Skip to content

Peluang Bisnis Online Paling Mudah dengan Metode Drop Shipping

Dewasa ini, banyak orang yang terus mencari bisnis online sebagai salah satu alternatif karena sulitnya mencari lapangan pekerjaan di dunia nyata.

Berbisnis online cukup diminati karena orang tidak perlu berangkat kerja ataupun keluar rumah saat ingin mulai berbisnis. Anda bisa memulai bisnis anda dari rumah, dari depan komputer anda.

Peluang Bisnis Online Paling Mudah dengan Metode Drop Shipping

Bisnis online juga banyak diminati karena anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk memulai bisnis ini. Anda tidak perlu menyewa tempat dan juga menyewa karyawan terlalu banyak.

Walaupun sudah dianggap bisnis online yang mudah, anda tetap memerlukan persiapan-persiapan lain sebelum membuka sebuah toko online. Misalnya, anda membuat akun di media sosial untuk toko online anda, dan mencari banyak teman di akun tersebut sebagai pasar anda.

Anda tetap harus bekerja keras agar toko online anda dilirik pelanggan, bagaimanapun tidak ada bisnis online yang mudah dan tidak memerlukan kerja keras.

Bisnis Online Metode Drop Shipping

Jika memulai sebuah toko online dirasa masih cukup sulit dan memerlukan banyak persiapan, ada bisnis online yang mudah lainnya yang bisa anda coba dan juga masih berhubungan dengan toko online, yaitu drop shipping.

Bisnis Online Metode Drop Shipping

Secara umum, drop shipping atau dropshipping adalah kegiatan menjual produk milik orang lain, tetapi produk tersebut nantinya akan dikirimkan atas nama Anda sendiri, seolah-olah Andalah pemilik produk itu.

Sebagai dropshipper, Anda bisa saja diberi harga murah atau harga reseller oleh pihak pemilik produk sehingga bisa menentukan berapa keuntungan untuk Anda.

Cara Kerja Bisnis Online Sistem Drop Shipping

Hal yang harus anda lakukan adalah memasarkan produk tersebut lalu menunggu pembeli transfer pembayaran pada anda dan anda mentransfer pada supplier. Nantinya supplier akan langsung mengirim kepada pembeli dengan mengatasnamakan anda sebagai penjual.

Model Bisnis Dropship

Walaupun dapat dikatakan bisnis online yang mudah, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menjadi seorang dropshipper.

  • Pertama, pilihlah toko online yang sudah memiliki nama besar, sehingga anda tidak akan kesulitan untuk mencari pasar, keuntungan yang didapat juga relatif besar.
  • Kedua, pastikan anda telah memiliki layanan phone banking untuk memudahkan anda mengecek saldo ketika pembeli melakukan transfer dan mentransfer pada supplier. Dengan begitu proses transaksi akan lebih cepat.

Bisnis online dengan metode drop shipping memang menjadi salah satu alternatif bisnis online yang paling mudah dikerjakan.

Selain karena nyaris tanpa modal, bisnis ini juga minim resiko. Drop shipping juga bisa Anda kerjakan sebagai aktivitas selingan (part time job) sambil menjalankan pekerjaan rutin Anda sehari-hari.

Tips Sukses Berbisnis Drop Shipping

Hal yang penting dalam menjalankan bisnis online metode drop shipping adalah ketersediaan produk dengan harga paling murah untuk Anda.

Saat ini sudah banyak toko online besar yang menyediakan peluang bisnis drop shipping untuk produk-produk mereka, salah satunya adalah Tokopedia.com. Di Tokopedia Anda bisa mencari aneka produk dengan beragam kategori, dan tentunya dengan variasi harga, dari termurah hingga yang paling mahal.

Anda bisa memetakan target pasar yang akan Anda jadikan sasaran promosi. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki komunitas atau jaringan pertemanan melalui media sosial misalnya, maka untuk promosi pun akan terasa sangat mudah.

Anda juga bisa mengoptimalkan penggunaan Blackberry Mesenger (BBM), Line atau Whatsapp di ponsel Anda untuk mempromosikan produk-produk yang akan Anda jual. Modalnya hanyalah gambar dan keterangan produk yang bisa Anda download dari situs Tokopedia.

Untuk soal harga, Anda leluasa memberikan margin profit tertentu untuk setiap produk. Anda bisa mematok keuntungan berapapun untuk produk yang Anda pasarkan, sepanjang harga jualnya tidak terlalu tinggi sehingga masih bisa terbeli konsumen.

Satu hal yang menjadi kunci sukses berbisnis online dengan model drop shipping adalah kecepatan layanan. Anda harus bisa memberikan informasi detil perihal produk (ukuran, warna, atau pilihan lainnya), juga harga jualnya (termasuk promo) dalam waktu yang singkat agar konsumen tidak lari ke toko online lain.

Selain itu, seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, ketersediaan fasilitas online banking untuk mengecek setiap transaksi secara real time menjadi syarat mutlak keberhasilan Anda menggaet konsumen lebih banyak.

Sebagaimana kita ketahui, setiap konsumen pastilah selalu menginginkan layanan cepat, ramah dan profesional. Konsumen ingin memastikan bahwa tempatnya berbelanja online sangat aman dan bebas penipuan.

Malahan, terkadang harga jual yang sedikit mahal bukan lagi jadi masalah sepanjang layanan konsumennya cepat dan bersahabat. Menarik, bukan?

Nah, Anda mau mencoba menjadi seorang dropshipper? Saya tunggu tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Published inOnline Business

16 Comments

  1. Amrullah Amrullah

    Terima kasih infonya bang dan insya Allah akan saya coba.

    Link Komentar
  2. yuliana muji as tutik yuliana muji as tutik

    Salam kenal mas…..terima kasih sudah ngasih solusi bisnis untuk pemula seperti saya

    Link Komentar
  3. 9 Cara Unik dan Gampang Menghasilkan Uang dari Internet

    Anda membeli barang dari supplier hanya ketika ada pesanan. Harga pun bisa diatur sesuka hati. Cara ini sudah banyak sekali digunakan orang-orang di sekitar kita. Silahkan pelajari selengkapnya tentang bisnis dropshipping di sini.

    Link Komentar
  4. fitria febriani fitria febriani

    makasih infonya kak, bismillah semoga di mudahkan :)

    Link Komentar
  5. nurul ihsan nurul ihsan

    saya pengen menghasilkan walaupun sehari-hari cuma dirumah. mohon bimbingan via email ya.. trmkash

    Link Komentar
  6. desi saifa desi saifa

    Pngen bgt ikutn dropshipeer tp kur prcya diri..gmana ya mas…

    Link Komentar
  7. linaayu linaayu

    saya sekarang mencoba dropshipper sebagai pemula yang nantinya bisa besar jualannya dengan adanya toko online saya.

    maka sy perlu banyak belajar tentang pemasaran online…

    beri saran ke saya mas agar saya bisa berhasil di dropshipeer ini

    Link Komentar
  8. Eliyas Eliyas

    Mantap, Mas. Jadi makin yakin mau jadi dropshipper.

    Link Komentar
  9. anton anton

    Ya,saya sangat setuju sekali dengan ulasan bpk asritadda di atas bahwa,, di zaman kita sekarang ini yang penuh dengan sentuhan tekhnologi, ngak ada salahnya kita mencoba berbisnis cukup di jalankan di depan laptop/komputer di rumah ,sehingga keharmonisan berumah tangga bisa terwujud dan terlaksana dengan baik dengan hadirnya beraneka macam model bisnis online akhir-akhir ini. Sukses untuk pk asritadda dan sukses bagi pecinta bisnis online dari rumah.. !! sekedar info : Saya jual madu rasa pahit berkhasiat untuk semua penyakit, Info lebih lengkap di : hp: 081322419517 / 087880090290 Terima kasih.

    Link Komentar
  10. dwi nurcahyanto dwi nurcahyanto

    Salam kenal Maas…saya terus mengikuti tulisan Mas Astri Tadda….
    langkah langkah untuk bisinis online yg jitu gmnana ya termasuk untk dropshipper> mkasi

    Link Komentar
  11. ahmad thabrani ahmad thabrani

    As wr wb salam kenal pa asri tadda saya ada rencana usaha rumah jahit online menurut pak asri langkah langkahnya gimana biar bisa cepat berkembang tolong sedikit terperinci biar saya mudah mengikutinya terus terang saya aga gaptek sebelumnya saya ucapkan terimakasih semoga pak asri suksea selalu

    Link Komentar
    • Asri Tadda Asri Tadda

      Bisnis jahit-menjahit adalah bisnis jasa. Jadi fokusnya pada kualitas layanan, kecepatan dan ketepatan pengerjaan, serta kepuasan konsumen.

      Jika seorang konsumen puas dengan hasil kerja Anda, maka dia sekaligus akan berperan sebagai marketing untuk layanan Anda.

      Nah, dari sisi online, selain bisa memaksimalkan proses pemasaran dan promosinya, Anda juga bisa membangun komunitas pelanggan Anda melalui media sosial (Facebook, Twitter, Instagram dsb).

      Yang Anda butuhkan adalah bisnis yang sudah siap beroperasi dengan standar kualitas terbaik.

      Secara online, Anda bisa mulai memikirkan untuk membuat website official untuk bisnis Anda sekaligus menjadi brand Anda secara online, juga akun di media sosial.

      Demikian beberapa masukan saya secara umum untuk bisnis Anda.
      Semoga sukses dan berjalan lancar!

      :2thumbup

      Link Komentar
  12. triyatno triyatno

    saya tertarik menjadi dropshipper bagaimana caranya pak, mohon bantuanya..terima kasih.

    Link Komentar
    • Asri Tadda Asri Tadda

      Bisa coba jadi drop shipper untuk produk2 yang ada di Tokopedia saja sudah lumayan. Coba buka web Tokopedia.com, lalu cari produk berdasarkan kategori yang ingin Anda pasarkan.

      Kemudian cek harga jual yang termurah berapa, lalu Anda selanjutnya bisa pasarkan produk tersebut dengan harga yang lebih tinggi dari harga jual termurah di Tokopedia. Selisih harga jual itu adalah margin keuntungan Anda.

      Saat ini rata-rata toko online di Tokopedia saat ini sudah menerima kerjasama drop shipping. Anda hanya perlu membuka akun baru di website Tokopedia agar bisa melakukan transaksi.

      Khusus untuk teknik pemasarannya, saya kira sedikit banyak sudah saya jelaskan dalam artikel di atas.

      Selamat mencoba ya!

      :recsel

      Link Komentar
  13. Bobby Prabawa Bobby Prabawa

    Terima kasih infonya. Toko untuk dropship lainnya adalah : bukabuku.com, Anda berjualan buku tanpa harus punya gudang buku.

    Salam
    @PapiQC

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons