Skip to content

Tips dan Cara Menjadi Blogger Sukses

Postingan ini terinspirasi oleh sebuah pertanyaan dari seorang pembaca AsriTadda.com, Mbak Ria yang kiranya baru menyadari betapa aktivitas ngeblog sangat menarik baginya.

Cara Menjadi Blogger

Berikut adalah cuplikan pertanyaan beliau yang dikirim via email:

Bagaimana saya bisa memberi kontribusi di blog. Saya memiliki kemampuan bahasa Inggeris yang excellent. Saya memiliki pengalaman menjadi guru Bahasa Inggeris selama bertahun tahun dan sekarang menjadi karyawan di perusahaan swasta. Hanya saja setelah membaca banyak kisah inspiratif tentang blog dan bagaimana kita bisa mendapat pendapatan tambahan yang fantastis melalui blog saya jadi tertarik sekali. How do I start ?

Pertanyaan “How do I start” sebenarnya umum dijumpai dan seringkali menjadi masalah mendasar yang menghambat seseorang mulai belajar ngeblog. Tidak sedikit yang mentok hanya pada pertanyaan bagaimana cara ngeblog dan menjadi blogger.

***

Pada prinsipnya, blogging adalah sharing, berbagi informasi kepada pembaca, baik dalam bentuk artikel, berita, foto, grafis, maupun audio dan video.

Soal profit dari blogging atau bagaimana mendapatkan uang dari blog, itu seharusnya diletakkan belakangan. Yang paling fundamental adalah soal kita mau sharing tentang apa dan kepada siapa.

Membuat blog, sedapat mungkin didasarkan pada keahlian yang ingin kita sharing kepada orang lain, atau pada passion kita, sehingga nantinya kita tidak akan kehilangan ide dan kreatifitas ketika membuat posting reguler untuk pembaca.

Blogging Follow Your Passion

Nah, soal mau menyajikan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, itu terserah kita saja. Yang jelas, beda bahasa tentunya juga akan beda sasaran pembaca dan tentunya beda target market.

Kalau Anda memiliki keahlian khusus di bidang kecantikan misalnya, let’s share it via blog. Begitu juga untuk topik yang lain seperti bisnis, politik, ekonomi, sport, otomotif dan sebagainya.

Kalau ngeblog-nya didasari akan kepentingan marketing dan promosi produk atau layanan jasa tertentu, buatlah blog yang topiknya seputar produk atau manfaat produk yang akan dipasarkan, dan terus fokuskan blog Anda pada topik tersebut.

Kenyataannya, pembaca akan lebih suka dan cenderung “setia” dengan blog yang fokus membahas topik tertentu, ketimbang blog gado-gado. Topik tertentu juga akan memudahkan kita memasarkan produk atau jasa karena target reader dan marketnya sudah jelas.

Fokus Blogging

Jadi, untuk memulai kegiatan bloggingnya, Anda sebaiknya memetakan dulu keahlian dan passion Anda berada di mana, target reader dan market yang hendak disasar siapa saja.

Jika sudah jelas, Anda kini sudah bisa mulai teknis blogging; seperti antara lain:

  1. Mencari nama domain atau subdomain
  2. Install CMS di hosting
  3. Konfigurasi dan setting blog
  4. Mulai membuat postingan, dan seterusnya.

Demikian beberapa poin penting bagaimana caranya menjadi blogger dan melakukan aktivitas ngeblog atau blogging. Jangan lupa untuk membaca beberapa tips sukses dalam bisnis blogging yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.

Semoga catatan sederhana ini memberikan inspirasi dan nilai tambah untuk Anda. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar di bawah postingan ini.

Published inBlogging Tips

19 Comments

  1. Wahyu Rahadian Wahyu Rahadian

    Betul sekali. Yang paling penting kita memetakan passion kita supaya terus bergairah menulis postingan setiap hari. Untuk teman2 yg suka artikel ringan untuk sekedar self healing, silakan mampir ke blog sederhana saya: mantramantan.blogspot.com

    Link Komentar
  2. Fanny Fanny

    saya benar-benar bingung, apa yang harus saya lakukan pertama kali ketika saya telai selesai membuat blog. apakah hanya menulis artikel saja? -_-‘

    Link Komentar
  3. AlwiSukasuka AlwiSukasuka

    saya itu penasaran banget ama blog dan pengen banget jadi seorang blogger yang sukses, tapi masalahnya saya itu sulit untuk nyari ide blog, dimana dpet ide tapi kayanya gimanaaa gtu … mhon pencerahannya :)..

    Link Komentar
  4. ujwar ujwar

    makasih mas. sangat bermanfaat. sebagai blogger baru aaya selali termotivasi jika membaca postingan semacam ini. salam kenal

    Link Komentar
  5. ipin lambar ipin lambar

    saya udah mengenal blog dari tahun 2014 dan sudah gonta ganti blog. namun saya belum menemui irama yang pas mohon solusinya donk

    Link Komentar
  6. alvin alvin

    Nih saya bingung harus di salurkan kemana bakat saya. saya bisa meng-edit foto, menggambar dengan pensil, dan menulis. tapi saya tidak tahu mana jalur yang harus saya tempuh. tolong sarnnya agar bakat saya tidak sia-sia dan kalau bisa malah membuahkan penghasilan.?

    Link Komentar
  7. Asal Bisa Makan Asal Bisa Makan

    Saya juga sedang belajar… Mohon pencerahanx mas :D sudah bosan bekerja yg minim kreatifitas.. Nge-blog sangat menggugah saya.. Terima kasih..

    Link Komentar
  8. Wikonda Wikonda

    Mantaf blognya mas sangat menginspirasi saya yg msh pemula bgt yg bingung harus memulai dri mana, :nohope :sorry :bingung: :kr

    Link Komentar
  9. abdurohman afandi abdurohman afandi

    ya mas males itu penyakit blogger…..

    Link Komentar
  10. Cara Menjadi Blogger Sukses | MICKY PAPUA JR

    beberapa poin penting bagaimana caranya menjadi blogger dan melakukan aktivitas ngeblog atau blogging. Jangan lupa untuk membaca beberapa tips sukses dalam

    Link Komentar
  11. sidiq sidiq

    malas..itu jga jadi penghalang paling besar….

    Link Komentar
  12. abi jogjaleader abi jogjaleader

    klo dalam satu blog…berbagaiartikel..macam2 temanya..bagaimna mas/mba??

    Link Komentar
    • Asri Tadda Asri Tadda

      No problem, sepanjang artikel2 yang diposting dalam blog memang menarik dibaca sehingga pengunjung blog akan meningkat dengan sendirinya :)

      Link Komentar
  13. sidiqhypnotherapy sidiqhypnotherapy

    saya masih belum mengerti mas/mba….

    Link Komentar
  14. Newbie Tora Newbie Tora

    Kebanyakan permasalah blogger pemula itu malas menulis dan mengembangkan blog mereka, meski di awal rajin tapi lama kelamaan jadi males :D Hehe

    Link Komentar
    • Asri Tadda Asri Tadda

      Betul, apalagi kalau sudah lama ngeblog tapi rasanya sukar menemukan penghasilan dari situ :)

      Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons