Skip to content

Waspadai Penipuan Translator Jobs di RealTranslatorJobs.com

Postingan kali ini adalah tentang website RealTranslatorJobs.com. Saya akhirnya memutuskan menulis hal ini setelah seorang kawan lama (sebut saja Anno — bukan nama sebenarnya) meminta saya untuk melihat-lihat “member area” miliknya sebelum dia memulai pekerjaan barunya sebagai translator.

Anno ternyata sudah bergabung sebagai member dengan membayar sejumlah uang sebagai syaratnya. Hanya saja, ketika sudah login ke member area RealTranslatorJobs.com, beliau sulit menemukan “translator jobs” yang ditawarkan menurut iklan mereka.

RealTransaltorJobs.com Homepage
RealTransaltorJobs.com Homepage

Nah, berdasarkan iklan yang ditayangkan, RealTranslatorJobs.com menawarkan pekerjaan translate yang benar-benar “real” dengan potensi penghasilan hingga $50.000 US per minggu. Sungguh mencengangkan sekaligus sangat menggiurkan, bukan?

:recsel

Sesaat ketika Mas Anno menelepon dan menceritakan soal website lowongan kerja translator ini, saya sebenarnya sudah mulai berpikir ini pasti ada masalahnya. Hemat saya, website profesional yang menawarkan pekerjaan secara online seharusnya TIDAK MEMUNGUT BIAYA APAPUN DI MUKA.

Jadi kalau ada website yang menawarkan iming-iming penghasilan ratusan juta per bulan dan untuk bisa menjadi member kita harus membayar biaya pendaftaran, sebaiknya pelajari baik-baik dulu sebelum memutuskan membayar mereka. Idealnya, sebelum kita bekerja, tidak boleh ada sepeser pun uang harus keluar untuk tempat kerja kita tersebut.

OK, kembali ke soal website RealTranslatorJobs.com ini. Singkat kata Mas Anno mengirimkan username dan passwordnya supaya saya bisa login dan mempelajari bagaimana dan di mana sebenarnya job translator yang ditawarkan. Dan akhirnya saya login dan menemukan ini pada member area:

RealTransaltorJobs.com Member Area
RealTransaltorJobs.com Member Area

Seperti dugaan saya selama ini, website RealTransaltorJobs.com sebenarnya TIDAK MENAWARKAN PEKERJAAN SEBAGAI TRANSLATOR, tetapi hanya menyediakan beberapa tools bisnis online dan database website yang membutuhkan jasa translator berbagai bahasa di dunia.

Khusus untuk SPECIAL OFFERS bagi para membernya, RealTransaltorJobs.com malah kembali menawarkan “iklan pekerjaan online” yang lain berupa SURVEY ONLINE BERBAYAR (Paid Survey), PEKERJAAN SEBAGAI PENULIS LEPAS (Real Writing Jobs) dan WEBSITE GRATIS (Free Website) yang diklaim bernilai $1995 padahal hanya shared hosting limited space dan berbatas waktu.

Dan ternyata semua tawaran ini tidak gratis saudara-saudara!

Saya memastikan, jika Mas Anno juga mendaftar pada 2 layanan lainnya yang ditawarkan (paid surveys dan writing jobs), pasti akan menemui masalah yang sama: “MANA PEKERJAAN YANG DITAWARKAN? Kok tidak seperti yang diiklankan?” Dan sebagainya.

Satu-satunya informasi yang bisa bernilai dari member area website RealTransaltorJobs.com adalah database website yang menerima atau membutuhkan jasa translator. Sedikitnya ada 100 alamat website yang terdaftar di sini beserta link yang bisa diklik langsung menuju website tersebut. (Klik di sini untuk melihat list selengkapnya).

Hanya saja, setelah saya menelusuri informasi yang lebih banyak seputar website RealTransaltorJobs.com, banyak yang menyatakan bahwa sebagian besar list website yang ada dalam database itu sudah tidak aktif lagi dan tidak memberikan respon ketika dihubungi oleh calon translator. (Baca review asli di sini).

Nah, jika demikian apa yang sebenarnya bisa didapatkan dari keanggotaan di website RealTransaltorJobs.com? Jawabannya adalah: pengalaman!

Iya, pengalaman adalah guru yang paling berharga untuk kita. Dengan berani mencoba sesuatu yang baru berarti kita telah membuka sebuah pintu ilmu yang baru pula.

Mas Anno dengan motivasinya untuk mencari pekerjaan online dengan spesialisasi sebagai translator Inggris – Indonesia dan sebaliknya, telah mencoba sesuatu yang baru.

Menurut saya, itu bukan sebuah kerugian. Ini malah bisa menjadi motivasi tersendiri untuk setidaknya tidak terlalu gegabah dan mudah terhasut oleh iklan online yang menawarkan penghasilan secara mudah dan instan di masa-masa mendatang.

:2thumbup

Tetapi jika Mas Anno mau sedikit berusan dengan pihak ClickBank, sebenarnya pembayaran membership ke website RealTransaltorJobs.com bisa minta direfund asalkan ada bukti dan memenuhi syarat refund policy mereka.

Kejadian seperti yang Mas Anno alami sebenarnya seringkali dialami oleh orang lain yang juga belum mengerti benar bagaimana membedakan layanan online yang bisa dipercaya dan mana yang tidak, mana yang scam dan mana yang legit.

Jika iklan RealTransaltorJobs.com begitu banyak ditayangkan setiap hari, maka dapat dipastikan bahwa setiap hari puluhan atau bahkan ratusan orang juga menjadi “Mas Anno” berikutnya. Bukan hanya di Indonesia, tetapi di negara lainnya pun demikian karena website RealTransaltorJobs.com ini dipromosikan hampir di setiap negara!

Demikianlah dunia internet, penuh dengan kemerdekaan. Setiap orang berhak untuk membuat bisnis online dengan model bagaimanapun, mau menipu atau tidak, atau hanya setengah menipu, semuanya bebas merdeka.

Pada akhirnya kitalah, para pengguna internet, yang seharusnya lebih mawas diri dan waspada terhadap segala bentuk penawaran bisnis yang datang. Pelajari seksama, cari status dan profil websitenya di Google, tanyakan kepada rekan-rekan yang sudah sering online terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk MEMBELI dan menjadi MEMBER.

Lowongan Kerja Translator Indonesia – English

Sebenarnya pekerjaan sebagai translator cukup menarik dan unik karena tidak semua orang bisa melakukannya. Hanya mereka yang menguasai minimal 2 bahasa yang bisa memerankannya.

Di internet, jika jeli mencari, lowongan kerja sebagai translator berbagai bahasa, termasuk dari Indonesia ke bahasa Inggris lumayan banyak. Hanya saja masih kalah populer dibandingkan dengan website fake sebagaimana halnya RealTransaltorJobs.com di atas.

Ketika sedang browsing tentang RealTranslatorJobs.com, saya menemukan sebuah website yang didedikasikan untuk para translator yang sedang mencari job atau project translation, yaitu TranslationDirectory.com. Khusus untuk job translate dari Bahasa Indonesia ke English, bisa langsung klik di sini.

Job translator Bahasa Indonesia ke bahasa Inggris yang lain bisa ditemukan di website berikut ini:

Dan masih banyak lagi website lain yang menawarkan pekerjaan sebagai translator berbagai bahasa.

Satu hal yang penting Anda pastikan, jangan pernah membayar sepeser pun ketika Anda belum mengerjakan apa-apa, atau belum mendapatkan job yang diinginkan. Bahkan ketika sudah bekerja pun, sebaiknya pastikan Anda tidak harus membayar apa-apa lagi. :)

Semoga bermanfaat!

Published inOnline Business

33 Comments

  1. odi odi

    Tapi di translationrdirectroy knp minta bayaran juga mas, klw ga salah baca 8 dolar tiap bulan pertahunnya

    Link Komentar
    • Asri Tadda Asri Tadda

      Saya sih prinsipnya kalau harus bayar membership biasanya langsung kabuuur :)

      Link Komentar
  2. Andy Andy

    Untung baca info kalo ngak jadijuga ,web real translator sangat menjanjikan ternyata tipu, makasih gan

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons