Skip to content

Tips Sukses Dalam Berbisnis Blog

Tak lagi dapat dipungkiri bahwa memang terdapat banyak cara mendapatkan uang dari internet. Nah, make money blogging adalah salah satunya. Jika ditelusuri lebih jauh, make money blogging atau upaya menghasilkan uang dari blog ternyata juga ada banyak caranya, apakah itu lewat program blog advertising, online (direct) sales atau pun melalui program afiliasi (indirect sales).

Setiap lini bisnis online dan make money blogging memiliki keunggulan masing-masing, dan setiap orang secara potensial dapat menuai sukses di dalamnya, asal mengetahui cara yang benar menjalankannya. 

FOKUS Adalah Kunci Sukses

Sukses itu relatif. Saya percaya setiap orang memiliki pengertian yang relatif berbeda tentang ukuran sebuah kesuksesan, termasuk dalam bisnis blog. Anda dan saya mungkin saja berbeda persepsi tentang arti kesuksesan di bisnis online ini.


Fokus dalam Bisnis
Fokus dalam Bisnis

Meski sulit dipungkiri bahwa sukses dalam berbisnis secara umum selalu diukur dari seberapa besar penghasilan yang kita peroleh, ada juga sejumlah orang yang justru menilai kesuksesannya bukan hanya semata dilihat dari berapa uang yang mereka dapatkan, tetapi juga berapa banyak waktu yang mereka sisakan untuk kehidupan pribadi dan keluarga.

Sebagaimana yang sering saya tulis, hal yang kita butuhkan untuk bisa sukses di bisnis online secara umum, maupun bisnis make money blogging secara khusus adalah FOKUS! Jika sudah memilih untuk menggeluti bisnis blogging, maka FOKUS-lah di bisnis ini sebelum mencoba lagi bisnis selanjutnya.

Dengan lebih FOKUS terhadap sebuah bisnis, Anda akan bisa mencurahkan segenap potensi terbaik Anda sehingga syarat-syarat untuk menuai kesuksesan akan bisa terpenuhi. Dengan fokus pada hanya sejumlah bisnis saja, saya yakin Anda akan punya lebih banyak waktu untuk bersantai di luar dari rutinitas bisnis.

Di luar semua itu, tentunya FOKUS akan sulit tercapai jika Anda tidak mencintai pekerjaan dan bisnis ini. Jadi, tentukan pilihan bisnis Anda, cintai dia dan FOKUS-lah mengembangkannya dan Anda (pasti) akan sukses!
 

Hambatan Adalah Sinyal Kesuksesan

Perlu diketahui pula bahwa ketika kita baru mulai mencoba sebuah jenis bisnis di ranah make money blogging, maka godaan demi godaan tak akan henti menghampiri kita. Godaan-godaan tersebut bisa saja bentuknya berupa keinginan untuk segera menyamai rekor pendapatan blogger senior yang sudah bisa dapat 4-5 digit dollar setiap bulan, dan karenanya ingin mencoba semua jenis “lahan” untuk make money blogging.

Godaan lain bisa juga karena hasrat terpendam untuk bisa membuktikan kepada dunia bahwa dirinya juga bisa punya penghasilan online. Dan tentunya masih banyak lagi jenis godaan yang ada. Ketidakpuasan, ketidaksabaran, ketidakuletan dan sejumlah perasaan negatif lainnya selalu menjadi awal mbalelo-nya seorang blogger pemula dalam menekuni bisnis ini.


Hambatan dalam Berbisnis
Ilustrasi Hambatan dalam Berbisnis

Belum lagi jika dihadapkan dengan sejumlah persoalan teknis yang menghambat proses blogging, misalnya blog deindex, akun adsense dibanned, paypal kena hack dan sebagainya. Persoalan-persoalan teknis seperti ini adalah konsekuensi dari pilihan untuk menekuni bisnis online, dan pasti akan selalu ada. Jika hanya dengan kendala-kendala seperti ini lantas nyali ngeblog kita menjadi ciut, maka bersiaplah untuk GAGAL!

Memulai bisnis blog berarti Anda harus SIAP menghadapi segala hambatan dan rintangan yang (sudah pasti) selalu ada. Tanpa rintangan dan hambatan, Anda tidak akan akan lebih baik dari sebelumnya.

Business Plan Itu Wajib


Ilustrasi Business Plan
Ilustrasi Business Plan

Bisnis online pada dasarnya sama saja dengan bisnis offline. Sebagaimana menjalankan bisnis di dunia nyata, bisnis online juga membutuhkan semacam rencana bisnis yang matang (business plan). Tanpa business plan, sebuah bisnis akan sulit dikendalikan dan diarahkan untuk ‘segera’ mencapai kesuksesan.

Mereka yang mulai berbisnis blog dan make money blogging dengan tanpa rencana dan target tentunya akan sulit menjawab ketika ditanyakan mau dikemanakan nantinya blog yang mereka miliki, apa saja program make money blogging yang akan mereka gunakan di blognya, dan apa targetnya setelah 3 bulan ke depan misalnya. Nah, bagaimana dengan Anda?

Sejumlah pebisnis blog senior ketika ditanyakan tentang bisnisnya akan bisa menjelaskan secara panjang lebar apa dan bagaimana yang mereka kerjakan saat ini, dan bagaimana rencana selanjutnya. Itulah pebisnis!

Menjadi profesional blogger itu sama saja dengan menjadi PEBISNIS! Jika seorang pebisnis tidak mengenali bisnisnya sendiri, maka yakin saja bisnis yang digelutinya akan segera TAMAT!

Pertanyaannya adalah, bagaimana kira-kira bentuk dari business plan ngeblog itu? Nggak usah ribet, yang kita butuhkan adalah setidaknya ada penjelasan atas faktor 5W + 1 H (What, Why, Who, When, Where dan How).

Disamping itu, hal yang tak kalah pentingnya adalah bahwa memilih untuk terjun ke bisnis blog harus didahului dengan mencari tahu bagaimana sih bentuk bisnis blog itu sendiri. Jangan sampai Anda mengivestasikan banyak modal, tenaga dan sumber daya lainnya, lalu memulai berbisis blog hanya karena ingin COBA-COBA, atau karena melihat orang lain sudah sukses dalam bisnis blog. Ini akibatnya bisa FATAL.

Jika pengetahuan Anda seputar bisnis online dan make money blogging sudah memadai, maka akan menjadi mudah menyusun sebuah business plan untuk bisnis blogging ini.
 

Menghasilkan Uang dari Blog

Sejumlah tulisan saya baik di blog Astaqauliyah.com maupun di blog ini beberapa kali membahas seputar bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Tapi saya akan kembali mengulas secara ringkas pada postingan ini.

Secara umum, cara mendapatkan uang dari blog dapat kita bagi ke dalam 4 macam, yaitu:

  • Blog advertising – baca di sini untuk penjelasan tentang program blog advertising.
  • Online sales
  • Affiliate program
  • Blog selling

Pada kenyataannya, tidak semua poin-poin sumber penghasilan blog di atas bisa maksimal kita capai jika tidak disertai dengan sumber daya yang memadai. Selain itu, sekali lagi, pada level ini kembali dibutuhkan FOKUS dan business plan yang tepat, yang disesuaikan dengan kondisi sumber daya kita sendiri.

Penjelasan seputar program online sales dan affiliate program akan kami tampilkan pada postingan berikutnya, jadi silahkan berlangganan artikel dari AsriTadda.com dengan mendaftarkan email Anda di sini. GRATIS!

Fokus adalah Kunci Sukses dalam Bisnis Anda
SEKALI LAGI, Fokus adalah Kunci Sukses dalam Bisnis Anda

Tidak disalahkan menekuni semua cabang dan sumber penghasilan dalam bisnis blog, asalkan kita mampu mengelolanya dengan optimal. Tetapi jika sumber daya kita pas-pasan lalu kita menjalankan sejumlah program dalam bisnis blog ini, maka sedikit kesalahan teknis saja bisa sangat membahayakan kelangsungan bisnis secara keseluruhan.

Jika memang hanya ingin fokus langsung di bidang online sales, semisal membuka bisnis toko online, maka sebaiknya Anda memang benar-benar 99% – 100% memaksimalkan potensi toko online Anda sehingga target suksesnya bisa tercapai.

Begitu pula dengan bidang lainnya. Hindari untuk menjadi maruk dengan aneka sumber penghasilan bisnis blog tetapi masing-masing tidak memberikan pendapatan yang besar.

Bukankah lebih baik mengerjakan sebuah bisnis dengan penghasilan besar daripada mengelola banyak bisnis tetapi dengan penghasilan yang kecil?

Nah, bagaimana dengan Anda?
Sejauh mana bisnis blog Anda saat ini? Apa target Anda selanjutnya? Saya tunggu komentar Anda di bawah ini!

Published inBisnis BlogBlogging TipsOnline Business

42 Comments

  1. Mas Kacung Mas Kacung

    terima kasih atas info nya gan ^^
    kunjungi juga ya

    Link Komentar
  2. deltorro deltorro

    Assalamu’alaikum Wr. Wb

    Mas Asri, Saudaraku yang baik hatinya.

    Terima kasih mas, artikel anda sangat inspiratif, sehingga saya termotivasi lagi dimana sebelumnya motivasi itu melemah beberapa hari lalu.

    Mas Asri, izinkan saya utk share ttg hal yang saya alami….

    Saya seseorang yang baru saja memutuskan untuk fokus di dunia blogging.
    Setelah membaca artikel anda, keinginan saya untuk jadi seorang blogger menjadi lebih kuat, karena sebagai blogger pemula banyak sekali kendala yang saya temui, bahkan permasalahan serta kesulitan yang saya jumpai hampir memusnahkan semangat saya.

    Dasar saya memutuskan untuk fokus di dunia blogging adalah kepercayaan diri saya dan kemampuan yang saya miliki. Saya tidak perduli dengan penilaian negatif orang lain tentang kemampuan saya, itulah salah satu keampuhan dari kepercayaan diri yang saya miliki. Tetapi secara positif, menurut saya, penilaian orang lain itu merupakan penunjuk jalan kita kearah kesuksesan.

    Saya sangat butuh saran, masukan dan arahan dari para senior di dunia blogger dan salah satunya adalah Anda “Asri Tadda”…

    Semoga di ruang ini kita bisa berkenalan dan bersilaturahmi untuk menjalian persaudaraan sesama hamba Allah….amiin

    Sekali lagi terima kasih Mas Asri, mohon maaf jika ada kata2 saya yang kurang berkenan..sukses selalu untuk Anda…

    Regards,
    delToRRo

    Link Komentar
  3. Fanny Fanny

    Saya ingin sekali menghasilkan uang dri blogging, tpi kok saya merasa takut ya?

    Link Komentar
  4. Bang Ali Bang Ali

    Saya pribadi sedang menuju ke arah sana bang. Belajar mendalami blogging sedikit demi sedikit untuk bisa menghasilkan sesuatu dari padanya. Terimakasih banyak atas tipsnya, *merasa terbantu.

    Link Komentar
  5. Steve Steve

    Hai all, ada promo baru nih dengan bayaran lumayan, cukup posting atau tulis review Anda akan mendapat bayaran tanpa batasan. Semakin banyak Anda posting atau menulis review maka semakin besar bayaran yang Anda terima. Untuk informasi lebih lanjut silahkan cek link ini ya guys:

    Link Komentar
  6. Andi Alfian Andi Alfian

    Bagaimana memulai bisnis blog.?.?
    Mohin bantuannya…

    Link Komentar
  7. Tips Sukses Dalam Berbisnis Blog – TAWANGMANGU CITER

    Tips Sukses Dalam Berbisnis Blog

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons