Skip to content

Tips Belanja Online Aman dan Murah di Lazada

Dunia e-commerce di Indonesia belakangan ini berkembang sangat pesat dengan hadirnya sejumlah situs jual beli online yang aktif beriklan melalui beragam media, termasuk televisi. Kini kita sudah tidak asing lagi mendengar Tokopedia, Lazada, Zalora, Bukalapak dan sebagainya.

Tips Belanja Online Aman dan Murah di Lazada

Situs-situs e-commerce tersebut memberikan kemudahan bagi kita untuk berbelanja beragam kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar rumah. Jadi istilahnya kita belanja secara online, mudah dan nggak pake ribet.

Nah, khusus untuk topik berbelanja online,  pada kesempatan ini kami akan membahas seputar bagaimana tips dan cara berbelanja online dengan aman, khususnya pada situs Lazada.co.id.

***

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Lazada merupakan situs jual beli beli di dunia maya. Mereka yang ingin menjual maupun mencari berbagai produk tertentu dapat mengunjungi websitenya. Dengan begitu, transaksi jual beli online bisa berlangsung dengan baik melalui perantara Lazada.

Tidak sedikit yang telah mencobanya dan merasa puas dengan produk barang yang dipesannya. Apalagi jika ada diskon atau potongan harga pada beberapa jenis produk, seperti perlengkapan olahraga, peralatan rumah tangga, atau yang lainnya. Sudah pasti banyak konsumen akan menghubungi hotline dari Lazada dengan berbagai cara. Mulai dari telepon, SMS, BBM, email, dan lain sebagainya.

Lazada

Akhir tahun yang menyenangkan juga dimanfaatkan oleh pihak Lazada untuk lebih menggenjot angka penjualan produk yang dimilikinya. Pasalnya, beberapa kompetitor juga tidak mau ketinggalan di akhir tahun ini.

Mereka menerapkan strategi promosi yang berbeda. Tujuan utamanya agar makin banyak konsumen yang memilih situs jual beli onlinenya daripada lainnya. Namun demikian, Anda sebagai konsumen juga perlu berhati-hati saat ingin membeli produk barang tertentu secara online di Lazada.

Hal itu dikarenakan tidak menutup kemungkinan ada oknum atau pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kepopuleran Lazada di tengah masyarakat. Bisa jadi oknum tersebut melakukan penipuan ataupun tindak merugikan lainnya kepada konsumen. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda memperhatikan beberapa tips berbelanja secara online di Lazada untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lalu, apa saja tips belanja di Lazada yang aman dan lancar? Untuk lebih jelasnya, simak informasi di bawah ini:

Kenali karakteristik produk yang ingin dibeli

Anda yang sangat membutuhkan suatu barang, semisal kursi tamu. Pastikan bahwa Anda memang membutuhkan dan ingin segera membeli kursi tamu tersebut karena belum memilikinya.

Selanjutnya, pelajari selengkapnya karakteristik dan spesifikasi dari banyak kursi tamu yang dijual di Lazada. Misalnya, model kursinya seperti apa, terbuat dari bahan apa, berapa panjang dan lebarnya, serta yang lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran ruangan tamu di rumah masing-masing.

Dengan begitu, Anda pun bisa membeli kursi tamu di Lazada yang benar-benar cocok dan sesuai. Jangan hanya meniru orang lain saat belanja online dengan memesan produk tertentu. Anda perlu mengenal kebutuhan sendiri untuk dipenuhi, sehingga tidak perlu gengsi dan meniru orang lain.

Perhatikan harga yang dibandrol

Tips belanja di Lazada berikutnya, yaitu terkait harga yang dibandrol pada produk tersebut. Dalam arti, Anda perlu memperhatikan harga dari produk barang yang ingin dibeli. Berapa nominalnya sebenarnya dan masih ada potongan harga atau tidak.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui secara pasti berapa uang yang akan dibayarkan untuk menebus produk barang tersebut. Selain itu, bandingkan harga dari beberapa item produk untuk menemukan harga yang terbaik. Pasalnya, harga yang terlalu mahal tentu tidak bisa dijangkau.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya memilih produk dengan harga yang lebih terjangkau, apalagi jika ditambah dengan ongkos kirim yang dibebankan kepada konsumen. Faktor harga menjadi dominan dan penting bagi banyak konsumen untuk memutuskan apakah bersedia membeli atau tidak di Lazada.

Nah, khusus untuk Anda yang ingin mendapatkan potongan harga, kini sudah ada Lazada diskon untuk mendapatkan harga khusus ketika Anda berbelanja di website Lazada. :)

Perhatikan kualitas dari barang yang ingin dibeli

Selain memperhatikan harga, Anda sebagai konsumen juga dituntut untuk mengenal kualitas dari barang yang ingin dibeli. Jangan sampai Anda terjebak dengan membeli produk berharga murah, sekaligus kualitasnya murahan.

Kualitas barang semacam itu bisa diidentikkan dengan tidak tahan lama, cepat rusak, dan fungsinya tidak maksimal. Berbelanja online di Lazada memang tidak bisa melihat dan memegang langsung produk barang yang akan dibeli.

Oleh karena itu, silakan mencari informasi lebih detail tentang barang itu serta keterjaminan dari pihak Lazada terkait kualitasnya. Anda tentu tidak mau membeli barang dengan kualitas murahan. Setiap konsumen tentu menginginkan dapat membeli barang dengan harga murah, tetapi tidak murahan kualitasnya. Terutama saat berbelanja online di Lazada.

Simpan bukti transfer pembayaran

Saat berbelanja online khususnya di Lazada, Anda disuruh untuk membayar terlebih dulu semua harga dan ongkos kirim dari produk barang yang dipesan. Pembayaran dengan cara transfer antar rekening bank tertentu. Transfer pembayaran bisa dilakukan melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ataupun fitur perbankan yang dinamakan e-banking.

Setelah melakukan transfer pembayaran, Anda disuruh untuk mengkonfirmasi pihak Lazada. Dengan tujuan, pembayaran telah dilakukan dan barang yang dipesan akan segera dikirim. Perlu diingat bahwa pihak Lazada juga akan meneliti apakah uang pembayaran yang Anda transfer sudah masuk atau belum.

Oleh karena itu, simpanlah bukti transfer pembayaran melalui ATM atau e-banking. Jika sewaktu-waktu pihak Lazada belum mengatakan uang transfer sudah masuk, tetapi Anda sudah mentransfer. Dengan begitu, bukti transfer pembayaran sudah dipegang dan sah dijadikan alat bukti.

Ada beberapa kejadian yang memperlihatkan jika uang yang ditransfer untuk pembayaran ternyata belum masuk dalam beberapa hari ke depan setelah ditransfer. Biasanya, hal itu terjadi pada saat mentransfer uang dengan bank yang berbeda.

Misalnya, Anda memiliki rekening di Bank A, sementara pihak Lazada memiliki rekening di Bank B. Untuk membayar tagihan berbelanja online dari barang yang dipesan, Anda melakukan transfer uang dari Bank A ke Bank B. Kemungkinan uang yang Anda transfer baru masuk beberapa hari ke depan.

Pantau kedatangan barang dari jasa pengirim

Barang-barang yang dipesan oleh para konsumen lewat berbelanja online akan diantarkan ke alamat mereka sesuai data yang tercatat di Lazada. Barang-barang tersebut akan diantarkan oleh jasa pengiriman yang sudah diajak bekerja sama oleh Lazada.

Anda sebagai konsumen juga bisa memantau sampai di mana barang tersebut berada. Apalagi jika posisi Anda berada di alamat cukup terpencil, sehingga pengiriman barang tidak menutup kemungkinan terkendala berbagai hal, mulai soal cuaca, transportasi, dan lain sebagainya.

Jasa pengiriman barang biasanya juga sudah menyertakan fitur yang fungsinya untuk mengetahui dan melacak barang yang dikirim. Dengan begitu, barang yang dikirim dan belum sampai ke alamat tujuan bisa diketahui posisinya dimana.

Pelacakan pengiriman bisa dilakukan oleh produsen, dalam hal ini pihak Lazada. Selain itu, konsumen juga bisa melakukannya karena barang tersebut sudah menjadi hak mereka untuk dimiliki.

***

Demikianlah beberapa tips yang perlu Anda ketahui mengenai berbelanja online di Lazada. Dengan mengetahui serta memperhatikan beberapa tips seperti yang ditulis di atas, Anda akan semakin paham tentang kemudahan dan kepraktisan saat berbelanja online.

Meskipun transaksi jual beli dilakukan jarak jauh, masih bisa dikatakan aman. Sementara pembayarannya memakai cara transfer, sehingga lebih mudah dan aman daripada membayar secara langsung. Dengan semua kemudahan itu, tidak heran jika masyarakat semakin menggandrungi belanja online, khususnya di Lazada.

Published inOnline Business

6 Comments

  1. rika nawang rika nawang

    Yang paling penting itu adalah keamanan dalam berbelanja…. jadi kita tenang saat memesanya.

    Link Komentar
  2. Saiful Anwari Saiful Anwari

    Cocok banget nih bagi yang sering belanja online kaya ane. Ane baru tau juga kalo lazada banyak kasih promo apalagi di ramadhan kaya gini.

    Link Komentar
  3. grosir parfum malang grosir parfum malang

    terimakasih atas informasinya, salam sukses :)

    Link Komentar
  4. Jaber Jaber

    Mau tau cara mendapatkan pulsa gratis dan dollar? kunjungi blog saya dan ikuti petunjuknya >>
    Semoga bermanfaat :D

    Link Komentar
  5. Vicky Laurentina Vicky Laurentina

    Bagian menyenangkan dari belanja di Lazada adalah packaging-nya selalu rapi dan menarik. Itu membayar kelebihan harga yang sudah kita berikan, mengingat varang-barang di Lazada umumnya seringkali lebih mahal 20% daripada barang yang sama dijual di online shop lain.

    Link Komentar
  6. Wky Barcelonista Wky Barcelonista

    belum pernah nih mas belanja online, tak pelajari dulu biar nanti nggak kena tipu pas lagi belanja online.. makasih mas…

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons