Skip to content

Wawancara dengan Harian Jurnal Nasional (Jurnas)

Pada tanggal 21 Mei lalu, saya dihubungi via email oleh Viend, salah seorang wartawan Harian Jurnal Nasional (Jurnas) Jakarta. Beliau menyodorkan 14 buah pertanyaan tertulis sebagai bahan wawancara. Berikut ini cuplikannya:

Sejak kapan Anda mulai menyukai dunia bisnis?
Saya menyukai dunia bisnis sejak akhir tahun 2005, saat itu saya masih aktif kuliah

Bisnis pertama kali yang Anda geluti apa?
Bisnis yang pertama kali saya geluti adalah bisnis online, kemudian ini berkembang dan membantu saya menjalankan beberapa bisnis offline

Mengapa akhirnya memilih bisnis online ini?
Bisnis online memang telah menjadi hobi saya sejak lama. Saya mengenal bisnis ini pada akhir tahun 2005, sekitar 2 tahun sebelumnya saya mengenal penggunaan internet sebagai tempat mencari informasi.

Pada tahun 2004-2005, saya rajin menulis opini di beberapa koran lokal, sekaligus untuk mengumpulkan uang saku dari fee yang saya terima. Nah, untuk memenuhi data-data dan informasi tambahan saya ketika akan menulis opini, saya mengunjungi warung internet dan berselancar ke berbagai situs.

Perkenalan saya dengan bisnis online blog advertising bermula dari kesibukan saya mencari informasi untuk menulis opini.

Saya akhirnya mengenal betapa bisnis blog advertising ternyata bisa memberikan penghasilan nyata yang pada mulanya saya sendiri sangat meragukan.

Nah, pada awal tahun 2006 hingga sekarang, saya kemudian menggeluti dunia blogging dan membuat sebanyak mungkin blog komersil dengan berbagai topik, dan sebagian besar diantaranya berbahasa Inggris dan dikelola dengan modal yang sangat kecil. Boleh dibilang saya sebenarnya tidak mengeluarkan modal untuk menjalankan bisnis ini pada mulanya.

Saya memilih untuk fokus di bisnis online karena penuh dengan tantangan dan peluang yang potensial. Sebagai perbandingan, industri internet di Asia belumlah segemerlap di Eropa, sehingga saya yakin perkembangannya juga akan menuju pada perjalanan dunia bisnis online seperti halnya yang sudah terjadi di Eropa. Ini adalah peluang yang sangat potensial, terutama jika kita bisa menjemputnya dengan persiapan yang matang.

Apa yang menginspirasi Anda dalam bisnis ini?
Saya sangat terinspiratif dari sejumlah kisah sukses anak-anak muda di USA dan UK yang pada usia yang masih sangat belia sudah menghasilkan uang hingga miliaran dari aktivitas berbisnis online.

Saya juga sangat termotivasi oleh pengalaman nyata beberapa blogger luar negeri yang secara gamblang menceritakan berapa penghasilan mereka dari blogging, padahal mereka bukanlah ahli design atau pernah punya pengalaman bekerja dengan internet sebelumnya. Saya tertantang untuk membuktikan bahwa bisnis blog advertising bisa juga diperankan secara sukses oleh anak-anak muda lokal Indonesia

Bacground Anda kedokteran mengapa memilih bisnis di internet? Apa menariknya?
Saya memang calon dokter, bahkan ketika memulai bisnis blog advertising, saya sedang sibuk dengan rutinitas pendidikan profesi di rumah sakit.

Tapi memang internet memberikan saya sejumlah poin-poin tantangan, terutama untuk membuktikan kepada masyarakat luas bahwa informasi yang mereka dapatkan selama ini bahwa internet bisa menjadi ladang bisnis yang menggiurkan adalah memang BENAR.

Saya terdorong untuk menunjukkan kepada generasi muda lainnya bahwa kita bisa menghasilkan sesuatu yang nyata, baik berupa penghasilan maupun pengalaman yang berharga dari internet.

Bisnis internet juga menarik karena selalu menyajikan perubahan yang cepat, di mana ada banyak peluang setiap waktu yang bisa kita jadikan sebagai celah untuk berbisnis. Di internet, kita bisa menjual atau membeli apa saja!

Anda belajar berbisnis dari mana?
Saya belajar otodidak, tanpa ada pembimbing khusus. Yang menjadi acuan saya adalah informasi-informasi tentang bisnis online yang tersedia banyak di internet.

Apa yang Anda terapkan dalam bisnis ini hingga bisa berkembang?
Saya selalu bekerja dengan penuh keyakinan, optimis dan selalu berpikiran positif dengan trend bisnis online dari waktu ke waktu. Mungkin hal-hal itu yang membuat bisnis yang saya geluti tetap berkembang.

Saya juga menekankan untuk selalu membuat hal-hal baru dalam layanan bisnis online yang saya kelola saat ini sehingga kompetisi bisa saya kuasai.

Bagaimana Anda bersaing dengan para kompetitor?
Untuk bersaing dengan kompetitor, saya mengedepankan kualitas kerja dan kepercayaan dengan client. Ada banyak jenis bisnis online tersedia di Internet, tetapi tidak semua mereka memberikan hasil yang memuaskan, terlebih ketika berbicara soal kualitas.

Menjaga kepercayaan client global menjadi keharusan bagi saya karena begitu kepercayaan mereka tumbuh, maka loyalitas bisnis pun juga akan bersemi. Selain itu, dengan seringkali melakukan evaluasi dan inovasi atas layanan bisnis online saat ini saya kira memberikan dampak signifikan dalam mempertahankan branding bisnis saya

Bagaimana Anda melakukan inovasi?
Inovasi terjadi terus menerus, karena menjadi keharusan untuk bisa bersaing dengan kompetisi global. Setiap hari ada jutaan situs baru muncul di internet dan sejumlah bisnis juga lahir mengglobal.

Nah, inovasi yang saya lakukan adalah dengan menyediakan berbagai layanan yang belum pernah ada sebelumnya, sebagian diantaranya merupakan penyempurnaan dari layanan bisnis online yang sudah ada sebelumnya.

Saat ini bisnis onlinenya apa saja?
Semua bisnis online dan offline saya saat ini berada dalam naungan holding company AstaMedia Group. Kami mengelola bisnis online dan bisnis offline.

Berapa pertama kali modal dari bisnis online ini? Omzetnya sekarang?
Sebagaimana saya sudah jelaskan sebelumnya, sebenarnya hampir tidak ada modal awal yang saya butuhkan untuk membuat beragam bisnis online saat ini.

Ketika memulai bisnis blog advertising pada awal 2006, saya hanya mengandalkan blog dari hosting gratisan. Pendapatan dari sejumlah blog gratisan inilah yang kemudian menjadi modal bagi saya untuk mengembangkan bisnis online dan offline seperti saat ini. Omzet sangat fluktuatif, tetapi dapat mencapai 400-500 juta per bulan.

Bisnis ini pasarnya siapa saja?
Pasar bisnis online yang kami kelola terbagi atas dua segmen, yaitu untuk segmen luar negeri (global) dan dalam negeri (lokal). Sebagian besar mitra client kami adalah direct advertiser (pengiklan langsung) maupun agen (perantara) dari luar negeri.

Di dalam negeri, kami menargetkan para pengguna internet awam yang masih mencari tahu tentang peluang berbisnis online bisa sekolah di AstaMedia Blogging School. Selain itu, untuk layanan blog advertising lokal (Jubelink), kami menyasar para pengiklan lokal pula.

Apa yang menjadi kendala dan tantangan Anda?
Yang menjadi kendala adalah penguasaan bahasa Inggris yang belum 100% fasih. Tantangan saya adalah menjadikan AstaMedia Group sebagai one stop online marketing company berpusat di Indonesia yang terkenal secara global

Bisa berikan tips dari anda untuk para pemula?
Tips untuk pemula: Jangan suka menunda ketika akan memulai usaha, lakukan saja dan serahkan hasilnya berdasarkan kemampuan, usaha dan tawakkal kita. Jangan pernah mengabaikan peluang sekecil apapun, karena boleh jadi itu adalah pintu rejeki kita. Selain itu, selalu yakin usaha sampai!

bisnis online
Published inEnterpreneurshipInspirationOnline Business

5 Comments

  1. Ternyata bisnis blogging merupakan bisnis yang real meskipun bersentuhan dengan dunia maya. Sukses buat kanda Asri.. berharap bisa sukses juga di bidang ini.

    Link Komentar
  2. suhendar suhendar

    assalamualaikum pak, saya tinggal di tangerang banten, kalau di tempat saya atau dekat tempat saya, belajar seperti di astamedia dimana? ada tidak lembaga seperti asta media di daerah saya?mohon saranya. saya bingin belajar cari uang lewat internet. trimakasih wassalamualaikum

    Link Komentar
  3. You completed certain good points there. I did a search on the subject and found a good number of folks will agree with your blog.

    Link Komentar
  4. Ecy Ecy

    Kalau menurut Kak Asri, online business apa yang menghasilkan dollar paling banyak?

    dan bagi yang pemula, Online Business apa yang paling cocok ditekuni?

    kebetulan, saya juga punya blog tapi nggak tau harus mulai dari mana untuk bisa make money blogging.

    mohon bimbingannya

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons