Skip to content

Kenyataan Pahit: Kebenaran Tentang Menghasilkan Uang dari Blog

Tulisan ini adalah kiriman dari penulis tamu (guest blogger) Shiq4.

Blog semakin populer. Jumlah bloger semakin bertambah setiap hari. Orang-Orang mulai tertarik menulis blog karena mereka membaca banyak informasi dan mengetahui bahwa blog bisa menjadi mesin uang. Mereka berpikir “Apa sulitnya menulis. Tinggal rutin menulis dan uang pun mengalir dengan mudah”. Tapi mereka salah.

Kegiatan Ngeblog atau Blogging

Selama 2 tahun terakhir ngeblog, saya telah melihat banyak bloger yang begitu optimis. Mereka mengatakan bahwa impian mereka adalah menjadi bloger sukses. Mereka mengatakan itu kepada teman-temannya, pada postingannya, dan forum-forum bloger. Terdengar begitu ambisius. Sayangnya, waktu membuktikan bahwa mereka hanya menjadi pecundang, bloger gagal.

Mengapa kejadiannya seperti itu? Karena mereka malas dan terlalu meremehkan. Orang yang melakukan tindakan dan dilandasi ingin menghasilkan uang dengan cepat adalah ciri pemalas. Dan itu sesuatu yang salah.

Sebelum Anda ngeblog untuk uang, perlu Anda ingat satu hal :”Tidak ada pekerjaan yang mudah di dunia ini. Untuk menjadi sukses, Anda perlu bekerja lebih keras dari orang lain. Termasuk dalam ngeblog”.

Ngeblog Itu Tentang Passion

Saya akan jujur kepada Anda, tidak semua orang bisa ngeblog dan sukses. Berbeda dengan pekerjaan lain pada umumnya, bloger harus memiliki kesabaran tinggi dalam waktu lama dan terus menulis dalam ketidakpastian.Bukan menulis sehari atau sebulan, melainkan sepanjang tahun. Dapatkah Anda melakukan hal semacam itu sedangkan tidak ada kepastian apa yang Anda lakukan akan mendapatkan bayaran?

Mayoritas orang yang sukses dalam ngeblog bukan karena mereka sejak awal ingin menghasilkan uang dari blog. Biasanya mereka menulis karena mereka ingin berbagi saja. Mereka menulis tentang passion mereka. Mereka bahagia. Dan tanpa disadari, blog mereka berkembang, kemudian mereka mulai menghasilkan uang. Begitulah skenario yang benar.

Bagian terbaiknya, sekarang Anda tahu mengapa sebagian bloger sukses dan sebagian lainnya gagal. Ngeblog itu tentang passion. Kita akan terus menulis sepanjang waktu seperti lomba lari marathon, bukan seperti lomba lari sprint.

Pemenangnya bukan yang berlari dengan cepat, lalu kehabisan energi ditengah jalan, kemudian berhenti. Pemenangnya adalah mereka yang terus berlari, meskipun sebenarnya lari mereka tidak cepat, sepanjang mereka tidak berhenti, mereka akan sampai di garis finish. Kesuksesan.

Dan itu hanya terjadi jika kita menulis sesuai passion. Sekarang tanyakan kepada diri sendiri, bidang apa yang menjadi passion saya? Sesuatu yang membuat Anda bahagia ketika melakukannya, ketika membicarakannya, ketika berdiskusi tentang hal tersebut.

Saat Anda sudah menemukannya, saya rasa kesempatan Anda sukses dalam ngeblog akan terbuka. Setidaknya itu lebih baik daripada mencari topik populer, namun Anda tidak menyukainya, dan berusaha menuliskan topik tersebut dengan tersiksa.

Anda Harus Mengalami Kegagalan Sebelum Berhasil

Merasa optimis boleh. Tapi jika Anda menjadikan blog Anda sebagai mesin uang, sebaiknya Anda realistis saja. Karena Anda harus mengalami beberapa kegagalan sebelum berhasil. Setidaknya begitulah prosesnya.

Kebenaran Tentang Menghasilkan Uang dari Blog

Di tahun 2009, ketika saya masih kuliah, saya membangun sebuah blog dengan nama liudin.com. perkembangannya sangat bagus. Saya mempelajari SEO, menulis konten berkualitas, dan berhubungan dengan influencer pada masa itu sehingga blog saya langsung mendapatkan PR 3 dalam beberapa minggu dan alexa rank 500 ribuan. Itu pengalaman yang sangat luar biasa.

Sayangnya, walaupun blog tersebut kebanjiran pengunjung, semua sia-sia kalau saya tidak menjadikannya mesin uang. Namun saat itu keadaan benar-benar sulit untuk memonitize blog berbahasa Indonesia.

Google adsense tidak menerima blog bahasa Indonesia, Affiliasi pun sangat sulit dilakukan karena rata-rata penduduk indonesia tidak memakai kartu kredit (affiliasi amazon), Job Review pun tidak seramai sekarang. Dan akhirnya blog tersebut tidak menghasilkan uang sepeserpun dan saya menutupnya.

Di tahun 2012, saya kembali membangun blog. Kali ini saya pun optimis akan berhasil. Dengan domain liustudio.net saya membuka jasa desain, khususnya theme wordpress. Namun saya sedang tidak beruntung dan akhirnya usaha pun saya tutup.

Baru di pertengahan tahun 2016, saya kembali berusaha mencari uang di internet. Kali ini saya membuka jasa menulis konten menggunakan blog gratisan, shiq4.wordpress.com. Dan saya tidak lagi optimis, namun realistis.

Alasan mengapa saya menggunakan domain gratisan di wordpress.com adalah membuktikan bahwa konten yang saya hasilkan merupakan konten SEO dan mampu bersaing dengan blog TLD lainnya (Bukan karena faktor SEO lainnya) . Dan ya… semua berjalan baik-baik saja. Beberapa konten saya yang terdiri dari 2000 kata lebih duduk manis di halaman pertama Google. Dan itu sudah cukup untuk menjadi portofolio saya.

Sampai saat ini saya sudah menerima beberapa tawaran pekerjaan. Bahkan dari bloger profesional terkenal indonesia.

Saya tahu ada peluang kegagalan akan terjadi pada saya. Namun jika Anda membaca 47 orang-Orang Sukses yang Gagal Memulai, Anda akan tahu bahwa semua kesuksesan merupakan hasil dari banyaknya kegagalan. Bukan karena keberuntungan.

Semua Butuh Pengorbanan dan Waktu

Jika Anda hanya ingin menghasilkan uang secepat mungkin dari kegiatan ngeblog, sepertinya Anda akan gagal. Anda akan frustasi duluan karena membangun blog butuh pengorbanan dan waktu yang tidak sedikit. Tidak secepat yang Anda pikirkan.

Anda perlu mengorbankan waktu untuk mempelajari semua hal tentang blog. Baik itu SEO, menulis konten berkualitas, berhubungan dengan influencer, membaca perkembangan terbaru topik yang Anda angkat, hingga menemukan cara terbaik mengkonversi pengunjung menjadi uang.

Dan yang terpenting, Anda harus tetap realistis. Saya sering melihat keluhan di forum bloger, beberapa bloger mengeluh karena banyaknya investasi yang mereka keluarkan tidak sebanding dengan hasilnya. Saya tahu Anda punya visi. Namun jangan terlalu berlebihan mengeluarkan uang untuk membangun blog karena Anda terlalu percaya diri sehingga ketika Anda mengalami kegagalan, Anda menjadi depresi.

Sekarang, Anda tinggal konsisten menerbitkan konten berkualitas dan menunggu. Sabarlah melakukannya dan biarkan waktu yang membuktikan apakah Anda akan berhasil atau gagal.

Apakah Anda masih mau mencoba menghasilkan uang dari blog? Meskipun Anda tahu pasti akan mengalami beberapa kegagalan. Saya akan senang membaca pemikiran Anda di kotak komentar. Jadi, tolong luangkan waktu untuk mengisi kotak komentar yang telah disediakan.

Tentang Penulis:

Shiq4 adalah penulis artikel freelance. Anda bisa mengunjungi blognya Shiq4.wordpress.com untuk mengenal Shiq4 lebih jauh atau ingin memesan artikel berkualitas dengan standar SEO.

Catatan : saya menggunakan kata baku “bloger” sesuai dengan update kamus Bahasa Indonesia edisi ke-5. Jika tidak berkenan, maka Anda boleh mengantinya dengan kata “blogger”.

bisnis online
Published inBlogging TipsGuest Blogger

17 Comments

  1. ANDI KHALIK ANDI KHALIK

    Hehehe terharu saya gan,, yaa alhamdulillahya kalau skarang agan ini sdah sukses… Untuk postingan ini saya ucapkan banyak terima kasih, karna memotivasi saya untuk lebih giat lagi membangun blog yang saya punya.. saya masih newbie gan masih terus mau belajar ….

    Link Komentar
  2. Desfortin Desfortin

    Ulasan Shiq4 saya selalu suka. Proses 2 kli kegagalan itu trnyta membuatnya mnjdi lbih kuat dan menginspirasi. Saya berteman dengannya di wordpress.

    Gagasan2nya cerdas dan bernas.

    Ngeblog, aplgi utk uang tdk segampang yg dikira. Hrs sabar, ulet namun realistis. Dan btul, tnpa passion, kita hanya akn mbjdi bloger yg dikorbankan alias gagal.

    Link Komentar
  3. Erick Girimukti Erick Girimukti

    semoga saya bisa seperti anda, saya mengunjungi blog ini dari teman saya yang membicarakan tentang anda, dan ternyata memang benar apa yang di katakan teman saya terhadap anda. tulisan ini sangat meng insfirasi

    Link Komentar
  4. AMAD SOLEH AMAD SOLEH

    Sangat mengispirasi mas, betul semua butuh proses dan tahapan dalam menggapai mimpi

    Link Komentar
  5. Sitri handayanti Sitri handayanti

    Nama saya sitri,saya seorang guru honorer di sd,dgn gaji tiap 3 bln 200rb.dalam menghidupi 3 org anak yang skrg duduk di bangku kulia,sangat susa untuk lanjutkan pendidikanx,kr saya sdh terlilit utang dari rentenir yg begitu banyak yaitu 300 jth apakah ada di antara saudara yg bisa bantu saya untuk membyrx ini nmr rek 499501006077537 atas nm sitri handayanti bantuan saudara adalah kebahagian hidupq semoga kalian mendapat hidayah.

    Link Komentar
  6. Sijai Sijai

    tapi jika menulis itu adalah hobbi, lain lagi ceritanya. munulis adalah sebuah hiburan, kebutuhan., mungkin seperti bung AsriTadda ini

    Link Komentar
  7. ahmad sulaeman ahmad sulaeman

    assalamualaikum…saya blogger pemula baru 4 hari, saya ingin jd sukses makanya saya trus membaca supaya website saya terindex d google..apakah itu hal yang salah ?
    kira2 gmn cara supaya website kita banyak pengunjung melalui sosial media, sedangkan saya masih umur 16 th kan otomatis teman2 sosmed saya jg masih umur segituan dan otomatis blum tau apa2 tentang dunia internet,..

    Link Komentar
  8. Fajar F R Fajar F R

    Artikel yang sangat memotivasi, saya sendiri awalnya optimis ingin menghasilkan uang dari blog, tapi terasa sangatlah susah, untuk meningkatkan trafik saja susah dan akhirnya saya membuat ulang blog baru hanya untuk menulis apa yang saya ingin tulis tanpa berharap apa-apa, yang penting saya senang melakukannya…

    Link Komentar
  9. Sumilah romadhon Sumilah romadhon

    Sungguh berat dan panjang perjalanan blogger Anda hingga seperti saat ini…
    Memang sangat penting arti sebuah niat…termasuk niat menjadi blogger…
    Niat karena memang hobby menulis dan berbagi…
    Atau niat untuk cari uang…
    Walaupun sama2 ingin menghasilkan konten berkualitas, namun saya yakin rasa dan kondisi saat perjuangan akan terasa berbeda…
    Yang niat karena hobby..mereka merasa rileks, leluasa, enjoy dan sangat bahagia.
    Yang niat menghasilkan uang, mereka seolah terburu-buru, terlalu semangat, pada akhirnya merasa tertekan dan depresi bila tak sesuai harapan…

    Terima kasih atas share pengalamannya dalam ber blogger…sangat inspiratif dan motivatif…

    Silahkan kunjungi dan komen blog baru saya ya..
    Terima kasih

    Link Komentar
  10. Achmad Shiva'ul Haq Asjach Achmad Shiva'ul Haq Asjach

    Mantab! Betul.. Terimakasih bang, sangat bermanfaat…

    Link Komentar
  11. ulil abshor ulil abshor

    Terimakasih atas motivasinya mas, Orang boodoh seperti saya memang butuh konten-konten berkualitas seperti ini, Sifatnya mendorong untuk lebih bekerja lebih keras lagi.
    Semoga sukses!

    Link Komentar
  12. Hafsib Hafsib

    Mantap, mampu memberi saya motivasi lagi untuk terus belajar nulis dan memperbaiki niat

    Saya juga kagum dengan perkembangan bloger sekarang yang saling membantu, layanan hyperlink ini dimanfaatkan untuk membuat readers terus melangkah membaca, rasanya seperti dituntun oleh yang lebih senior

    Saya sangat berterimakasih kepada penulis dan bloger indonesia yang rajin dan rela bagi-bagi, semoga dengan ini bisa menjadi satu budaya yang terus berkembang di Indonesia, dimana satu sama lain saling bantu meski jarak dan sapa masih hitam di atas putih

    Link Komentar
  13. ahmad suwandi ahmad suwandi

    Pembahasan nya sangat memotivasi saya agar terus konsisten

    Link Komentar
  14. Teguh Juniarto Teguh Juniarto

    Mohon saran dan bantuannya atas blog saya sbb:

    Demikian kiranya untuk menjadi maklum sebelumnya.

    Link Komentar
  15. Murni Rosa Murni Rosa

    Wow, insight yg luar biasa. Anda tidak hendak mengecilkan pilihan untuk mendapat income di blog, namun membuka mata bahwa mengandalkan blog saja tidak mudah.
    Terima kasih! Tanpa passion memang kita nulis ngga sepenuh hati, malah kacau balau. gimana mau menghasilkan ya.. :)

    Link Komentar
  16. Google Me: Design & Creativity Google Me: Design & Creativity

    Alhamdulillah niat dulu ingin berbgai saja. Sepintas pernah berpikiran untuk dipasang adsense dsb. Namun hati terus berontak untuk menjadikan blog sebagai sarana sharing keilmuan.

    Alhamdulillah sampai sekarang lebih dari 200 klien telah terbantu …
    :2thumbup

    Link Komentar
  17. Edwin Prasetio Edwin Prasetio

    Salam kenal. Saya sekarang juga baru mulai blogging utk kedua kalinya. Saya akan berusaha menikmati dengan menulis konten secara rutin dan membangun jaringan. Soal kesempatan monetizing, biarlah waktu yang akan menjawabnya nanti. Trims sharingnya..

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons