Stop Komentar Spam

Dampak Negatif Promosi Online dengan Komentar SPAM dan Cara Mengatasinya

Setelah mencoba menahan diri selama beberapa waktu terakhir, akhirnya saya putuskan untuk memposting soal komentar spam yang mulai menggila, khususnya dari salah satu pihak yang memiliki bisnis penjualan tiket pesawat terbang di tanah air.

Komentar Pada Blog

Komentar spam adalah komentar yang tidak diinginkan oleh pemilik blog untuk ditampilkan dan dibaca oleh pengunjung blognya karena berbagai pertimbangan. Biasanya, sebuah komentar dianggap spam apabila isinya dianggap tidak sesuai atau tidak relevan dengan konten blog yang ditampilkan.

Misalnya, postingan dengan judul 29 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, terus dikomentari dengan hal-hal yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan topik bisnis internet yang sudah dibahas.

Selain ketidaksesuaian topik dengan isi postingan, sebuah komentar akan dianggap spam apabila didalamnya mengandung konten berisi promosi secara langsung dengan menampilkan nama bisnis atau tautan (link) ke website bisnis sang komentator, tanpa menunjukkan kesesuaian dengan isi postingan yang dikomentari.

Komentar Spam dari Bisnis SellTiket.com

Komentar juga bisa saja dianggap spam apabila dibuat terlalu pendek dan dimuat hingga beberapa kali di blog yang sama, atau malah komentarnya panjang, berisi banyak topik yang tidak sesuai serta dipublish berulang kali di blog yang sama.

***

Komentar spam sebenarnya merupakan hal yang lumrah terjadi pada blog atau website yang menyediakan ruang komentar untuk para pembacanya. Apalagi jika proses moderasi komentarnya tidak diamankan dengan baik, yang pada akhirnya akan merepotkan pemilik blog yang bersangkutan.

Tujuan di balik komentar spam adalah meninggalkan jejak berupa link tautan ke website tertentu yang memungkinkan pembaca blog kita akan mengkliknya, atau crawler mesin pencari mengindex-nya. Jika tidak demikian, maka komentator spam hanya melakukan hal iseng belaka.

Promosi Online dengan Menyebar Komentar SPAM

Kita kembali ke soal komentar spam di blog ini. Meskipun saya akui bahwa tentunya akan menyita waktu untuk mengurusnya, setiap komentar di blog personal ini harus melalui proses moderasi. Setiap hari ada puluhan komentar baru yang masuk.

Nah, karena mungkin dianggap benefit untuk SEO, banyak pihak memanfaatkan celah berkomentar di blog ini dengan memasukkan berbagai komentar spam untuk keperluan bisnis online. Yang paling banyak adalah sejenis promosi online melalui komentar berisi link dan nama bisnis, dan pastinya tidak berkaitan dengan topik yang saya tulis.

Komentar Spam

Kasarnya, link atau tautan ke web bisnis komentator biasanya diletakkan dalam isi komentar. Karena itulah sejak 2 tahun terakhir saya menghilangkan fungsi menampilkan kode HTML dalam bentuk apapun pada kolom komentar di blog ini.

Soal apakah sebuah link pada komentar mengandung benefit untuk SEO, saya tidak bisa memberikan argumen yang pasti. Soalnya, praktek seperti ini sudah dilakukan jauh hari sebelum update Google Panda dan kemungkinan besar perubahan algoritma Google sudah menihilkan benefit dari link komentar.

Karena terus gencarnya praktek komentar spam, maka sudah banyak tools yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan blokade dan mengantisipasi munculnya komentar spam di blog kita. Mulai dari penggunaan berbagai macam plugins anti-spam, meniadakan kolom ‘URL Website‘ pada form komentar, hingga menghilangkan fungsi menampilkan kode HTML dalam komentar.

Stop Komentar Spam

Melakukan komentar spam bukanlah pilihan terbaik untuk mempromosikan bisnis. Masih ada banyak cara lain yang dianggap lebih efektif untuk mendongkrak rangking website dan kata kunci target bisnis Anda tanpa berkomentar spam. Waspadalah karena berkomentar spam malah bisa berakibat negatif untuk bisnis Anda!

Dampak Negatif Komentar Spam

Komentar spam bisa berakibat negatif pada kedua pihak, blogger dan komentator. Untuk pihak blogger seperti saya, komentar spam tentu akan menyita waktu untuk dimoderasi.

Selain itu, kebanyakan komentar spam yang tidak dimoderasi pada sebuah blog bisa mengakibatkan blog tersebut dianggap sebagai spam dan berisi junk links oleh mesin pencari. Akibatnya, rangking blog terhempas bebas karena menampilkan bagian komentar yang tidak relevan dan malah berisi banyak outgoing links.

Khusus bagi komentator spam, Anda akan meninggalkan kesan negatif sebagai spammer dan karena itu maka Anda menjadi musuh bersama dan harus diberantas!

Jika Anda sudah dibenci (seperti halnya pada kasus mengapa saya mengangkat artikel ini), maka pemilik blog bisa saja langsung mendaftarkan nama bisnis Anda, IP address yang Anda selalu gunakan, keyword Anda, URL website dan domain Anda ke dalam daftar blacklist.

Fitur Comment Blacklist di WordPress Untuk Menangkal Komentar Spam

Sekali Anda terdaftar dalam comment blacklist, maka selamanya Anda tidak akan bisa berkomentar untuk mempromosikan website dan keyword Anda. Padahal, jika Anda mau bijaksana dan tidak menyebarkan komentar spam seperti ini, Anda bisa saja menjadi komentator setia pada setiap artikel baru di blog ini.

Dengan memposting komentar yang bersih dan santun, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan benefit dari komentar Anda sendiri, yakni ditampilkannya nama bisnis Anda beserta URL websitenya pada kolom ‘Nama Anda’ dan ‘URL website’. Itu sudah lebih dari cukup untuk membangun brand bisnis Anda.

Karena itu, mulailah berkomentar yang baik. Jangan lagi melakukan spam!

Masih sangat banyak cara lain yang lebih elegan dan malah lebih efektif mendongkrak rangking keyword Anda di mesin pencari. Jika butuh bantuan atau saran profesional untuk menjadi nomor satu di Google, silahkan hubungi saya. 🙂

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...