Skip to content

The Sawerigading Institute

The Sawerigading Institute (TSI) The Sawerigading Institute (TSI) adalah lembaga studi independen yang fokus pada upaya pengkajian, penelitian dan pengembangan setiap potensi pembangunan di seluruh wilayah Tana Luwu yang (saat ini) meliputi Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu Timur.

The Sawerigading Institute (TSI) berkeinginan menjadi pusat rujukan data, informasi dan wacana grand design pengembangan potensi Tana Luwu di masa depan. The Sawerigading Institute (TSI) akan menyelenggarakan berbagai program, antara lain:

Pengkajian

Diskusi rutin dan kajian-kajian dengan topik khusus dilaksanakan setiap bulan dengan mengangkat topik terkait dengan masalah di wilayah Tana Luwu dengan mengundang stakeholder terkait, akademisi/pakar di bidang terkait, media massa dan tokoh masyarakat/pemuda dari Tana Luwu.

Penelitian

Untuk mengidentifikasi berbagai masalah dan mencari solusinya dalam optimalisasi pelaksanaan pembangunan di Tana Luwu, The Sawerigading Institute (TSI) akan melaksanakan sejumlah penelitian yang disesuaikan dengan kebutuhan pengkajian kelembagaan, sekaligus mengevaluasi program pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah di wilayah Tana Luwu.

Penerbitan

Setiap akhir tahun berjalan The Sawerigading Institute (TSI) akan menerbitkan annual report yang berisi laporan hasil evaluasi pembangunan setiap daerah Kabupaten/Kota se Tana Luwu yang ditinjau dari berbagai bidang. Sawerigading Institute (TSI) juga akan menerbitkan buku grand design pembangunan Tana Luwu yang disarikan dari buah pikiran terbaik tokoh-tokoh masyarakat Tana Luwu dari berbagai latar belakang.

Dalam melaksanakan program-programnya, The Sawerigading Institute (TSI) dapat saja bekerja sama dengan berbagai pihak sepanjang masih sesuai dengan visi untuk kemajuan Tana Luwu.

***

Untuk informasi selanjutnya tentang The Sawerigading Institute (TSI) silahkan hubungi kami melalui email: [email protected]