Skip to content

Dari Seminar Enterpreneurship dan Creative Marketing

Bekerja sama dengan AstaMedia Group, perusahaan yang saya kembangkan, Pelangi Management – sebuah even organizer di Makassar hari ini (19/12) menggelar Seminar Enterpreneurship dan Creative Marketing yang menghadirkan Bung Ippho Santosa sebagai pembicara utama, selama 2 hari hingga besok (20/12).

Asri Tadda Membawakan Materi Seminar Enterpreneurship di Depan Mahasiswa
Asri Tadda Membawakan Materi Seminar Enterpreneurship di Depan Mahasiswa

Pada seminar hari pertama (19/12)yang digelar di Balai Sidang ’45 Makassar, saya juga diundang untuk mengisi materi pembuka seputar enterpreneurship di kalangan mahasiswa dan generasi muda.

Memang, berwirausaha (enterpreneurship) tengah mulai digandrungi oleh anak-anak muda saat ini, terutama mereka yang akhir-akhir ini banyak terpapar oleh informasi peluang bisnis atau bagaimana cara memulai bisnis tanpa modal besar, atau tanpa modal sama sekali.

Memiliki bisnis di usia muda memang menjadi dambaan setiap kita. Tidak satu pun dari kita yang tidak menghendaki penghasilan puluhan hingga ratusan juta rupiah di usia dua puluhan tahun, sesuatu yang masih sangat jarang kita temui di generasi muda Indonesia. Hanya persoalan besarnya adalah, bagaimana memulai proses itu.

Pertanyaan seperti bagaimana memulai bisnis yang menguntungkan, bagaimana mendapatkan modal awal, bagaimana mengembangkan ide bisnis yang kompetitif, memang masih menghiasi pemikiran sebagian besar (lebih dari 90%) anak-anak muda negeri ini.

Ippho Santosa, #1 Indonesia Creative Marketer membawakan materi seminar
Ippho Santosa, #1 Indonesia Creative Marketer membawakan materi seminar

Siapa yang harus merubah sudut pandang dan paradigma seperti ini? Apakah kampus dan perguruan tinggi yang kita jadikan sebagai lembaga pendidikan dambaan selama ini? Jawabannya BUKAN.

Yang mesti merubah semua ini adalah kita sendiri, para generasi muda! Bagaimana caranya? Mulailah dari sekarang. Mulailah dengan ide bisnis yang saat ini ada di kepala anda. Bagimana dengan perhitungan bisnis dan hal-hal lain yang mesti dipertimbangkan? Cuek saja!

Saya sendiri memulai bisnis internet marketing dan make money blogging (blog advertising) sejak 2 tahun lalu dengan tanpa modal sama sekali, dan tidak tahu tentang dunia IT dan web design karena jurusan saya adalah kedokteran. Tetapi karena nekad dan menjadikan pekerjaan ini sebagai sebuah hobby yang mengasyikkan, maka Alhamdulillah saya bisa eksis hingga saat ini.

Tindakan seperti inilah yang antara lain oleh Bung Ippho Santosa merupakan aplikasi dari otak kanan, karena konon mereka yang menjadi sukses dalam bisnis adalah yang menggunakan otak kanannya lebih dominan daripada otak kirinya. Bagaimana dengan anda?

bisnis online
Published inTips Bisnis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons