Skip to content

Mau Cepat Mendapatkan Uang dari Blog?

Mau Cepat Mendapatkan Uang dari BlogSudah pernah dengar AdRewa? Sepertinya belum ya? Ini memang brand baru di dunia bisnis online. Wajar kalau belum kenal. Acuhkan saja.

Toh di postingan ini kita juga tidak akan membahas sedikitpun tentang AdRewa. Nanti lain kali. Anggaplah ini hanya numpang lewat. Hehehe.

Bagaimana kalau blog advertising? Pernah dengar, bukan? Saya kira istilah blog advertising ini tidak asing lagi untuk sebagian besar orang yang menekuni bisnis online.

Kali ini kita akan membahas sedikit tentang blog advertising dan bagaimana cara cepat mendapatkan uang secara online dengan menggunakan blog. Mau?

OK. Pertama-tama, mari kita membahas tentang blog advertising. Istilah ini sebenarnya mewakili pengertian yang relatif luas, apalagi jika kita coba menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia.

Hemat saya, semua aktifitas yang menjadikan blog sebagai media menempatkan iklan dalam bentuk apapun dapat dikategorikan sebagai blog advertising. Bahasa Indonesianya adalah (proses) periklanan melalui blog.

Saya sudah pernah menulis tentang blog advertising di sini dan masih banyak artikel lainnya lagi seputar blog advertising. Intinya adalah bagaimana memanfaatkan blog kita secara maksimal untuk mendapatkan penghasilan yang optimal.

Bagi mereka yang sudah mendalami dunia blogging sejak lama, atau yang telah secara sadar menyandarkan kehidupan ekonominya dari aktifitas ngeblog, blog advertising sudah bisa dianggap sebagai “roh” dan “darah” bisnis sesungguhnya.

Menghasilkan Uang dari Blog

Melalui program blog advertising, sebuah blog dapat memberikan penghasilan secara nyata kepada pemiliknya. Hanya saja, membuat blog berpenghasilan nyata dari program blog advertising tidaklah semudah merencanakannya.

Akan banyak sekali rintangan, hambatan dan tantangan yang akan menyertai. Tidak jarang para blogger terpaksa menarik diri, mundur dari rencana semula menjadikan blogging sebagai sebuah profesi.

Secara umum, periklanan merupakan sumber utama pendapatan sebuah blog, disajikan baik dalam bentuk iklan text, iklan banner, maupun iklan dalam bentuk tulisan (review). Tidak menutup kemungkinan adanya model baru yang lebih kreatif dalam sistem periklanan online saat ini.

Ada iklan yang metode pembayarannya langsung di depan sebelum iklan dipasang di blog (fixed rate ads), ada pula model iklan yang pembayarannya setelah ada aktifitas yang terjadi pada iklan; baik berupa jumlah klik (pay per click /PPC), total kunjungan yang dihasilkan (pay per action /PPA, pay per view /PPV, maupun  jumlah tayang iklan (cost per million/CPM), dan masih banyak lagi model iklan blog saat ini.

Banyaknya pilihan untuk mendapatkan uang dari blog (blog monetizing) membuat orang-orang berpikir bahwa mendapatkan uang secara online melalui blog itu ternyata mudah.

Kelihatannya memang mudah, meskipun kalau mau jujur, bisnis blog sebenarnya hampir sama saja dengan bisnis di dunia nyata lainnya.

Dibutuhkan perencanaan yang matang, modal yang memadai, keinginan yang kuat, konsistensi berusaha (posting dan maintenance), dan sejumlah pra-syarat lainnya agar bisa sukses, atau minimal bisa kembali modal.

Membangun Blog yang Sukses

Saya lebih senang menggunakan istilah “membangun blog” dibandingkan dengan “membuat blog” saja. Kenapa harus membangun blog? Karena sebenarnya, kalau Anda mau mendapatkan penghasilan ril dari blog, Anda harus merencanakannya dengan baik; akan membuat blog yang seperti apa dan bagaimana caranya, serta sejumlah pertimbangan lainnya.

Istilah membangun itu sangat kompleks. Kita perlu mengumpulkan dan menyediakan semua bahan baku, tenaga dan konsepnya sebelum dimulai. Jika bahan baku atau tenaga kerjanya tidak cukup, boleh jadi proses membangun itu akan tersendat-sendat, atau malah berhenti di tengah jalan.

Demikian pula dengan melakoni aktifitas blogging sebagai sumber penghasilan atau sebagai pekerjaan. Dibutuhkan planning yang komplit, sumber daya memadai dan konsistensi selama membangunnya. Jika Anda tidak merencanakan pembangunan blog Anda dengan baik untuk bisa sukses di masa mendatang, maka bersiaplah untuk gagal di tengah jalan.

Fakta membuktikan bahwa hanya blog-blog yang direncanakan dan dikelola dengan baiklah yang kemudian dapat eksis dan menjadi sumber penghasilan melimpah di dunia online, bahkan tidak terbatas!

Blog yang direncanakan dengan matang dan konsisten dibangun berdasarkan rencana yang sudah disusunlah yang kemudian terbukti bisa mendatangkan banyak pengunjung dan pembaca secara konstan dan terus berkembang.

Bagaimana dengan aktifitas blogging sebagai sebuah hobby saja? Untuk yang satu ini, tidak ada takaran yang pas untuk menilainya. Di blog ini, kita selalu membicarakan aktifitas blogging sebagai sebuah pekerjaan dan sumber pendapatan, bukan sekadar hobby.

Mau Cepat Mendapatkan Uang dari Blog?

Topik seputar bagaimana cara cepat mendapatkan uang dari blog memang terdengar sangat menarik saat ini. Ditengah banyaknya tantangan dan rintangan membangun blog yang sukses, dorongan untuk sukses dalam waktu singkat menjadi semakin kuat.

Budaya instan yang sudah semakin berkembang dalam kehidupan sehari-hari, tidak bisa dihindarkan ikut mewarnai aktifitas sebagian besar orang di dunia online.

Tidak sedikit orang yang terpaksa membelanjakan sejumlah dana hanya untuk impian mendapatkan penghasilan dalam waktu singkat. Padahal, hampir 100% jargon-jargon berpenghasilan secara instan tidak bisa dibuktikan, tidak lebih dari sekadar trik marketing saja.

Nah, khusus untuk di dunia blogging, trend untuk cepat menghasilkan uang dari blog sebenarnya sudah dari dulu kita kenal.

Memang secara ril ada sejumlah metode yang, bila dilaksanakan dengan benar dan sempurna, akan memberikan penghasilan yang seperti dijanjikan; cepat mendapatkan uang dari blog.

Anda juga tentu mau, bukan? Saya pun juga.

Semua orang mau cepat menghasilkan uang dari pekerjaan dan bisnisnya, termasuk ngeblog. Nah, bagaimana caranya?

Sebenarnya mudah sekali menghasilkan uang dari blog, asalkan blog Anda memenuhi 3 syarat ini:

  • Kontennya bagus dan orisinil
  • Tampilan dan theme blog menarik (eye caching)
  • Jumlah pengunjung banyak

Itu saja kok. Sangat sederhana, hanya 3 poin. Bisa?

Aha…itu dia masalahnya! :mewek2 

Banyak orang yang terkendala dengan persoalan bagaimana caranya menulis untuk blog mereka, bagaimana caranya mendapatkan konten yang menarik dan up to date, bagaimana caranya membuat postingan yang enak dibaca dan disukai oleh pengunjung, serta sejumlah pertanyaan “5W + 1 H” lainnya.

Di blog ini sebenarnya sudah banyak kami bahas tentang hal di atas, misalnya bagaimana menemukan ide menulis blog dan artikel-artikel lainnya. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan jawaban atas sejumlah pertanyaan dan “persoalan” yang ada dibenak Anda ketika mencoba membangun sebuah blog dengan mencarinya di google.

Nah, sekarang, ada kemauan untuk berubah, nggak? Mau sukses dengan blog yang saat ini tengah Anda bangun, tidak? Kalau IYA, segera berubah! Cari, cari dan terus mencari jawaban! Berusaha dan tetap semangat, sampai kapan pun!

Ingat, Tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum, sampai kaum itu sendiri yang mengubah nasib mereka. Sama saja dengan kita; Tuhan tidak akan merubah nasib seorang blogger, sampai blogger itu sendiri yang mengubah nasibnya!

Jadi sekarang semuanya terserah Anda. Apakah mau sukses atau terus gagal. Pilihan-pilihan sudah ada, tinggal Anda yang memutuskan.

Yang jelas, menjadi blogger juga bisa sebahagia mereka yang punya bisnis di dunia nyata. Menjadi blogger bisa saja melampaui penghasilan seorang PNS atau kepala cabang sebuah bank sekalipun. Malahan, penghasilan menjadi seorang blogger profesional kadang-kadang tidak terbatas.

Anda mau? Mulailah sekarang juga!

Belum tahu caranya? Segera belajar, belajar dan terus belajar!

Terus mencoba, mencoba dan mencoba!

Sabar….sabaar dan sabaaaaaar!

Usaha yang sungguh-sungguh, pasti akan menemui hasil yang dinanti-nanti.

Bagaimana? Setuju? :cendol

Published inBisnis BlogBlogging Tips

114 Comments

  1. EKO PURWANTO EKO PURWANTO

    terima kasih atas informasinyah sekiranyah bisa apa tidak saya inggin belajar bloggeing kepada astridtida.com saya dapat di hubungi di 081 294 399 166 dn

    Link Komentar
  2. Adrian Adrian

    Selama kontennya bisa dibaca dan informatif pasti bisa mendatangkan pengunjung dan menghasilkan uang

    Link Komentar
  3. faisal faisal

    Semoga bisa menjadi bahan motivasi untuk terus memperbaiki .. terimakasi artikelnya mas

    Link Komentar
  4. Mujib Mujib

    hehehehe, benar-benar memotivasi….terimakasih mas, sungguh bermanfaat

    Link Komentar
  5. Tegar Prawijaya Tegar Prawijaya

    mau ane coba dulu gan di blog ane, terima kasih atas artikel yang bermanfaat

    Link Komentar
  6. Dede Dede

    Intinya mah klo pengem dapetin uanh dari blog,buat konten yang baik dan berkualitas

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons