Skip to content

Beberapa Tips Berbisnis Online Melalui Blog

Tulisan ini bukan sepenuhnya postingan murni untuk blog ini, hanya merupakan cuplikan dari balasan email saya untuk seorang blogger yang bertanya seputar bagaimana menentukan fokus berbisnis online dan menghasilkan uang melalui blog, serta sejumlah tips penting dalam make money blogging.

Nah, saya mencoba merangkumnya kembali untuk sekadar berbagi dengan pembaca AsriTadda.com.

Tips Berbisnis Online Melalui Blog

Bisnis Blog

Dalam berbisnis online melalui blog, hal yang paling utama, adalah blogging skill-nya: membuat, mengelola, dan memasarkan blog. Itu dasar bisnis ini.

Artinya, mau tidak mau, kalau mau bertahan lama, perkuat dasar ngeblog Anda, dan upayakan untuk selalu membuat blog baru sebanyak-banyaknya yang Anda sanggup, baik blog komersil untuk paid links maupun blog yang dipersiapkan memancing traffic untuk google adsense dan iklan PPC lainnya.

Pakai semua resource yang ada, bisa kolaborasi dengan keluarga, teman, atau siapa saja yang punya tujuan yang sama, dan mesti ada business plan yang jelas, seperti berapa besar dana yang mau diinvestasikan untuk buat blog baru, bagaimana sistem update setiap blog yang dibuat untuk google adsense, siapa nanti yang bertugas menjual link dan review, mendaftarkan blog-blog tersebut ke program blog advertising yang ada, dan sebagainya.

Dengan cara itu, Insya Allah Anda juga bisa punya pendapatan mandiri yang lumayan. Memang konsekuensinya adalah bekerja keras, persisten dan konsisten. :)

Satu hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa semua ini adalah usaha. Dibutuhkan banyak faktor pendukung untuk bisa sukses, termasuk kesediaan untuk tidak dulu terpancing dengan earning puluhan hingga ratusan juta rupiah per bulan, tetapi semuanya mesti step by step, perlahan-lahan. Tidak ada yang instan, dan tidak pernah terlambat untuk belajar dan berkembang.

Nah, mau fokus di mana? Saya lihat semuanya punya peluang yang seimbang, asalkan benar-benar tahu dunianya.

Membuat Blog Komersil

Kalau mau fokus di jualan link dan review, Anda mesti paham benar mulai dari memilih domain yang berpagerank, bagaimana instalasi blog baru, dan bagaimana merencanakan konten blog.

Selain itu, Anda juga harus mengerti bagaimana mencari theme yang sesuai dan menarik dilihat pengunjung, dan bagaimana mengelola pemasaran blog tersebut, baik mendaftarkannya di sejumlah program paid review, paid links maupun bagaimana memasang iklan PPC (kalau mau).

Kelebihan fokus di blog komersil ini karena sudah terbukti bisa bertahan lama dan bisa memberikan penghasilan yang juga signifikan!

Google Adsense di Blog Berbahasa Indonesia

Anyway, kalau Anda memilih untuk fokus di blog berbahasa Indonesia yang memasang iklan google adsense, syarat utamanya adalah Anda harus bisa maintenance blog yang bersangkutan, mulai dari mempersiapkan hosting yang tangguh untuk traffik tinggi, mengelola postingan yang unik dan nembak keyword, dan memahami benar bagaimana mengoptimasi blog yang bersangkutan, baik theme, plugins dan perangkat-perangkat lainnya.

Hanya saja, berbisnis adsense dengan blog berbahasa Indonesia belum bisa benar-benar diandalkan untuk jangka panjang, karena kerap kena banned. Akan lain ceritanya jika kita benar-benar mengembangkan blog berbahasa Inggris dan menjadikan adsense sebagai target bisnis di dalamnya.

Tapi saya kira ini juga butuh pengetahuan dan keahlian tersendiri, mulai dari bagaimana menentukan target keyword melalui riset keyword secara global, bagaimana mendapatkan konten yang unik dan orisinil dengan bahasa Inggris yang diterima secara baik di dunia internasional, bagaimana meningkatkan pengunjung blog secara signifikan, bagaimana maintenance blog yang bersangkutan, bagaimana memasang iklan google adsense sehingga nilai kliknya meningkat, dan sebagainya.

Peluang lain adalah berjualan online. Cari saja produk yang bisa dijual melalui situs online atau blog sederhana, ambil contoh bagaimana kisah suksesnya Ririn dengan jualan tas online misalnya.

Nah, saya kira cukup jelas dengan penjelasan di atas, saya tunggu AKSI NYATA-nya!

Published inBlogging TipsOnline Business

20 Comments

  1. Concert ID Concert ID

    terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini…sukses selalu..

    Link Komentar
    • Asri Tadda Asri Tadda

      @petualangweb, pastikan saja Anda subscribe newsletter saya Mas…dijamin ga rugi!

      :2thumbup

      Link Komentar
  2. wah artikelnya menarik dan berbobot sekali, ini yang saya cari…boleh dong berguru ya sama mas Asri Tadda..makasih mas..salam sukses..

    Link Komentar
    • Asri Tadda Asri Tadda

      @alhuda, yuk sama2 belajar ya…:)

      Jangan lupa subscribe newsletter saya..

      Link Komentar
  3. samandaya samandaya

    Hari ini banyak info yang saya dapat dari asri tadda. Syukran kasiran.

    Link Komentar
  4. wah,artikelnya lengkap.mohon update terus ya,masih butuh pencerahan..

    :D

    Link Komentar
  5. Aslm Pak Asri tadda, pertama saya kenal nama ANDA dari kaset audio pada buku 7 keajaiban rejeki Ippho. saya sedang menyukai blog-blog gratisan spt wordpress dan blogspot. bgmn trik memasang iklan PPC , adsense dan lainya spy bisa menghasilkan pendapatan, salam . terima kasih

    Link Komentar
  6. salah satu artikel ttg bung asri pernah saya baca menyebutkan kepemilikan blog sebanyak 200-an ? apa harus sebanyak itu utk menekuni dunia blogging komersil ?

    terima kasih infonya.

    mohon ditingkatkan intensitas posting artikel tips praktis seperti ini.. :)

    salam.

    Link Komentar
    • @daeng: Tabe baru ka' bisa reply komen2 di blog ini. Blog 200-an? Wah, kami sekarang punya 600-an blog, dikelola oleh staff di kantor. :)

      Pada prinsipnya, ada 2 pilihan: KUALITAS atau KUANTITAS. Ada blogger dengan sedikit blog, tp punya penghasilan luar biasa, tetapi ada juga yang punya banyak blog dengan penghasilan yang juga banyak. Jadi terserah prioritas kita, maunya main di KUALITAS BLOG, atau di KUANTITAS BLOG.

      Bagi saya sih, kalau bisa padukan keduanya, Insya ALLAH earningnya akan jadi sangat luar biasa!

      Bagaimana?

      Link Komentar
      • @Asri Tadda,

        terima kasih.

        saya minatnya ke niche topik (kualitas) saja. soalnya utk kuantitas pasti butuh SDM (outsourcing) banyak & skill blogging lebih tinggi ? selain itu saya hanya bisa menulis teratur utk topik2 yg saya minati.

        sayangnya, kenadala bahasa (Inggris) jd faktor penghalang jg utk coba memonetisazi blog saya. pernah coba2 gabung di IDBlognetwork & Sitti tp hasilnya gak signifikan (selain soal traffic, jg soal iklannya yg tdk kontekstual dgn isi blog)

        sy ingat artikel lama anda (daftar sumber2 monetisazi blog) tp umumnya cocok utk blog berbahasa Iinggris.

        saya tunggu artikel2 tips dan trik anda berikutnya.

        salam & terima kasih, Bung Asri.

        sukses buat Astamedia

        Link Komentar
  7. sulaiman sulaiman

    mudah2an sy bisa gabung di Astamedia Group.amiiin

    Link Komentar
  8. sulaiman sulaiman

    sebenarnya saya punya target kedepannya ingin berbisnis lewat internet. mohon bantuannya kak asri tadda? hehehehe

    Link Komentar
    • @sulaiman: Update terus ya dengan info berbisnis online. Banyak sekali lho kalau mau explore di google…

      Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons