Skip to content

Peluang Bisnis Online Melalui Layanan Jasa Desain Rumah

Ada banyak peluang bisnis yang bisa dikerjakan secara online menggunakan layanan internet, salah satunya adalah dengan memasarkan layanan jasa desain rumah, sebagaimana ditulis oleh guest blogger Satriyo Widagdo berikut ini.

Peluang Bisnis Online Melalui Layanan Jasa Desain Rumah

Artikel ini berisi tentang peluang melalui dunia internet yang bisa dimanfaatkankan oleh arsitek, lulusan arsitek atau mahasiswa arsitektur yang belum lulus. Mereka bisa menjual keahliannya dengan membuat desain rumah kepada masyarakat secara online.

Namun begitu, artikel ini juga bermaksud untuk menambahkan wacana pada masyarakat umum bahwa selain berbelanja barang secara online, mereka juga bisa mendapatkan layanan jasa desain rumah secara online.

Mengapa menggunakan media online?

Sekarang jamannya internet.

Hampir semua orang menggunakan smartphone. Melihat orang sedang asyik melototin hapenya sambil geser-geser jari telunjuk adalah hal yang tak asing lagi. Dan semua hape pintar itu biasanya bisa terhubung dengan internet.

Sekarang juga jamannya toko online. Bahkan yang namanya toko online pun dipromosikan secara offline. Jika kita nonton TV, pasti sering melihat iklan online shop yang menjual pakaian, booking tiket hingga jual beli barang bekas.

Jadi banyak bisnis yang bisa dionlinekan baik barang maupun jasa. Termasuk juga jasa desain rumah.

Arsitek jaman sekarang dan teknologi

Arsitek jaman dulu berbeda dengan arsitek jaman sekarang.

Arsitek jaman dulu yang masih bertitel insinyur, biasa mempresentasikan rancangan dengan gambar sketsa freehand. Mereka masih pakai pensil warna, cat air dan spidol.

Tapi arsitek jaman sekarang sudah tidak memegang pensil warna lagi. Atau paling tidak jaranglah. Ditangan mereka ada keyboard dan mouse. Minimal mereka harus sudah menguasai AutoCAD untuk membuat gambar 2 dimensi.

Itu artinya, arsitek jaman sekarang sudah terbiasa dengan komputer. Dan lagi, mereka mestinya juga punya email apalagi akun facebook.

Oleh karenanya tentu tidak akan terlalu sulit untuk menyeberang dari cara bekerja secara offline menuju secara online. Mereka bisa mempromosikan kemampuannya dalam membuat desain rumah melalui internet.

Mereka tidak perlu harus membawa map berisi lamaran kerja dan keluar masuk pintu personalia untuk meminta pekerjaan. Jaman “sarjana muda” nya Iwan Fals mestinya sudah tidak berlaku lagi. Ada peluang lain dengan memberikan layanan desain arsitektur secara online.

Kelebihan promosi desain rumah secara online

Banyak keuntungan yang bisa didapat dari arsitek yang memutuskan untuk bekerja secara online.

  1. Waktu kerja lebih fleksibel. Seperti halnya pekerjaan online lainnya, arsitek online bisa bekerja dimana saja dan kapan saja. Hanya saja deadline proyek tetap berlaku.
  2. Target pasar sangat luas. Paling tidak anda bisa dapat pasar seluruh Indonesia jika layanan hanya menggunakan bahasa Indonesia.
  3. Tidak perlu survey lokasi. Klien harus mempersiapkan materi desain yang lengkap seperti gambar sktesa lahan ataupun peraturan daerah tentang pembangunan yang diperlukan karena arsitek online tidak mungkin berkunjung langsung ke lokasi yang letaknya jauh.

Kekurangan promosi desain rumah secara online

Memang ada juga beberapa kekurangan yang dihadapi oleh arsitek online:

  1. Tidak bisa pasang tarif terlalu tinggi. Calon klien bisa dengan mudah mengakses semua web jasa desain rumah di mesin pencari. Mereka tentu akan membandingkan harga mana yang lebih menarik dan sesuai kantong mereka. Persaingan yang ketat dalam bisnis ini akan memberi pengaruh pada harga agar menarik minat calon klien.
  2. Tidak semua klien orangnya jujur. Karena tidak pernah ada tatap muka maka yang menjadi dasar kerjasama arsitek dengan klien adalah kepercayaan. Jangan kapok jika kadang menemui klien yang sudah terima gambar tapi tidak mau bayar.

Persiapan memulai jasa desain rumah online

Seperti hanya jika anda membuka biro konsultan secara offline, juga diperlukan persiapan serius jika ingin berhasil sebagai arsitek online :

  1. Berusahalah tetap profesional dalam pengaturan waktu meskipun bekerja sendiri di rumah.
  2. Anda harus punya website sendiri. Disitulah nanti anda akan menampilkan portofolio yang menjadi bahan pertimbangan klien sebelum menggunakan jasa anda.
  3. Belajar tentang SEO dan WEB development. Mungkin hal ini bisa didelegasikan. Tapi jika hendak memulai bisnis ini dari nol, anda juga harus tahu tentang hal ini untuk mendatangkan trafik.
  4. Bangun kepercayaan, tingkatkan kemampuan desain dan berikan layanan yang terbaik.

Jadi ada kesempatan lain bagi anda (arsitek dan calon arsitek) untuk tetap berkarya tanpa harus terikat jam kantor berangkat pagi – pulang malam.

Tentang Penulis

Satriyo Widagdo adalah seorang blogger dan arsitek. Dia memberikan layanan jasa desain rumah online. Perhatiannya pada perkembangan rumah minimalis dituangkannya pada blog rumahminimalispost(dot)com. Anda bisa menghubunginya di 082135688202.

Published inGuest BloggerOnline Business

9 Comments

  1. glandproperty glandproperty

    Mantap nihh..
    Bermanfaat banget.. thanks GAN..

    Link Komentar
  2. Veronica Veronica

    Jasa desain rumah semakin banyak, dan resiko memang selalu ada. Dari kami sendiri sebagai arsitek juga lebih pede kalau bisa ketemu klien secara langsung. Keinginan klien lebih mudah dipahami dan diterjemahkan dalam desain.

    Sekedar sedikit pendapat dari kami.

    Link Komentar
  3. 9 Cara Unik dan Gampang Menghasilkan Uang dari Internet

    BACA: Peluang Bisnis Online Melalui Layanan Jasa Desain Rumah

    Link Komentar
  4. Ky Cules Ky Cules

    bermanfaat nih mas infonya, layak dicoba…

    Link Komentar
  5. Kumpulan Gambar Kartun Terbaru Wallpaper HD Kumpulan Gambar Kartun Terbaru Wallpaper HD

    sebenernya saya dari dulu ingin sekali membuat jasa desain rumah melalui online (blog) akan tetapi masih belom mantap, takut klien yang tidak jujur.

    Link Komentar
    • Satriyo Widagdo Satriyo Widagdo

      Memang itu sudah resiko mas… Tapi orang yang jujur masih banyak kok :)

      Link Komentar
  6. produk muslim produk muslim

    Wah kayaknya bisa jadi referensi untuk dikembangkan gan

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons