Skip to content

Waspadai Cara Hack Akun Paypal Terbaru

Anda pasti tahu Paypal, bukan? Nah, ketika zaman bermain paid links masih ramai beberapa tahun silam, memiliki Paypal bagi seorang blogger adalah sebuah keharusan, terutama akun Paypal verified.

Paypal Metode Pembayaran Online

Paypal memang menawarkan kemudahan dalam bertransaksi online, menerima atau mengirim uang secara online tanpa ribet. Cukup dengan hanya alamat email sebagai tujuan pembayaran dan seketika itu juga dana sudah bisa dikirim atau diterima.

Karena kemudahan dan beragam fasilitasnya inilah membuat Paypal menjadi metode pembayaran paling banyak digunakan saat ini. Berdasarkan data Statistica 2016, jumlah akun pengguna Paypal yang aktif telah mencapai 184 juta.

Tabel Jumlah Pengguna Paypal 2016

Selain Paypal, metode pembayaran online lainnya yang masih bertahan hingga saat ini adalah seperti AlertPay, Liberty Reserve, Kagi, dan Moneybookers. Hanya saja, Paypal rupanya memang masih menjadi primadonanya.

Tips Agar Akun Paypal Sulit Dihack Orang Lain

Kejadian dimana akun Paypal diretas (hacked) oleh pihak lain bukanlah hal yang jarang terjadi. Tercatat ribuan akun Paypal dihack oleh pihak ketiga beberapa tahun terakhir. Saya sendiri pernah mengalami hal ini, dan Alhamdulillah masih bisa recovered.

Pada prinsipnya keamanan akun Paypal terletak pada alamat email yang didaftarkan. Sebuah akun Paypal bisa dihack apabila memenuhi salah satu kondisi berikut:

  • Alamat email dan password email yang digunakan di akun Paypal diketahui oleh pihak lain.
  • Alamat email dan password akun Paypal diketahui oleh pihak lain.

Jadi jika Anda sebagai pengguna Paypal bisa mengamankan 2 hal di atas, Insya Allah akun Paypalnya akan aman dan sulit diretas.

Jadi, untuk menghindari akun Paypal dihack oleh pihak lain, beberapa saran berikut ini mungkin bisa membantu:

  1. Jangan gunakan password email sebagai password akun Paypal Anda, dan sebaliknya. Hal ini sering terjadi khususnya bagi para pemula yang belum pernah mengalami insiden peretasan.
  2. Pastikan password email dan akun Paypal Anda memiliki keunikan dengan skor keamanan tertinggi; mengandung huruf kapital, non-kapital, angka dan karakter spesial.
  3. Jangan sembarangan mengunjungi link recovery atau meng-klik tombol update account atau instruksi lain selain yang dikirimkan oleh email resmi Paypal. Pada kasus ini biasanya menjadi asal muasal sebuah akun Paypal dihack.

Cara Hack Akun Paypal Melalui Email

Hari ini saya sedikit terkejut dengan masuknya sebuah email pada kotak inbox dengan nama pengirim [email protected]. Judul emailnya pun mencengangkan: “Reminder: Your Account Is On Hold“.

Spontan perhatian saya tertuju pada email tersebut. Pertama, karena nama pengirimnya ([email protected]) merupakan official email dari Paypal yang selalu digunakan untuk mengirimkan notifikasi kepada setiap penggunanya.

Yang kedua tentunya kepada judul email tersebut (Reminder: Your Account Is On Hold) karena beberapa hari sebelumnya saya memang melakukan verifikasi ulang untuk sebuah akun Paypal bisnis yang sudah lebih 6 tahun digunakan. Nah, ketika email tersebut saya buka, muncullah beragam kecurigaan yang mendasari saya membuat postingan ini.

Paypal Pishing Email

Sekilas secara keseluruhan tampilan email ini tidak biasanya saya lihat, berbeda dengan email yang seringkali dikirim oleh Paypal. Beberapa poin yang menjadi perhatian adalah:

Alamat Email Pengirim

Alamat email pengirim yang bernama [email protected] ternyata adalah [email protected] Ini bukanlah alamat email dari paypal.com, tetapi dari domain paypai.com. Sekilas memang kelihatan mirip, apalagi untuk mereka yang masih sangat awam dengan Paypal.

Konten Email yang Dikirimkan

Untuk pengguna aktif Paypal yang sudah bertahun-tahun menggunakan layanan ini, konten email seperti di atas sebenarnya sudah bisa ditebak sebagai sebuah upaya penipuan. Paypal tidak pernah mengirimkan email dengan struktur kalimat dan penggunaan bahasa seperti itu. Jadi cukup jelas ini adalah pishing.

Phishing is the attempt to acquire sensitive information such as usernames, passwords, and credit card details (and sometimes, indirectly, money), often for malicious reasons, by masquerading as a trustworthy entity in an electronic communication. (Wikipedia)

Tombol “Update Your Account”

Selanjutnya adalah adanya tombol berwarna biru pada bagian bawah email dengan tulisan “Update Your Account“. Tombol ini sebenarnya tidak persis sama dengan tombol Paypal yang resmi, jadi cukup mudah dibedakan.

Yang paling berbahaya adalah jika kursor diarahkan ke tombol tersebut, link yang dituju adalah http://techihuahua.org.mx/account-updating-information/, bukan ke website Paypal dimana akun berada. Jelas ini adalah modus pencurian akun Paypal. Saya mencoba membuka link tersebut dan berikut adalah tampilannya:

Halaman Palsu Login Paypal

Untuk pengguna Paypal yang benar-benar masih awam, atau baru mendapatkan email seperti ini, tentu halaman seperti di atas tidaklah terlalu mencurigakan karena memang mirip dengan halaman login Paypal yang biasa digunakan.

Padahal jika lebih awas, tampak begitu jelas alamat website yang digunakan bukanlah www.paypal.com, tetapi domain lain (techihuahua.org.mx) yang digunakan oleh pihak ketiga (hacker) untuk mendapatkan data alamat email dan password Paypal Anda.

Nah, jika seorang pengguna Paypal tidak menyadari bahwa ini adalah bentuk penipuan, kemudian memasukkan alamat email dan password Paypalnya, maka data yang dimasukkan tersebut akan tersimpan dalam database sang hacker dan akan digunakan untuk meretas akun Paypal dengan sangat mulus.

***

Inilah cara hack akun Paypal yang seringkali digunakan oleh para hacker dan menyasar pengguna Paypal yang masih baru bergabung atau tidak awas dengan email-email pishing yang seringkali dikirim oleh pihak hacker.

Waspadalah! Jangan sembarangan meng-klik link yang dikirimkan melalui email atau mengisi data akun Paypal Anda kecuali Anda yakin 100% bahwa situs yang Anda buka beralamat di https://www.paypal.com, bukan situs dengan alamat domain yang berbeda!

Semoga bermanfaat!

Published inOnline Business

9 Comments

  1. Ridwan Rismanto Ridwan Rismanto

    Sering banget masuk inbox email saya yg mengatasnamakan dari service paypal, saya klik link eh di blok sama anti virus pc saya, itu mungkin link phising utk memancing email dan password paypal.

    Link Komentar
  2. Juhro Juhro

    Wah terima kasih artikelnya, kebetulan saya pengguna baru akun Paypal, waspada mode on he he he :cool

    Link Komentar
  3. Dwi sugiarto Dwi sugiarto

    Wah sebagai pengguna new entri PayPal saya harus waspada nih karena hacker lebih pintar mengelabuhi calon korbannya seperti kejadian diatas jika dilihat sekilas kelihatannya mirip situs payapal resmi padahal bukan

    Link Komentar
  4. Ira luliyanti ningsih Ira luliyanti ningsih

    Mas saya msh blm paham apa itu paypal mohon penjelasannya krn baru2 aja saya di whatsapp sma seseorg dan menagih janji utk mengembalikan uang yg sdh dia pinjamkan atas nama saya mas tp rekening bukan punya saya mas

    Link Komentar
  5. Wadiyo Wadiyo

    ternyata seperti itu ya Mas. terima kasih informasinya.
    untuk email, apakah menggunakan yang non-free tetap bisa di hack ya?
    thanks

    Link Komentar
  6. Sl Blogger Sl Blogger

    ternyata masih saja ada orang yang nakal untuk merugikan orang lain..wajib waspada..terimakasih atas infomnya njeh. Salam kenal dan sukses selalu.

    Link Komentar
  7. DoNurdians DoNurdians

    hampir saja saya juga kena hack. namun paypal juga bisa bersahabat dengan nasabahnya. jadi setiap kecurigaan bisa teratasi

    makasih banyak atas sharenya mas

    Link Komentar
  8. Andi Wahyudi Andi Wahyudi

    Pencurian akun paypal memang sangat merugikan sekali bagi pemiliknya. Untunglah saya tidak pernah dihack seperti itu. Yang penting adalah bagaimana cara kita mengamankan akun email terlebih dahulu. Karena email adalah kunci untuk membuka akun-akun yang lain.

    Link Komentar
  9. priyatamil priyatamil

    Great articles, first of all Thanks for writing such lovely Post! Earlier I thought that posts are the only most important thing on any blog. But here at Shoutmeloud I found how important other elements are for your blog.Keep update more posts..

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons