Skip to content

Pengalaman Ketika Akun Facebook Saya Dihack Oleh Orang Lain

Hari ini saya dapat pengalaman yang cukup berharga. Seseorang telah berhasil membajak (hack) akun Facebook pribadi saya dan mengganti login email dan passwordnya. Akibatnya, saya tidak bisa lagi sama sekali login di Facebook karena alamat email saya yang selama ini dipakai untuk FB-an sudah tidak terdaftar lagi.

Saat tidak bisa login ke Facebook, saya masih mencoba tenang dan berpikir pasti ada jalan keluarnya. Kemudian saya coba login ke alamat email yang dulu saya daftarkan di FB, dan ternyata memang ada email konfirmasi dari tim keamanan Facebook terkait dengan penggantian detail login di akun FB saya, seperti terlihat di bawah ini:

Akun Facebook yang Dihack Oleh Orang Lain

Ternyata memang pada hari ini ada seseorang yang menggunakan email lain mencoba membajak akun FB saya. Saya coba mencari history, profil atau data pemilik email tersebut di internet, tetap saja tidak ada informasi relevan. Jelas, ini adalah akun email yang masih baru di dunia internet.

Satu hal yang pasti, tidak peduli apakah ini adalah tindakan yang sudah direncanakan atau hanya iseng-iseng saja, fitur email konfirmasi terkait perubahan detail login ke akun FB inilah yang akhirnya bisa menyelamatkan akun Facebook saya.

Saat membaca email di atas, langsung saja saya klik pada pilihan kedua (If you didn’t do this, please secure your account) dan mengikuti petunjuk account recovery berikutnya. Dan Alhamdulillah saya bisa mendapatkan akun Facebook saya lagi seperti dahulu.

Pelajaran Penting Terkait Pembajakan Akun Facebook

Setelah mengevaluasi sejenak, ada beberapa hal penting yang menurut saya menjadi hikmah dari kejadian tersebut. Titik beratnya adalah bagaimana menjaga keamanan akun Facebook yang kita miliki dengan cara:

  • Alamat email yang digunakan mendaftar akun Facebook harus tetap bisa diakses kapan saja, sehingga perubahan apapun pada akun Facebook tetap ada notifikasinya melalui email yang bisa kita baca.
  • Alamat email yang digunakan untuk mendaftarkan akun Facebook harus tetap secure dan menggunakan password berbeda dengan akun Facebook. Jangan gunakan password yang sama antara email dan akun FB.
  • Daftarkan nomor handphone yang benar dan valid pada sistem keamanan akun Facebook yang kita miliki. Selain notifikasi melalui email, Facebook juga akan mengirimkan SMS notifikasi jika ada hal-hal mencurigakan pada akun Facebook yang kita miliki. Jadi lebih mudah diketahui dan direcovery jika terjadi pembajakan akun.
  • Berhati-hatilah ketika menggunakan layanan Facebook Ads. Menurut laporan lanjutan tim security Facebook, kasus pembajakan akun FB saya terjadi karena adanya “celah” pada fitur iklan yang saya tayangkan melalui jaringan Facebook. Tidak ada penjelasan rinci terkait isu ini, tetapi mereka menyarankan saya untuk menonaktifkan semua iklan selama beberapa waktu.

Dan yang paling penting adalah jangan membagikan password akun Facebook atau email Anda kepada siapapun dengan alasan apa pun karena itu menyangkut keamanan dan privasi data-data Anda. Kecuali jika pada akun tersebut tidak ada yang perlu diamankan.

Demikian sharing pengalaman hari ini. Selamat menjalankan ibadah Ramadhan bagi yang menjalankan. Selamat menjelang Idul Fitri 1436 H. Minal ‘aidin wal faidzin. Mohon maaf lahir dan batin.

Published inInspiration

7 Comments

  1. keripikku keripikku

    Informasi seperti ini yang sangat bermanfaat sekali buat orang-orang yang masih newbie seperti saya sendiri tentu saja! Terima kasih sudah berbagi ilmu Mas Asri Tadda! Semoga tambah sukses Mas…

    Link Komentar
  2. panduanpenulismuda panduanpenulismuda

    wah masih kurang sedikit ini mas, mungkin bila ditambahkan (satu poin) ngopi, akan lebih inspiratif hehe. terima kasih ulasannya mas

    Link Komentar
  3. Delyanet Karmoni Delyanet Karmoni

    Untung bisa diambil alih kembali.. serem >.< btw makasih tipsnya yaa

    Link Komentar
  4. Ary Darma Ary Darma

    temen saya juga pernah ngalamin hal serupa. tapi sayangnya, tmen saya gak seberuntung mas asri karena emailnya gak bisa diakses bahakn sdh lupa pertanyaan utk pemulihan akunnya.

    Link Komentar
  5. muzzi muzzi

    Nah kalo pengalaman saya sangat menyesakkan kang astri. Sampai2 akun FB dijadikan tempat jual beli. Kalau sempat ada yg mesen, habis dah. Sukur 2 jam kemudian akunnya bisa diambil lagi dgn bantuan teman. Sungguh pengalaman luar biasa. hehe :babyboy1

    Link Komentar
  6. febby febby

    Pakai kode generator itu aman pak
    tapi untuk setiap kali login kita harus sedia hp yang di singkronkan..

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons