berita tentang anda di kompas.com

    Saya sangat tertarik utk belajar lebih tentang cara menghasilkan uang lewat dunia online. Apakah Anda ada menyediakan kursus secara online? Saya pengen belajar! Mohon bimbingannya.

    Link Komentar
  13. saya baca tentang anda di kompas dan saya terinspirasi karena anda, terima kasih

    Link Komentar
  14. gatot gatot

    saya tertarik stl baca tentang anda di kompas, bisa ga ya kalau saya sekolah blog secara maya? gmn biayanya? saya sdh siap menjadi murid anda.tks

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons