Peluang Bisnis Online Paling Mudah dengan Metode Drop Shipping

Peluang Bisnis Online Paling Mudah dengan Metode Drop Shipping

Dewasa ini, banyak orang yang terus mencari bisnis online sebagai salah satu alternatif karena sulitnya mencari lapangan pekerjaan di dunia nyata.

Berbisnis online cukup diminati karena orang tidak perlu berangkat kerja ataupun keluar rumah saat ingin mulai berbisnis. Anda bisa memulai bisnis anda dari rumah, dari depan komputer anda.

Peluang Bisnis Online Paling Mudah dengan Metode Drop Shipping

Bisnis online juga banyak diminati karena anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak untuk memulai bisnis ini. Anda tidak perlu menyewa tempat dan juga menyewa karyawan terlalu banyak.

Walaupun sudah dianggap bisnis online yang mudah, anda tetap memerlukan persiapan-persiapan lain sebelum membuka sebuah toko online. Misalnya, anda membuat akun di media sosial untuk toko online anda, dan mencari banyak teman di akun tersebut sebagai pasar anda.

Anda tetap harus bekerja keras agar toko online anda dilirik pelanggan, bagaimanapun tidak ada bisnis online yang mudah dan tidak memerlukan kerja keras.

Bisnis Online Metode Drop Shipping

Jika memulai sebuah toko online dirasa masih cukup sulit dan memerlukan banyak persiapan, ada bisnis online yang mudah lainnya yang bisa anda coba dan juga masih berhubungan dengan toko online, yaitu drop shipping.

Bisnis Online Metode Drop Shipping

Secara umum, drop shipping atau dropshipping adalah kegiatan menjual produk milik orang lain, tetapi produk tersebut nantinya akan dikirimkan atas nama Anda sendiri, seolah-olah Andalah pemilik produk itu.

Sebagai dropshipper, Anda bisa saja diberi harga murah atau harga reseller oleh pihak pemilik produk sehingga bisa menentukan berapa keuntungan untuk Anda.

Cara Kerja Bisnis Online Sistem Drop Shipping

Hal yang harus anda lakukan adalah memasarkan produk tersebut lalu menunggu pembeli transfer pembayaran pada anda dan anda mentransfer pada supplier. Nantinya supplier akan langsung mengirim kepada pembeli dengan mengatasnamakan anda sebagai penjual.

Model Bisnis Dropship

Walaupun dapat dikatakan bisnis online yang mudah, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menjadi seorang dropshipper.

  • Pertama, pilihlah toko online yang sudah memiliki nama besar, sehingga anda tidak akan kesulitan untuk mencari pasar, keuntungan yang didapat juga relatif besar.
  • Kedua, pastikan anda telah memiliki layanan phone banking untuk memudahkan anda mengecek saldo ketika pembeli melakukan transfer dan mentransfer pada supplier. Dengan begitu proses transaksi akan lebih cepat.

Bisnis online dengan metode drop shipping memang menjadi salah satu alternatif bisnis online yang paling mudah dikerjakan.

Selain karena nyaris tanpa modal, bisnis ini juga minim resiko. Drop shipping juga bisa Anda kerjakan sebagai aktivitas selingan (part time job) sambil menjalankan pekerjaan rutin Anda sehari-hari.

Tips Sukses Berbisnis Drop Shipping

Hal yang penting dalam menjalankan bisnis online metode drop shipping adalah ketersediaan produk dengan harga paling murah untuk Anda.

Saat ini sudah banyak toko online besar yang menyediakan peluang bisnis drop shipping untuk produk-produk mereka, salah satunya adalah Tokopedia.com. Di Tokopedia Anda bisa mencari aneka produk dengan beragam kategori, dan tentunya dengan variasi harga, dari termurah hingga yang paling mahal.

Anda bisa memetakan target pasar yang akan Anda jadikan sasaran promosi. Jika sebelumnya Anda sudah memiliki komunitas atau jaringan pertemanan melalui media sosial misalnya, maka untuk promosi pun akan terasa sangat mudah.

Anda juga bisa mengoptimalkan penggunaan Blackberry Mesenger (BBM), Line atau Whatsapp di ponsel Anda untuk mempromosikan produk-produk yang akan Anda jual. Modalnya hanyalah gambar dan keterangan produk yang bisa Anda download dari situs Tokopedia.

Untuk soal harga, Anda leluasa memberikan margin profit tertentu untuk setiap produk. Anda bisa mematok keuntungan berapapun untuk produk yang Anda pasarkan, sepanjang harga jualnya tidak terlalu tinggi sehingga masih bisa terbeli konsumen.

Satu hal yang menjadi kunci sukses berbisnis online dengan model drop shipping adalah kecepatan layanan. Anda harus bisa memberikan informasi detil perihal produk (ukuran, warna, atau pilihan lainnya), juga harga jualnya (termasuk promo) dalam waktu yang singkat agar konsumen tidak lari ke toko online lain.

Selain itu, seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, ketersediaan fasilitas online banking untuk mengecek setiap transaksi secara real time menjadi syarat mutlak keberhasilan Anda menggaet konsumen lebih banyak.

Sebagaimana kita ketahui, setiap konsumen pastilah selalu menginginkan layanan cepat, ramah dan profesional. Konsumen ingin memastikan bahwa tempatnya berbelanja online sangat aman dan bebas penipuan.

Malahan, terkadang harga jual yang sedikit mahal bukan lagi jadi masalah sepanjang layanan konsumennya cepat dan bersahabat. Menarik, bukan?

Nah, Anda mau mencoba menjadi seorang dropshipper? Saya tunggu tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...