Skip to content

Waspadai Penipuan Iklan Lowongan Kerja PT. Gudang Garam Tbk

Kali ini saya mau membagikan informasi tentang PT. Gudang Garam Tbk, perusahaan rokok yang didirikan pada 26 Juni 1958 oleh Surya Wonowidjojo. PT Gudang Garam merupakan peringkat kelima tertua dan terbesar dalam produksi rokok kretek di Indonesia.

PT Gudang Garam

Nah, PT. Gudang Garam Tbk. kabarnya tengah membutuhkan sejumlah tenaga kerja baru pada berbagai posisi penting. Posisi yang dibutuhkan untuk pekerja baru di PT. Gudang Garam kali ini adalah:

  • Production Technician
  • Electrician
  • Internal Auditor
  • Staff Administrasi
  • Lab Analyst

Sekadar informasi saja, biasanya para pekerja di perusahaan rokok mendapatkan gaji dan tunjangan yang lebih ‘wah‘ dibandingkan dengan pekerja swasta lain.

Dari rilis yang kami terima via email, tertulis bahwa fasilitas yang akan didapatkan oleh pekerja di PT. Gudang Garam Tbk antara lain adalah:

  • Gaji Pokok Rp.9.500.000 /bulan
  • Gaji Karyawan Baru Rp.7.700.000/bulan
  • Asuransi Kesehatan
  • Seragam
  • Uang Transportasi dan Makanan Rp.52.000/hari

Sangat menggiurkan, bukan?

Saya kira lowongan kerja ini akan sangat maknyuus untuk mereka yang memang sudah hobi merokok, terlebih lagi yang doyan dengan rokok merek Gudang Garam. :)

PERHATIAN: Baca keseluruhan artikel ini untuk mendapatkan informasi sebenarnya tentang lowongan kerja di PT Gudang Garam Tbk. Jangan kirim berkas lamaran kerja Anda sebelum membaca postingan ini sampai selesai!

Persyaratan Melamar Kerja di PT. Gudang Garam

Tidak mudah dong jadi karyawan di perusahaan sekelas PT. Gudang Garam. Supaya lamaran kerja Anda dipertimbangkan oleh tim HRD mereka, Anda tentunya harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan.  Apa saja itu?

PERSYARATAN UMUM

  1. Pria/wanita
  2. Sanggup bekerja dibawah tekanan (mungkin maksudnya adalah Anda sanggup  bekerja dengan target pencapaian, bukan “ditekan-tekan” dari atas)
  3. Dapat bekerja dalam tim maupun individu
  4. Komunikatif
  5. Berpenampilan menarik (wah, perlu ngaca dulu, bray!)
  6. Jujur dan disiplin
  7. Sehat jasmani rohani

PERSYARATAN KHUSUS (KUALIFIKASI)

  1. Usia maksimal 37 tahun (saya masih bisa nih…)
  2. Khusus untuk pria, dibutuhkan pengalaman kerja minimal 1 tahun (ada surat bukti pernah bekerja gitu)
  3. Pendidikan minimal SMA/SMK, D3, S1/Sederajat semua jurusan
  4. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif paling rendah 2,75
  5. Mampu mengoperasikan komputer (Minimal Ms. Word & Excel)
  6. Mampu berbahasa asing akan menjadi kelebihan (lampirkan sertifikat hasil TOEFL Anda kalau mau dipertimbangkan bangeet)
  7. Bersedia mengikuti interview di wilayah kerja PT. Gudang Garam Tbk
  8. Bersedia ditempatkan di wilayah kerja PT. Gudang Garam Tbk

Berkarir di PT Gudang Garam

Persyaratan-persyaratannya kelihatan tidak terlalu sulit, bukan? Ayo, segera siapkan berkas lamaran kerja Anda. Jangan lupa untuk memastikan kelengkapan berkas lamaran kerja Anda, sebagai berikut:

  • Daftar riwayat hidup (CV) dan nomor HP yang bisa dihubungi
  • Copy Akta Kelahiran (bisa disusulkan pada saat wawancara)
  • Copy ijazah terakhir/Surat Keterangan Lulus yang sudah dilegalisir
  • Copy transkrip nilai terakhir yang sudah dilegalisir
  • Copy KTP
  • Pasfoto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar

Hati-hati. Selama proses seleksi, apabila terdapat ketidaksesuaian data, Anda akan dinyatakan gugur dan tidak akan diperhitungkan lagi untuk mengisi pos lowongan pekerjaan di PT. Gudang Garam. Karena itu, yakinkan berkas-berkas Anda adalah benar dan saling menguatkan satu dengan yang lainnya.

Melamar Pekerjaan di PT Gudang Garam Tbk

Ke Mana Mengirimkan Lamaran Kerjanya?

Berkas surat lamaran kerja Anda bisa segera dikirim ke alamat berikut ini:

Manager HRD PT.Gudang Garam Tbk an. FAJAR SUMERU
Email : [email protected]
Alamat : Jl. Jendral A. Yani 75-79 Jakarta 10510, Indonesia

Kapan Lowongan Kerja ini Berakhir?

Menurut rilis yang kami terima, lowongan kerja PT. Gudang Garam Tbk ini akan berakhir secara resmi pada tanggal 29 Mei 2016. Jadi dari sekarang masih ada sekitar 3 pekan untuk menulis surat lamaran kerja dan melengkapi berkas-berkas Anda.

Jika bekerja di perusahaan rokok seperti Gudang Garam adalah passion Anda, saya doakan semoga Anda berhasil dan diterima sebagai karyawan, dan ke depan menjadi salah satu karyawan terbaik mereka.

Saya hanya bisa membantu Anda dengan membagikan informasi lowongan kerja ini. Anda juga WAJIB membaca seluruh informasi dalam artikel ini agar mengerti benar tentang fakta-fakta iklan lowongan kerja dewasa ini.

Hati-hati dengan Penipuan Iklan Lowongan Kerja!

Penipuan iklan yang berkedok lowongan kerja sudah sering terjadi. Jadi saya sarankan Anda untuk tidak gegabah mengirimkan data-data penting Anda ke alamat yang diberikan sebelum memastikan kebenarannya, termasuk informasi lowongan kerja yang kami tampilkan ini.

Penipuan Lowongan Kerja

Ada beberapa fakta yang membuat saya merasa bahwa iklan lowongan kerja dari PT Gudang Garam Tbk ini hanyalah salah satu bentuk penipuan, alias lowongan kerja yang diberitakan sebenarnya tidak ada.

Fakta Pertama; Ketidaksesuaian Email Pengirim

Saya menerima email berisi permintaan untuk mempublikasikan informasi lowongan kerja pada tanggal 2 Mei 2016 dari email yang beralamat di: [email protected], tetapi dengan nama pemilik email yang ditampilkan adalah: [email protected]

Email Lowongan Kerja atas nama PT Gudang Garam

Hal ini kelihatan janggal untuk perusahaan berskala besar seperti PT Gudang Garam. Lumrahnya jika itu merupakan email resmi dari perusahaan, email yang terkirim seharusnya berasal dari nama domain perusahaan tersebut, dalam hal ini domain perusahaan PT Gudang Garam adalah www.gudanggaramtbk.com, bukan usa.com.

Yang membuat banyak orang bisa tertipu dan menganggap bahwa ini adalah email resmi PT Gudang Garam adalah karena si pengirim email memberikan nama sebagai [email protected] pada email yang dikirimkan, yang mana ini adalah alamat email resmi milik PT. Gudang Garam.

Lihat screen capture dari halaman karir di situs resmi PT Gudang Garam Tbk www.gudanggaramtbk.com/karir/lowongan_pekerjaan di bawah ini:

Halaman Recruitment PT Gudang GaramPadahal alamat email sebenarnya dari sang pengirim informasi lowongan kerja ini adalah [email protected]. Bisa dikatakan ini kemungkinan besar merupakan alamat email milik pribadi yang ingin mendapatkan keuntungan dari setiap berkas lamaran kerja yang dimasukkan.

Fakta Kedua; Tidak Ada Nomor Telepon Perusahaan

Dari informasi lowongan kerja yang dikirimkan, alamat pengiriman berkas lamaran kerja adalah ke bagian HRD PT Gudang Garam Tbk atas nama FAJAR SUMERU, dengan alamat kantor: Jl. Jendral A. Yani 75-79 Jakarta 10510, Indonesia.

Penelurusan kami menunjukkan bahwa alamat tersebut merupakan alamat kantor perwakilan PT Gudang Garam Tbk di Jakarta. Sementara kantor pusat PT Gudang Garam beralamat di Jl. Semampir II/1 Kediri 64121, Indonesia. Lihat screenshot halaman kontak dari situs resmi PT Gudang Garam di bawah ini:

Alamat Kantor PT Gudang Garam

Sayangnya, sang pengirim email sepertinya sengaja untuk tidak mencantumkan nomor telepon perusahaan sehingga pelamar kerja yang akan mengirimkan berkasnya tidak memiliki akses untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu ke kantor PT Gudang Garam. Jadi jelas, ini adalah modus penipuan!

Fakta Ketiga; Lowongan Kerja Tidak Tercantum di Situs Perusahaan

Untuk perusahaan berskala besar sekelas PT Gudang Garam, situs resmi perusahaan (situs korporat) merupakan wadah utama untuk menyampaikan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan, termasuk penerimaan tenaga kerja baru.

Karena itu, seharusnya jika PT Gudang Garam memang benar sedang membuka lowongan kerja sebagaimana diberitakan sebelumnya, pastilah di situs resmi (pada bagian Career atau Recruitment) ada informasi terkait dengan hal tersebut.

Sayang sekali, ketika kami mengunjungi halaman lowongan pekerjaan pada situs resmi PT. Gudang Garam di alamat www.gudanggaramtbk.com/karir/lowongan_pekerjaan, tidak ada informasi detail tentang posisi lowongan kerja yang dibutuhkan di sana.

Lowongan Kerja PT Gudang Garam

Seharusnya jika PT Gudang Garam benar sedang membutuhkan tenaga kerja untuk berbagai posisi seperti pada iklan lowongan kerja yang disebarkan, maka di halaman ini juga tertulis dengan jelas posisi-posisi tersebut.

Dengan 3 fakta yang mencurigakan ini, saya benar-benar yakin bahwa informasi lowongan kerja dari PT Gudang Garam Tbk ini hanya FIKTIF dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

***

Akan tetapi, jika Anda tetap tertarik dengan lowongan kerja PT Gudang Garam ini (dan mungkin lowongan kerja serupa lainnya dari perusahaan berbeda), saya sarankan Anda melakukan KONFIRMASI terlebih dahulu melalui telepon atau email perusahaan yang ada di situs resminya.

Jangan lewatkan ulasan selanjutnya tentang modus penipuan melalui undangan tes wawancara mengatasnamakan PT Gudang Garam Tbk berikut ini.

Penipuan Melalui Undangan Tes Wawancara Kerja PT. Gudang Garam Tbk

Published inLowongan KerjaNews

70 Comments

  1. johanis zakaria johanis zakaria

    Q kmarin jg dpt panggilan untuk interview di pt gg kediri.q ngaku kasib alamt pare.mlh q d suruh tranport pake travel,, dgn rupiah 3,5jt.
    Lha wong naek sepeda unta aja tiba dalam waktu 1 setengah jam.. Tak iya nin saja ru tu q cuek kin.ha..ha.. Mau nipu kok mantan sales kerak lapangan.ya tak makan bulat bulat tipuan model kuno bro..

    Link Komentar
  2. Ryc Ryc

    Masih anget… saya barusan dapat email juga dari gudang garam dan bekerjasama dengan mandiri tour&travel buat tes tgl 13 oktober besok. Nama penannggung jawabnya rahmat sanjaya.
    Saya mulai curiga karena nomer rekening bendahara yg dikirimkan adalah nama perseorangan atas nama “kosim selamat” bukan nama lembaga tour tsb.
    Saya langsung cari info dan bersyukur bertemu web ini.
    Pihak tour&travel telp2 terus menanyakan saya sudah transfer apa blm.
    Buat teman2 harus selalu hati2 dan waspada penipuan berkedok karir.
    Terima kasih… :D

    Link Komentar
  3. roni roni

    Makasih info nya mas ini baru aja (masih anget)heheh gw dapat email untuk test tgl 6 Oktober 16.di kediri.Tp knapa dia dapat email kita dr mana ya mas, btw terimakasih info nya situasi nya persis, dengan agan yang lain.

    Link Komentar
  4. heri hardi heri hardi

    Terimakasih Infonya pak Asri Tadda, Saya baru saja dapat email tuk tes tgl 27 , ternyata penipuan. untung saya tidak konfir,. sekali lagi terimakasih pak,. salam sukses

    Link Komentar
    • vicky vicky

      Alhamdulillah,,, baru aja sy transfer 1,750,000,- abis transfer baru baca ini blog.. mudah2an Allah kasih ganti yg jauh lebih baik…

      Link Komentar
  5. Juni Juni

    Terima kasih informasinya. Saya baru ini dapat juga untuk wawancara sabtu 24 September besok. Masa ongkos travel dari ponorogo (domisili saya) ke kediri tempatnya minta 3 juta lhawong naik motor saja gak nyampe 4 liter wkkwk

    Link Komentar
  6. rani rani

    Makasi mas infonya ..
    Saya jga dpet email dri gudang garam , utk hadir test seleksi utk hari sabtu tgl 24 sept 16 ..
    Biaya akomodasinya smua akan di tanggung gudam garam dgn system refund.
    Agent travelnya jga dri pihak mandiri tour & travel atas nama rahmat sanjaya, SE ..
    Nmer tlp 082394640299

    Saya langsung konfirmasi ke pusat GG di cempaka putih & kediri (t4 saya dijadwalkan test) pihak GG blg kalo mrka tdak membuka loker utk di daerah kediri.

    Bagi yg mendapatkan email dri pihak yg mengatasnamakan GG , tlg konfirmasi terlebih dahulu .. jgn smpe tertipu dgn modus bgnian ..

    Link Komentar
  7. ari ari

    haha. makasih bget tdu pagi sy jg dpt email undanya untung browsing dlu.haha

    Link Komentar
  8. Aziz oud Aziz oud

    Terima kasih pak atas Postingannya.. sangat membantu banget agar tidak ada lagi orang yang tertipu.. susah mendapat kerja malah tertipu juga.. itu bener” ngenes.. jadi adanya info ini sangat membantu.. trims.

    Link Komentar
  9. faiz faiz

    Saya juga baru dapat email undangan untuk mengikuti tes diPT. Gudan Garam. emailnya saya terima hari senin 19 September 2016, undangan tesnya pada tanggal 21 September dan harus langsung resevasi tiket hari ini. Untung aja saya kroscek dulu, karna ada yang janggal seorang HRD perusahaan besar mau menerima konfirmasi dari pelamar yang di undang.
    Blog ini sangat bermanfaat dan membantu para pencari kerja untuk lebih teliti dalam menerima undangan/panggilan untuk mengikuti tes.
    Terima kasih atas infonya.

    Link Komentar
  10. ienha ienha

    Terima kasih info nya, saya juga dapat email utk ikut tes seleksi tgl 19 septmber16,dan jika bisa hadir lasung bls sms nya, ” Yth Pelamar PT. GUDANG GARAM Tbk,
    Surat Undangan Test Seleksi Calon Karyawan Sudah Kami Kirim Via Email,Laporan Kehadiran Anda Kami Tunggu.”

    Manager HRD.

    “Silahkan Menghubung Ke MEGA MANDIRI TOUR & TRAVEL Untuk Reservasi E-tiket Menuju Ke Lokasi Test Seleksi.
    A/N:
    Rahmat Sanjaya
    082394640299 ”

    Tp syukur saya bisa dpt info di artikel ini.

    Link Komentar
  11. Taufiksyah Ismail Taufiksyah Ismail

    saya juga sama di sms pada tgl 17 sep… 2016,dng no hp 081353923777..surat panggilan intrv, sudah di kirim melalui email… katanya, mmg penipu mdus saja…

    Link Komentar
  12. Uma Uma

    Wah modus penipuan baru ya? Saya barusan banget dpt email dr perihal tes seleksi rekruitmen karyawan dan diwajibkan utk menghubungi Mandiri tours & travel utk reservasi tiket akomodasi dan penginapan di tgl 16 September 2016…
    Setelah saya browsing ternyata ini penipuan ???

    Link Komentar
    • Asri Tadda Asri Tadda

      Sebenarnya ini modus lama, tapi masih selalu digunakan karena tingginya angka pencari kerja di Indonesia, dan banyaknya perusahaan besar yang selalu membuka lowongan kerja.

      Mari bantu teman-teman yang lain agar tidak mudah tertipu dengan modus penipuan seperti ini. Sebarkan artikel ini ke khalayak ramai biar bermanfaat.

      :2thumbup

      Link Komentar
      • maidah maidah

        terimakasih pak atas infonya. saya hampir saja tertipu. tadi pagi dihari ini saya mendapatkan sms konfirmasi email tes wawancara dari PT. Gudang Garam. disitu tertulis ada travel yg menjemput untuk wawancara. ini dia kontak nya 085212666338
        dan benar bahwa orang yg bertanggung jwb atas peserta tes wawancara itu bernama Fajar Semeru dengan kontak 085240466724
        saya hampir risent dr tempat kerja saya yg lama. karena saya merasa saya pernah ngirim email ke pt. gudang garam

        Link Komentar
      • Anwar Anwar

        Makasih banyak mas Asri, baru hari ini saya dapet sms dan email dari email tsb, saya cocokkan dan semua nya sama persis.

        Hanya saya di wajibkan reservasi ke “RAJA TOURS & TRAVEL” dan kirim pesan ke No : 0823-9459-9932 dan konfirmasi ke FAJAR SEMERU, M.Si,Ak.,CPA

        Link :

        Sangat rapih dan terorganisir banget Mas, saya hampir saya info ke No HP tsb mas siang ini.

        Saya heran, karna saya belum kirim CV dll tapi sudah dapet No Test nya.

        Terima kasih info nya mas.

        Link Komentar
  13. Rey Rey

    Terimakasih atas infonya.sy juga dpt sms 10 sept 2016 utk test di pt gudang garam kamis 15 sept 2016.konfirmasi dulu ya gan..ini penipuan gaya baru.

    Link Komentar
  14. Dewi Dewi

    Terimakasih,, sudah berbagi informasi sangat bermanfaat sekali, semoga kebaikan berbalas kebaikan.. yang berlipat ganda,,
    utung saja saya baca ini, saya juga dapat email seprti pengalaman rekan-rekan lainya,,,

    Link Komentar
  15. b b

    info ini sangat bermanfaat. klw boleh tolong d share ke perusahaan yg bersangkutan postingan ini mas biar gk ada yg jd korban. tks bro

    Link Komentar
  16. Danang Danang

    Makasih mas infonya.. saya juga dapat email spt itu dan tgl 1 sept besok ada seleksi di jakarta.

    Link Komentar
    • Asri Tadda Asri Tadda

      Iya, hati-hati saja gan jika melamar pekerjaan. Pastikan semuanya valid dan bisa dipercaya baru mengirimkan aplikasi.

      :2thumbup

      Link Komentar
  17. Affil Affil

    Saya juga mendapat informasi yang sama, saya dapat informasi via email, Dan kirim uang akomdosai ke tour and travel, Dan saya langsung cri no telpon GG di Google, setelah itu saya hub hrd GG, ternyata hrd bilang itu penipuan,

    Link Komentar
  18. Rizal Rizal

    barusan tadi saya dapat pemberitahuan melaluia sms dengan format sms nya seperti ini ” Yth Pelamar PT. GUDANG GARAM Tbk, Surat Undangan Test Seleksi Calon Karyawan Sudah Kami Kirim Via Email, Laporan Kehadiran Anda Kami Tunggu. Manager HRD”

    kemudian saya balas sms tersebut dengan format PT.GUDANG GARAM#NAMA SAYA#HADIR#MEDAN

    Kemudian di balas lagi sms tersebut dengan format seperti ini “Silahkan Hubungi MANDIRI TOURS & TRAVEL untuk Reservasi e-tiket Pemberangkatan Anda A/N Rahmat Senjaya dengan no hp 0823946402**

    saya bisa menunjukan bukti hasil print out nama-nama calon yang berhak ikut test sebagai karyawan cuma syarat tertentu nya harus reservasi tiket dan akomodasi lain nya

    Link Komentar
    • Asri Tadda Asri Tadda

      Waspada bro!

      Baca ulasan terbaru saya tentang modus penipuan melalui panggilan tes wawancara di PT Gudang Garam Tbk.

      :request

      Link Komentar
    • kamal kamal

      Sama nih, kayak saya. Barusan banget dapet emailnya

      Link Komentar
  19. Ferdi Handono Ferdi Handono

    Makasih infonya mas

    Saya jg dapet emailnya sama persis kaya gtu.
    Buat tes hari Sabtu besok.
    Sekali lagi terima kasih ??

    Link Komentar
    • Asri Tadda Asri Tadda

      OK, sama-sama Mas.
      Saya senang bisa berbagi informasi seperti ini. :)

      Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons