Skip to content

5 Ide Bisnis dan Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Kamu mahasiswa dengan jam kuliah fleksibel dan ingin memiliki usaha sampingan, tapi bingung memutuskan bisnis apa yang akan dijalankan dengan modal kecil?

Peluang Bisnis Modal Kecil Untuk Mahasiswa

Jangan khawatir, ada banyak ide bisnis modal kecil di sekitar kamu yang dapat kamu jalankan meskipun dengan modal kecil atau seadanya saja.

Berikut ini adalah  5 peluang bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa yang jika dijalankan dengan baik, tidak mustahil bisa menjadi sumber pendapatan terbesar di masa depan.

Mau tahu apa saja itu?

1. Berjualan Online

Berjualan online merupakan hal yang tidak asing bagi mahasiswa. Bahkan banyak dari pelaku bisnis online di jejaring sosial seperti Facebook, masih mahasiswa. Sering kali usaha sampingan ini merupakan usaha rumahan; artinya dijalankan dari rumah.

Jika kamu memiliki passion di bidang penjualan, ini dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk kamu. Kamu dapat mempromosikan produk pada akun di jejaring sosial kamu, seperti Instagram, Facebook, atau Twitter.

Jangan lupa untuk rajin ikut dalam bazar, terutama yang diadakan di dalam kampus. Untuk produk jualan kamu, usahakan juga membuat kemasan untuk membungkus produk, agar terkesan resmi dan berkelas. Konsumen sangat menyukai itu.

Jangan lupa untuk membuat basis data konsumen. Kenali konsumen yang sering berbelanja atau buatlah program promosi untuk itu. Umumnya orang (terutama wanita) menyukai program promosi belanja. Banyak memberikan program promosi akan membantu produk kamu untuk dikenal banyak orang.

2. Berjualan Pulsa Elektronik dan Aksesori Gadget

Pulsa merupakan benda yang dibutuhkan oleh semua orang saat ini. Dan kita menyadari sulitnya komunikasi saat tidak ada pulsa atau kartu berada dalam keadaan tenggang. Keadaan ini dapat menjadi peluang usaha untuk kamu.

Untuk memulai usaha sampingan ini, kamu dapat memulainya dengan deposit Rp100 ribu. Kamu juga dapat memperlebar usaha dengan menyediakan nomor perdana paket internet yang sedang promo atau menyediakan aksesori gadget yang sedang tren.

Selalu unggah foto produk-produk kamu di akun jejaring sosial dan broadcast via BBM. Optimalkan penggunaan jejaring sosial untuk mempromosikan produk kamu.

3. Menjadi Penulis Lepas

Mahasiswa umumnya adalah orang yang kritis dan suka menulis. Jika menulis adalah passion kamu, maka menjadi penulis lepas merupakan peluang usaha yang cocok untuk jiwa kamu. Yang kamu perlukan adalah membuat blog dan memasukkan contoh-contoh tulisan.

Jangan lupa untuk bergabung dengan komunitas penulis atau blogger di jejaring sosial seperti Facebook. Di grup itu sering ada pengumuman lomba menulis atau lowongan untuk menjadi penulis paruh waktu.

Bangun jaringan seluas-luasnya. Semakin luas jaringan kamu, semakin tinggi potensi kamu untuk membangun bisnis sampingan di bidang kepenulisan ini.

4. Menjual Desain Grafis

Kamu suka mendesain? Suka membayangkan bagaimana jika desain kamu ada pada benda-benda tiga dimensi (3D)? Menjual desain grafis dapat menjadi peluang usaha yang cocok untuk kamu.

Unggah foto-foto desain kamu (tandai dengan watermark) dan produk yang mencetak desain tersebut (seperti mug, kaos, dan tas), di akun jejaring sosial kamu. Dan jelaskan di situ bahwa kamu menerima pesanan untuk desain grafis.

Selain upload produk, kamu juga harus menggunakan produk dengan desain kamu ke tempat-tempat publik seperti kampus. Semakin banyak orang yang melihat langsung desain kamu, semakin besar kemungkinan kamu menerima order.

5. Menjadi Fotografer Paruh Waktu

Jika kamu menyukai fotografi, menjadi fotografer paruh waktu tampaknya adalah peluang usaha yang cocok untuk kamu. Upload portfolio fotografi kamu di akun jejaring sosial.

Broadcast penawaran photo shoot sesering mungkin. Berikan penawaran khusus untuk pre-wedding atau acara khusus (special events). Jadikan foto-foto pre-wedding dan acara khusus itu sebagai portfolio kamu.

Semakin sering kamu mengunggah hasil karya kamu, semakin orang menyadari keberadaan kamu. Setelah mereka menyadari keberadaan jasa kamu, akan semakin besar kemungkinan mereka datang padamu saat membutuhkan jasa fotografer.

***

Itulah 5 dari banyak sekali peluang bisnis sederhana untuk mahasiswa yang bisa dikerjakan sambil kuliah. Jika di awal kamu banyak menemui kegagalan, jangan menyerah.

Persistensi akan mengubah usaha sampingan yang hasilnya hanya dapat menambah uang saku menjadi bisnis sampingan yang dapat menjadi pekerjaan utama saat lulus kuliah nanti.

Published inTips

8 Comments

  1. rika nawang rika nawang

    Bisnis online sangat menjajikan asal jangan nipu saja ya mas.

    Link Komentar
  2. komar komar

    ide-ide untuk bisnis sampingannya cocok kayanya nih

    nice info gan

    Link Komentar
  3. tipkibags tipkibags

    Mantap bro ide bisnisnya, klo menurut saya saat ini yang sedang marak seperti yang nomor 1, secara dengan kemajuan dan kemudahan teknologi yang saat ini berkembang

    Link Komentar
  4. santai saja santai saja

    Enak tuh yang jadi fotografer, selain bisa menyalurkan hobi dapet duit juga untuk menambah uang semesteran. :)

    Link Komentar
  5. Icahbanjarmasin Icahbanjarmasin

    Assallammuallaikum Bang Asri,ide-ide untuk bisnis sampingannya cocok kayanya nih..hhee..dulu saya pernah jadi tukang foto keliling bang biasanya sih waktu pasa ada acara-acar ditaman hiburan tapi beriringnya waktu tukang foto sekarang sdh kaga laku lagi mungkin karena sdh banyak yang punya gadget jadi tergusurlah tukang foto seperti saya..hehe.

    Link Komentar
  6. jildhuz jildhuz

    yang penting bisnis anak muda jangan MLM om, bisa bisa malah celaka bukan untung malah buntung, sekolah / kuliah bisa terbelengkalai karena brainwash leadernya

    njemur ya

    akibat join MLM dan jadi dowline

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons