Skip to content

Kisah Inspirasi: Bagaimana Caranya Keluar dari Belenggu Masalah Kehidupan

Kisah inspirasi kali ini adalah seputar bagaimana cara kita bisa keluar dari belenggu beban dan masalah kehidupan. Sebagai manusia, tentunya kita tidak bisa terlepas dari masalah; ada yang kemudian bisa menyelesaikannya, tetapi tidak sedikit yang malah terjebak atau malah menambah beban masalah itu sendiri.

Keluar dari Belenggu Masalah Kehidupan

Kisah ini menceritakan bagaimana sesekor keledai tua yang terjatuh ke dalam sebuah sumur tua, lalu kemudian dia berhasil menyelamatkan diri, keluar dari belenggu masalah yang bahkan telah mengancam keberlanjutan hidupnya sendiri, dengan cara menjadikan masalah sebagai “batu loncatan” untuk menemukan jalan keluar.

Berikut adalah kisah selengkapnya, sebagaimana kami kutip dari laman Facebook milik Syaifuddin Zuhri. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Suatu hari seekor keledai milik seorang petani jatuh ke dalam sumur kering. Hewan itu menangis dengan memilukan selama berjam-jam sementara si petani memikirkan apa yang harus dilakukannya.

Akhirnya, ia memutuskan bahwa hewan itu sudah tua dan sumur juga perlu ditimbun (ditutup karena berbahaya); jadi tidak berguna untuk menolong si keledai. Dia kemudian mengajak tetangga-tetangganya untuk datang membantunya. Mereka membawa sekop dan mulai menyekop tanah ke dalam sumur.

Pada mulanya, ketika si keledai menyadari apa yang sedang terjadi, ia menangis penuh kengerian.Tetapi kemudian, semua orang takjub, karena si keledai menjadi diam. Setelah beberapa sekop tanah lagi dituangkan ke dalam sumur, si petani melihat ke dalam sumur dan tercengang karena apa yang dilihatnya.

Walaupun punggungnya terus ditimpa oleh bersekop-sekop tanah dan kotoran, si keledai melakukan sesuatu yang menakjubkan. Ia mengguncang-guncangkan badannya agar tanah yang menimpa punggungnya turun ke bawah, lalu menaiki tanah itu.

Sementara orang-orang terus menuangkan tanah kotor ke atas punggung hewan itu, si keledai juga terus mengguncangkan badannya dan melangkah naik, berpijak pada tanah timbunan yang terus meninggi. Segera saja setelah sumur nyaris penuh tertimbun, semua orang terpesona ketika si keledai meloncati tepi sumur dan melarikan diri.

Demikianlah, ibarat kehidupan ini yang terus saja menuangkan tanah dan kotoran kepada kita. Cara untuk keluar dari ‘sumur’ (kesedihan, masalah, dsb) adalah dengan mengguncangkan segala tanah dan kotoran dari diri kita (pikiran, dan hati kita) dan melangkah naik dari ‘sumur’ dengan menggunakan hal-hal tersebut sebagai pijakan.

Setiap masalah yang kita hadapi merupakan satu batu pijakan untuk melangkah. Kita dapat keluar dari ‘sumur’ yang terdalam dengan terus berjuang, jangan pernah menyerah!

Published inInspiration

5 Comments

  1. sela sela

    buat yg minat pinjam dana koperasi dan jujur dg cicilan nya hbng-0852-7358-9550

    Link Komentar
  2. Agus Supriyono Agus Supriyono

    baca ceritanya dari awal sampai akhir menginspirasi sekali mas, terimakasih

    Link Komentar
  3. Donatus Donatus

    sekalian saya juga berbagi kisah saya juga ya pak bisa baca di di terimakasih

    Link Komentar
  4. prima prima

    sangat inspiratif sekali kisahnya, memang di setiap masalah pasti ada jalan keluar asalkan tidak panik dan selalu berpikiran positif dalam situasi apapun

    Link Komentar
  5. kun ratna dewi kun ratna dewi

    Assalamu’alaikum wr wb
    Yth Bapak / ibu dermawan yang baik hati, yang berkenan ingin membantu saya ,mohon ke ikhlasan bantuan dana untuk membayar hutang-hutang dan kebutuhan hidup saya..
    Bantuan Dana tersebut mohon bisa di transfer ke
    Rekening saya :
    atas nama Kun Ratna Dewi
    Bank BRI cabang Purwokerto
    No Rek 1377-01-002476-53-8
    Terima Kasih
    Wassalam

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons