Skip to content

Tips Belajar Jualan Online untuk Pemula

Tips Belajar Jualan Online untuk PemulaBanyak pebisnis pemula yang baru belajar jualan online, malah terbentur dengan masalah-masalah sederhana tapi terasa pelik karena tidak tahu cara berjualan online tersebut. Seringkali muncul pertanyaan bagaimana untuk memulainya.

Padahal, jawabannya sebenarnya gampang saja, yaitu memulainya dengan menyiapkan lokasi untuk berjualan di media online tersebut.

Hal penting yang seharusnya dipikirkan adalah pengetahuan mengenai dunia online itu sendiri.

Dengan itu, semua peluang yang ada di internet, bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya dalam aktifitas perdagangan secara online tersebut.

Jika Anda juga sedang memulai berjualan secara online, mungkin ada baiknya untuk memperhatikan tips belajar jualan online untuk pemula berikut ini:

Mau Jualan Apa?

Jika Anda belum memutuskan jualan apa yang akan ditawarkan melalui online, maka tentukanlah hal tersebut terlebih dahulu. Anda bisa memilih untuk berjualan produk sendiri atau menawarkan jasa. Bisa pula menjualkan produk atau jasa dari orang lain, atau biasa disebut juga sebagai reseller.

Membuat Toko Online

Jika sudah menentukan bisnis apa yang akan dilakukan, atau mungkin Anda juga sudah memiliki bisnis di dunia nyata, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan lokasi di dunia online untuk memasarkan bisnis tersebut.

Pada bagian ini, Anda harus membuat sebuah website untuk memajang produk atau jasa yang akan dijual, atau disebut juga toko online. Ada dua cara untuk bisa mendapatkannya, yaitu dengan membuatnya sendiri setelah belajar membuat website sederhana, atau membayar programmer yang sudah ahli dalam membuat berbagai jenis website.

Memajang Produk

Selanjutnya, pajanglah produk atau jelaskan jasa yang akan dijual melalui website atau toko online yang telah dibuat tersebut. Jangan lupa cantumkan juga cara bertransaksi dan kontak yang bisa dihubungi oleh calon pelanggan, jika mereka ingin membelinya.

Mempromosikan Toko Online

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memasarkan produk atau jasa melalui internet, dalam hal ini berkaitan dengan internet marketing. Mulailah untuk memikirkan bagaimana cara mempromosikan toko online Anda tadi, sehingga banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Dengan itu, mereka pun bisa jadi tertarik untuk membeli.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan mempromosikan melalui jejaring sosial. Selain itu, bisa juga memanfaatkan teknik SEO (Search Engine Optimization), dimana toko online Anda akan mudah ditemukan pada halaman pertama mesin pencari di internet.

Jika tips belajar jualan online ini telah dilakukan, Anda tinggal melayani para pelanggan. Selamat mencoba!

Published inOnline Business

7 Comments

  1. Donnieta Donnieta

    Terima kasih pak asri untukpenjelasannya. Saya sdh bergabung di program affiliate cream Yashodara namun sedikit saran dari saya mohon untuk webnya mengenai foto2 krim dan update tampilan webnya diperbaharui selalu sehingga memudahkan dalam promosi

    Link Komentar
  2. yono yono

    Bagi rekan rekan yang ingin berpengasilan lebih silahkan ikuti petunjuk diatas

    Link Komentar
  3. Mohamad Jusuf Mohamad Jusuf

    Trima kasih informasinya, semoga bermanfaat untuk saya yang baru mengenal internet.

    Link Komentar
  4. Saleh Saleh

    makasih pak asri, banyak baca banyak ilmu…sy sedang mendalami jualan online untuk bisnis saya dibidang pelatihan. untuk rekan2 yang ingin mendalami keahlian sales dengan teknik nlp bisa belajar di web kami

    Link Komentar
  5. Muhammad Irsyad Muhammad Irsyad

    Apa yang tertulis diartikel website ini saya menghargai lebih karna dapat saya pahami dan menambah pengetahuan saya dalam bidang berbisnis untuk menjadi seorang bos(enterpreneur) di masa muda saya saat ini namun alangkah baiknya anda tambahkan sebuah contoh bisnis kecil-kecilan untuk para pengunjung website supaya lebih banyak yang melihat artikel anda
    Sekilas dari saya trima kasih :)

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons