Skip to content

2 Cara Membuat Situs Web Pribadi

Saat ini, website atau situs web memiliki banyak kegunaan yang sangat bermanfaat sekali dalam segala bidang. Bagi seseorang, situs web bisa menjadi media untuk menyalurkan hobi menulis, hingga untuk berbisnis secara online.

Oleh karena itu, banyak orang yang membuat situs web, baik dengan membayar penyedia jasa pembuatan situs web profesional, maupun dengan belajar cara membuat situs web pribadi.

Jika Anda memiliki budget yang tidak terlalu banyak, atau pun situs web yang akan dibuat hanya untuk sekadar main-main saja, mungkin ada baiknya mencoba membuatnya sendiri, tanpa harus membayar programmer yang biasanya butuh biaya besar.

Untuk bisa mewujudkan impian situs web pribadi itu, sulit atau mudahnya tergantung dari cara yang Anda pilih. Secara umum, ada dua cara membuat situs web pribadi yang bisa dicoba.

1. Menggunakan web hosting berbayar

Untuk membuat situs web dengan web hosting berbayar, Anda dituntut harus benar-benar menguasai pengetahuan pemrograman. Anda tidak bisa hanya mengerti HTML, karena hasilnya nanti tidak akan sempurna seperti yang diharapkan.

Oleh karena itu, Anda harus memahami semua bahasa pemrograman secara menyeluruh untuk bisa membuat situs web dengan menggunakan web hosting berbayar.

Setidaknya, Anda harus menguasai tiga pengetahuan dasar dalam pemrograman, yaitu bahasa pemrograman tertentu seperti PHP, penggunaan software Editor File Web, dan pengelolaan database seperti MySQL.

Hasilnya, nanti dipastikan akan jauh lebih baik, seperti pada situs web profesional yang biasanya Anda temukan di internet. Untuk modal, Anda hanya butuh biaya untuk menyewa web hosting dan domain.

2. Memanfaatkan penyedia situs web gratis

Cara membuat situs web pribadi yang satu ini jauh lebih gampang dilakukan, dibandingkan cara yang pertama. Anda bisa memulainya dengan membuat blog di situs web penyedia, seperti WordPress atau Blogspot.

Kemudian, pasang template yang menarik sesuai dengan keinginan. Template tersebut juga bisa didapatkan secara gratis di internet, sesuai dengan platform yang Anda gunakan, apakah WordPress atau Blogspot.

Pada tahap ini, Anda sudah menyelesaikan sebuah situs web sederhana. Agar dia bisa terlihat lebih profesional seperti situs web kebanyakan, Anda tinggal mengganti domain-nya dengan yang berbayar.

Jadi, soal biaya, Anda juga hanya perlu mengeluarkan uang untuk menyewa domain, sedangkan web hosting menggunakan penyedia situs web gratis tadi. Setelah mengganti domain—nya, maka situs web pribadi Anda pun sudah jadi sempurna.

***

Demikianlah 2 cara membuat situs web pribadi yang bisa kami jelaskan di sini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Published inOnline Business

4 Comments

  1. rika nawang rika nawang

    Web komersil bikin mumet mas.. beda jauh dengan blogspot

    Link Komentar
  2. 988bet 988bet

    mantap gan info” nya banyak yang harus di gali dari sini

    kunjungi juga web ak
    Agen Sbobet

    Link Komentar
  3. Win Device Win Device

    Okelah bang, ane mau lanjut aja pake blogspot. tar kalo udah lebih jelas blognya mau lanjut sewa domain. hehe

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons