Skip to content

Kisah Inspirasi: Bagaimana Caranya Keluar dari Belenggu Masalah Kehidupan

Kisah inspirasi kali ini adalah seputar bagaimana cara kita bisa keluar dari belenggu beban dan masalah kehidupan. Sebagai manusia, tentunya kita tidak bisa terlepas dari masalah; ada yang kemudian bisa menyelesaikannya, tetapi tidak sedikit yang malah terjebak atau malah menambah beban masalah itu sendiri.

Keluar dari Belenggu Masalah Kehidupan

Kisah ini menceritakan bagaimana sesekor keledai tua yang terjatuh ke dalam sebuah sumur tua, lalu kemudian dia berhasil menyelamatkan diri, keluar dari belenggu masalah yang bahkan telah mengancam keberlanjutan hidupnya sendiri, dengan cara menjadikan masalah sebagai “batu loncatan” untuk menemukan jalan keluar.

Berikut adalah kisah selengkapnya, sebagaimana kami kutip dari laman Facebook milik Syaifuddin Zuhri. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Suatu hari seekor keledai milik seorang petani jatuh ke dalam sumur kering. Hewan itu menangis dengan memilukan selama berjam-jam sementara si petani memikirkan apa yang harus dilakukannya.

Akhirnya, ia memutuskan bahwa hewan itu sudah tua dan sumur juga perlu ditimbun (ditutup karena berbahaya); jadi tidak berguna untuk menolong si keledai. Dia kemudian mengajak tetangga-tetangganya untuk datang membantunya. Mereka membawa sekop dan mulai menyekop tanah ke dalam sumur.

Pada mulanya, ketika si keledai menyadari apa yang sedang terjadi, ia menangis penuh kengerian.Tetapi kemudian, semua orang takjub, karena si keledai menjadi diam. Setelah beberapa sekop tanah lagi dituangkan ke dalam sumur, si petani melihat ke dalam sumur dan tercengang karena apa yang dilihatnya.

Walaupun punggungnya terus ditimpa oleh bersekop-sekop tanah dan kotoran, si keledai melakukan sesuatu yang menakjubkan. Ia mengguncang-guncangkan badannya agar tanah yang menimpa punggungnya turun ke bawah, lalu menaiki tanah itu.

Sementara orang-orang terus menuangkan tanah kotor ke atas punggung hewan itu, si keledai juga terus mengguncangkan badannya dan melangkah naik, berpijak pada tanah timbunan yang terus meninggi. Segera saja setelah sumur nyaris penuh tertimbun, semua orang terpesona ketika si keledai meloncati tepi sumur dan melarikan diri.

Demikianlah, ibarat kehidupan ini yang terus saja menuangkan tanah dan kotoran kepada kita. Cara untuk keluar dari ‘sumur’ (kesedihan, masalah, dsb) adalah dengan mengguncangkan segala tanah dan kotoran dari diri kita (pikiran, dan hati kita) dan melangkah naik dari ‘sumur’ dengan menggunakan hal-hal tersebut sebagai pijakan.

Setiap masalah yang kita hadapi merupakan satu batu pijakan untuk melangkah. Kita dapat keluar dari ‘sumur’ yang terdalam dengan terus berjuang, jangan pernah menyerah!

bisnis online
Published inInspiration

6 Comments

  1. tomy tomy

    Assalamualaikum wr. Wb
    Salam sahabat, perkenalkan nama saya tomy admajaya, niat saya hanya ingin berbagi kebaikan khusus kepada orang yang mengalami kesusahan,
    Bismillahirrahmanirrahim
    Percaya tidak percaya semua kembali pada pembaca postingan saya, 6 thn yang lalu. awalnya sy seorang pengusaha yang bisa dibilang sukses,tapi banyak yang tidak suka kalau saya sukses, Bisnis saya bangkrut. saya punya anak dua dan mash kecil2, saya sempat putus asa dan tidak tau mau berbuat apa2,.hutang di bank hampir 2m , diperongan jg yang kian menempuk + bunga, Bahkan rumah saya serta pabrik pun disita oleh bank. pada saat itu saya sempat putus asa dan saya sempat mau mengakhiri hidup,tapi setiap saya melihat anak semua putus asa saya hilang.
    Iktiar demi iktiar saya lakukan, tapi mengalami jalan buntu. Teman dan saudara semua menghindar, ya begitulah……dikala senang banyak uang bak gula dikerumini semut. Tersirat dalam hati, tersengkur didepan sajadah, dosa apa yang saya lakukan ya tuhan, padahal dikala sukses saya termasuk orang yg dermawan, suka membantu teman, tetangga dan keluarga. Larut dalam kesedihan, kesusahan dan penderitaan ….. Ya tuhan, saya baru sadar bahwa selama ini usaha dan bisnis saya didapati dari hasil uang riba yang saya putarkan.
    Bulan terus berganti tidak terasa sudah hampir 2 thn sy berusaha untuk bangkit, apapun pekerjaannya saya lakukan bahkan jadi kuli bangunan, istri jualan sayur dpasar yang penting halal Puasa senin kamis pun sy lakukan agar dimudah doa dan keinginan. Alhamdulillah, ujian itu berakhir, Tuhan memberikan hidayahnya kepada saya meski pun lewat bantuan seorang teman yang membantu saya untuk memberikan modaldan juga Beliau membimbing ke jalan yang lurus, membenarkan langkah kaki saya yg selama ini salah arah dalam bisnis. Alhamdulillah juga beliau menyarankan saya untuk merintis usaha (Usaha yg beliau sarankan), usaha baru mulai dari nol walaupun harus sakit sakit dahulu. ALLAHUAKABAR, 7bln usaha br yg saya rintis maju pesat. doa saya di ijabah, berkat bimbingan beliau serta arahannya usaha saya sangat pesat berkembang, Alhamdulillah ya ALLAH. Saat menulis kisah ini saya sudah bangkit kembali dan bisa untuk membayar hutang hutang, rasa kepercayaan orang lain timbul kembali. Dan Alhamdulillah saya sekeluarga sudah bberangkat umrah . Hanya ALLAH yang bisa membalas budi baik teman saya tersebut, beliau membantu tanpa Pamrih.
    Doa tanpa usaha, adalah suatu kebodohan. Usaha tanpa doa adalah suatu KESOMBONGAN. Yakinlah saudara2ku tiada satu manusia yang lolos dari cobaan , godaan dan ujian. Allah menguji sesuai kadar manusia masing2.
    Yuk banyak dhuha, banyak tahajud banyak berbagi dan bersedekahlah karena dengan sedekah suatu saat sedekah itu akan menolong diri sendiri.
    Hutang tetaplah Hutang yang harus dilunasi, karena hutang akan dibawa sampai mati dan harus dipertanggungjawabkan kepada Allah swt.
    Wassalam, semoga menjadi inspirasi dan yang ingin konsultasi untuk permasalahan seperti yang pernah saya hadapi silahkan email :

    Link Komentar
  2. sela sela

    buat yg minat pinjam dana koperasi dan jujur dg cicilan nya hbng-0852-7358-9550

    Link Komentar
  3. Agus Supriyono Agus Supriyono

    baca ceritanya dari awal sampai akhir menginspirasi sekali mas, terimakasih

    Link Komentar
  4. Donatus Donatus

    sekalian saya juga berbagi kisah saya juga ya pak bisa baca di di terimakasih

    Link Komentar
  5. prima prima

    sangat inspiratif sekali kisahnya, memang di setiap masalah pasti ada jalan keluar asalkan tidak panik dan selalu berpikiran positif dalam situasi apapun

    Link Komentar
  6. kun ratna dewi kun ratna dewi

    Assalamu’alaikum wr wb
    Yth Bapak / ibu dermawan yang baik hati, yang berkenan ingin membantu saya ,mohon ke ikhlasan bantuan dana untuk membayar hutang-hutang dan kebutuhan hidup saya..
    Bantuan Dana tersebut mohon bisa di transfer ke
    Rekening saya :
    atas nama Kun Ratna Dewi
    Bank BRI cabang Purwokerto
    No Rek 1377-01-002476-53-8
    Terima Kasih
    Wassalam

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons