AsriTadda.com
 

Cara Terbaru Mengukur Pagerank Setelah Google Update Oktober 2011

Google pagerank update Oct 2011Kebijakan terbaru Google yang menghilangkan indikator pagerank di toolbar browser dan google pagerank checker yang lain di awal bulan Oktober 2011 ini menyebabkan banyak pihak kelimpungan, tidak terkecuali para blogger penjual link dan review, serta para advertiser dan pembeli link lainnya.

Selama ini, pagerank menjadi indikator utama untuk menilai harga sebuah link dari blog atau situs. Semakin tinggi pagerank sebuah blog, maka harga linknya juga akan semakin baik, demikian pula sebaliknya. Nah, pada saat kita tidak bisa dengan mudah mengukur pagerank dari sebuah blog, maka bagaimana menilai harga jual linknya?

Ternyata, perubahan yang terjadi lebih pada perubahan API (application programming interface) Google, sehingga semua alat yang selama ini digunakan untuk mengukur Google pagerank tidak dapat bekerja dengan baik. API lama google beralamat di http://toolbarqueries.google.com/search, sedangkan API baru Google setelah update Oktober 2011 ini menjadi http://toolbarqueries.google.com/tbr.

BACA JUGA:  Bonus Referal Paypal Akan Dihentikan Mulai Agustus 2012

Tapi, berdasarkan komentar Iqbal Sandira di postingan saya sebelumnya, ternyata ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengukur pagerank setelah Google update Oktober 2011 ini.

Cara Terbaru Mengukur Pagerank Setelah Google Update

Ada 2 cara terbaru untuk mengukur Google pagerank setelah semua indikator pagerank dihapus Google pekan ini, yaitu:

1. Install Google toolbar, check PR nya masih ada, dan ini valid. Hanya saja Google toolbar ini terbatas untuk browser Internet Explorer (IE), bukan di Firefox.

2. Menggunakan SEOquake, tetapi Google API-nya harus dirubah ke API Google yang baru : http://toolbarqueries.google.com/tbr. Caranya adalah:

* Klik kanan SEOquake Icon
* Klik Preference dan kemudian google pagerank
* Edit :

BACA JUGA:  Apakah Google Menghapus Google Page Rank (PR)?

[NAME]=Google pagerank
[TITLE]=PR
[URL_R]=http://toolbarqueries.google.com/search?client=navclient-auto&hl=en&ch={gchecksum}&ie=UTF-8&oe=UTF-8&features=Rank&q=info:{url|encode}
[REGEXP]=Rank_.*?:.*?:(\d+)

Ganti dengan:

[NAME]=Google pagerank
[TITLE]=PR
[URL_R]=http://toolbarqueries.google.com/tbr?client=navclient-auto&hl=en&ch={gchecksum}&ie=UTF-8&oe=UTF-8&features=Rank&q=info:{url|encode}
[REGEXP]=Rank_.*?:.*?:(\d+)

Itulah 2 cara yang dapat digunakan untuk mengukur Google pagerank setelah update pekan ini. Selain itu, sejumlah situs pagerank checker juga sudah mulai mengupdate algoritma dan mengganti Google API mereka sehingga sudah bisa bekerja. Misalnya Rank Checker.

Semoga bermanfaat.

16 KOMENTAR

  1. Terima kasih banyak atas saran dan tips nya, ijinkan saya merekomendasikan website ini keteman dan sahabat saya.

  2. saat baca judulnya saya kaget, baru buat blog dan belajar supaya bisa punya PR juga udah berubah, dan ternyata settingan toolsnya saja,… apa indikator penentu pageranknya masih sama mas ?

  3. Kalau di google crome untuk seo quake sudah bagus tuch tool pagerangenya.

    ini settingan dari SEO Quake

    ==Google pagerank

    =PR

    =http://www.google.com/favicon.ico
    =http://toolbarqueries.google.com/tbr?client=navclient-auto&hl=en&ch={gchecksum}&ie=UTF-8&oe=UTF-8&features=Rank&q=info:{url|encode}
    =Rank_.*?:.*?:(+)

    =(error)

    mohon ditanggapi kanda… apa kekurangan tools yang saya pake

BERI TANGGAPAN

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *