Skip to content

6 Penyebab Kegagalan dalam Berwirausaha

6 Penyebab Kegagalan dalam BerwirausahaMemasuki dunia wirausaha memang tidaklah semudah merencanakan dan mengimpikan kesuksesannya.

Ada begitu banyak tantangan yang harus dihadapi yang seringkali membuat kita harus memilih diantara 2 pilihan; tetap berjuang untuk menghadapi tantangan tersebut atau malah menyerah dan mengubur semua mimpi untuk menjadi wirausahawan sukses.

Di antara sekian banyak wirausahawan, mungkin hanya segelintir yang tetap berjuang untuk menghadapi tantangan tersebut dan melanjutkan usahanya, sementara sebagian besar lainnya memilih untuk menutup buku.

Namun pada umumnya, mereka yang memilih pilihan pertama itulah yang akan meraih kesuksesan sesuai dengan kerja keras yang mereka lakukan.

Mungkin kita semua sering bertanya-tanya, apa sebenarnya yang menyebabkan kegagalan itu bisa terjadi dan mengapa tantangan berwirausaha itu begitu sulit untuk dihadapi.

Berikut beberapa hal yang sering tidak disadari membawa kegagalan dalam wirausaha:

Usaha Tidak Jelas

Banyak pelaku usaha yang merintis usaha tanpa menentukan visi, misi, tujuan, dan perencanaan, sehingga baik pemilik maupun karyawan tidak tahu fokus usaha seperti apa yang akan dijalankan.

Mungkin jika tidak bisa membuatnya secara tersurat, pemilik usaha bisa memberitahukan kepada karyawan secara langsung mengenai apa yang ingin dicapai dan seperti apa perusahaan nantinya jika visi tersebut telah tercapai. Dengan begitu, karyawan pun tahu apa yang harus dilakukan dan berusaha untuk mencapai visi tersebut.

Kekurangan Modal Kerja

Seringkali pelaku usaha mengalami kekurangan modal kerja saat tengah menjalankan bisnisnya, sebagai akibat kurangnya kesabaran untuk segera memulai bisnis dan sikap optimis yang berlebihan bahwa usaha yang dijalankan pasti dapat berjalan.

Seharusnya sebelum memulai usaha, pelaku usaha harus mengetahui secara detail berapa jumlah modal yang dibutuhkan, agar tidak macet di tengah jalan.

Terlalu Cepat Mengembangkan Skala Usaha

Memang baik untuk mengembangkan skala usaha menjadi lebih besar, asalkan pondasi yang dimiliki usaha tersebut telah kuat dan sulit untuk runtuh ketika hambatan datang.

Untuk mengembangkan skala usaha, perusahaan sangat membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kecakapan, mampu bekerja dengan baik, dan loyalitas yang tinggi. Tidak usah terburu-buru mengembangkan. Lebih baik kuatkan saja dulu pondasi yang dimiliki sambil merancang konsep pengembangan.

Produk yang Tidak Menjual

Karena keinginan pribadi, seringkali pelaku usaha menambah karakteristk baru pada produknya. Bukannya menambah nilai jual, karakteristik itu malah membuat produk tersebut kehilangan nilai tambah.

Dalam berwirausaha, seorang pelaku usaha harus mampu berinovasi. Dalam artian, produk yang dikembangkan harus memiliki nilai tambah, nilai jual, dan manfaat yang lebih dibanding sebelumnya.

Tidak Memiliki Kehandalan

Umumnya pelaku usaha seperti ini tidak mudah merekrut karyawan, menangani masalah keuangan, mencari pelangan, dan menjalin relasi dengan pihak lain.

Bukan berarti seorang pelaku usaha harus betul-betul handal tanpa celah sedikit pun, namun sebaiknya solusi atas pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan tersebut harus segera ditemukan. Anda bisa mencarinya dengan membicarakan hal tersebut dengan rekan sekerja ataupun mentor bisnis.

Dalam merekrut karyawan, anda tidak boleh hanya sembarang merekrut hanya untuk mengisi kekosongan posisi. Pilihlah orang-orang terbaik yang juga tertarik dengan bisnis yang anda jalankan.

Meluncurkan Produk di Waktu yang Kurang Tepat

Seringkali hal seperti ini terjadi diluar kendali para pelaku usaha, karena terkadang ide bisnis itu muncul tiba-tiba di waktu yang kurang tepat. Bukan hal yang mudah memang untuk mempertemukan sebuah ide dengan action. Akan tetapi anda tetap dapat mengatasinya dengan terus peka dan mengamati perkembangan pasar.

***

Ada begitu banyak tantangan yang harus Anda hadapi dalam menjalankan usaha, namun jangan takut dan cepat menyerah. Teruslah berusaha dengan belajar dari pengalaman kegagalan agar kesuksesan dapat Anda capai.

Salam sukes luar biasa!

Published inEnterpreneurship

2 Comments

  1. Tips Motivasi Hidup Tips Motivasi Hidup

    Thanks buat tulisannya, semoga ini menjadi satu pelajaran baru buat saya pribadi karena saat ini sedang membuka usaha baru di bidang jasa rental komputer yang berlokasi dekat dengan sebuah kampus di sumatra utara.salam

    Link Komentar
  2. Bhayu Blog Bhayu Blog

    Kerja keras dan bersabar adalah suatu kunci keberhasilan.
    Bekerja keras namun tidak bersabar ujung-ujungnya akan gagal juga, begitupa dengan sebaliknya.

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons