Asri Tadda di Blogilicious Fun Makassar

Blogilicious Fun Makassar

IDBlogNetwork
IDBlogNetwork (IBN) adalah sebuah perusahaan blog advertising yang berperan sebagai penghubung antara blogger dan advertiser. IBN didirikan pada 1 Agustus 2010 oleh Kukuh TW (Direktur Teknik), Mubarika Darmayanti (Direktur Marketing) dan Moch Farid (praktisi IT). IBN menghubungkan para blogger dengan advertiser melalui satu platform dan dapat diakses real time secara langsung untuk memantau kesuksesan sebuah digital campaign, sekaligus meningkatkan brand awareness, brand building, serta menjaga brand image melalui konsep “mouth to mouth” ala media digital. Nah, IBN inilah yang melaksanakan even Roadblog 2011 Blogilicious dan kontes SEO Blogilicious Fun Makassar.

Blogilicious Fun Makassar

Blogilicious Fun Makassar adalah kata kunci yang menjadi target kontes semi SEO yang diadakan oleh IDBlogNetwork (IBN) selepas pelaksanaan Roadblog 2011 Blogilicious seri ke-2 di kota Makassar, 20-21 Mei 2011 lalu. Karena ini hanya sebatas kontes SEO yang berstatus “semi”, maka saya pikir tidak menjadi penting untuk mencari defenisi yang tepat dari kalimat Blogilicious Fun Makassar ini, yang penting adalah mengenal lebih jauh tentang IDBlogNetwork sendiri dan bagaimana Roadblog 2011 Blogilicious berlangsung serta apa saja yang bisa didapatkan dari even ini.

Apa itu Blogilicious?

Istilah Blogilicious memang sulit dicari defenisinya melalui kamus istilah ataupun jika kita cari lewat mesin pencari karena memang istilah Blogilicious ini muncul sebagai terminologi serapan yang diindonesiakan. Saya sendiri juga tidak begitu paham maksud Blogilicious secara harfiah, tetapi IDBlogNetwork (IBN) mengangkat istilah ini pertama kali sebagai sebuah even road show bertema blog di sejumlah kota besar di Indonesia dengan nama Roadblog 2011 Blogilicious.

Menurut mereka, Roadblog 2011 Blogilicious bukan hanya ajang kumpul para blogger se-Indonesia namun juga mempertemukan para blogger dengan advertiser/brand. Roadblog ini diharapkan dapat membuka wawasan, dimensi, dan peluang baru dalam dunia blogging serta mensosialisasikannya secara intensif. Roadblog 2011 Blogilicious diadakan di tujuh kota besar di Indonesia: Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Bandung, Jogjakarta, dan Palembang.

Roadblog 2011 Blogilicious

Visi Roadblog 2011 Blogilicious:
Mengajak anak muda Indonesia menjadi “positive blogger” yang menantinya kan menjadi ujung tombak dari bagian “positive netizen” yakni Gerakan Positif Blogging yang mewartakan hal-hal positif untuk Netizen (Internet Citizen/ Warga Digital) Indonesia dengan mengambil SEMANGAT dan NILAI PATRIOTISME Anak Muda Indonesia dimana untuk saat ini BLOGGER juga merupakan salah satu ujung tombak pemberitaan dan pencitraan.

Misi Roadblog 2011 Blogilicious:
1. Mensosialisasikan pengetahuan tentang Etika Blogging, SEO dan Google Panda Algorythm, Mobile Blogging, Blogpreuner, Blog Monetizing dan Social Media.
2. Melatih blogger untuk lebih handal dalam Penulisan Artikel, Pengamanan Blog dan Design Template yang menarik.
3. Memanfaat blog sebagai lahan bisnis yang terutama bagi Blogger yang memiliki konten berkualitas.
4. Mengoptimasi blog yang mereview suatu produk yang ditugaskan oleh idblognetwork sekaligus membantu advertising apabila tulisan blog kita terindex google dengan baik.

Roadblog 2011 Blogilicious Makassar

Asri Tadda di Blogilicious Fun Makassar
Dipandu oleh moderator Daeng Ipoel, saya membawakan materi Blogpreneur di ajang Blogilicious Fun Makassar di Gedung PKP Unhas Tamalanrea
 

Even Blogilicious Makassar dilangsungkan pada 20-21 Mei 2011 di gedung Pusat Kegiatan Penelitian (PKP) Unhas Tamalanrea. Pesertanya yang hadir lumayan banyak dan begitu antusias mengikuti jalannya seminar. Sejumlah materi menarik disuguhkan panitia dengan menghadirkan pembicara yang memang kompeten di bidangnya. Saya sendiri diundang untuk membawakan materi berjudul Blogpreneur – Enterpreneur Melalui Blog.

Menjadi Pemateri di Ajang Blogilicious Fun Makassar 2011
Saya datang ke lokasi seminar ditemani oleh istri tercinta Dewi Hastuty Sjarief, anak pertama saya Messiasta Ahmady Batara Tadda, dan ponakan saya Anti.

Bara juga hadir di Blogilicious Fun Makassar 2011
Sebenarnya saya sendiri baru sadar akan membawakan materi di kegiatan Roadblog 2011 Blogilicious Makassar ini sehari sebelumnya. Memang semuanya rada mendadak, tetapi karena sudah beberapa kali membawakan materi yang serupa di beberapa daerah, maka saya enjoy-enjoy saja. Apalagi akan membicarakan tentang blog dan make money blogging; hobi sekaligus pekerjaan utama saya saat ini!

 

Asri Tadda Membawakan Seminar di Blogilicious Fun Makassar 2011
Asri Tadda Membawakan Seminar di Blogilicious Fun Makassar 2011

Ada sejumlah pemateri dari luar Sulawesi di even ini, dan mayoritas saya belum kenal, paling pernah mendengar atau membaca nama-nama mereka ketika berselancar di internet. Dari pemateri yang hadir, praktis saya hanya mengenal Pak Amril Taufik Gobel (Dg. Battala), Irayani Quencyputeri (Rara) dan tentunya Pak Mustamar Nasir, Chief of Technical Officer di AstaMedia Group.

Saya hanya sedikit mengenal Kukuh TW melalui KumpulBlogger.com dan IDBlogNetwork yang beliau inisiasi selama ini dan belum pernah bertatap muka sebelumnya. Pemateri yang lain malah belum sama sekali saya kenal. Wah, parah juga saya yah! Alhamdulillah, sebelum mengisi acara, saya diperkenalkan oleh Pak Amril dengan Mubarika Darmayanti – direktur bisnis IBN, Mas Gofur dari Surabaya, Mas Setyo, Anjari dan Mbak Ajeng. Senang berkenalan dengan kawan-kawan semuanya! 🙂

Laporan lengkap beserta foto-foto even ini bisa dibaca di sini dan di sini. Anda juga bisa menonton rekaman video acara ini:



Cuplikan Video Even Blogilicious Fun Makassar 2011 di Gedung PKP Unhas

Kontes SEO Blogilicious Fun Makassar

Salah satu rangkaian kegiatan Roadblog 2011 Blogilicious Makassar adalah kontes semi-SEO dengan target keyword Blogilicious Fun Makassar. Hadiahnya lumayan! Hingga saat ini kontestan Blogilicious Fun Makassar ini semakin membludak. Ini adalah fenomena yang sangat menarik karena jelas sangat menguntungkan perkembangan dunia blog di tanah air. Peserta lomba seo ini cukup beragam, ada yang sudah lama ngeblog, ada pula yang masih terbilang baru mengenal dunia blogging. Inilah dunia blog yang penuh kemerdekaan. Siapa saja bisa mencobanya dan merasakan manfaat, suka dan duka di dalamnya.

Saat mengupdate tulisan ini, Alhamdulillah posisi tulisan tentang Blogilicious Fun Makassar di blog AsriTadda.com ini masih berada di TOP FIVE, artinya secara kuantitas, postingan ini berpotensi menjuarai keyword “Blogilicious Fun Makassar”, meskipun secara kualitas belum tentu akan dipilih oleh dewan juri sebagai pemenang. Kalau tidak salah, pemenang kontes semi seo ini akan dipilih dari 20 hasil pencarian teratas di google.co.id pada pekan pertama bulan Juni nanti, jadi belum tentu siapa yang nomor #1 dengan kata kunci Blogilicious Fun Makassar yang otomatis akan jadi pemenangnya.

Saya sendiri mengikuti kontes ini karena tertantang untuk mencoba sebuah teknik link building terbaru yang saya kembangkan untuk beberapa client SEO yang berasal dari luar negeri. Sekaligus postingan ini adalah iseng-iseng berhadiah; kalau menang dan terpilih oleh dewan juri nantinya sebagai juara, saya pasti akan sangat senang, tetapi kalau tidak bakal terpilih sebagai pemenangnya, saya tetap tidak merasa dirugikan sedikitpun. Jadi sangat fair! Kalau Anda mau mencoba peruntungan di kontes ini, silahkan baca selengkapnya di sini.

Beberapa Masukan untuk Peserta Kontes SEO Blogilicious Fun Makassar

Sebelumnya saya mau menegaskan bahwa di sini saya sama sekali tidak bermaksud menggurui kawan-kawan, tetapi hasrat saya untuk selalu berbagilah yang mendorong hal ini saya lakukan. Pada kontes seo Blogilicious Fun Makassar ini, saya melihat sebagian kawan-kawan peserta kelihatan terlalu massif melakukan keyword shooting, sehingga konten menjadi tidak berkualitas lagi. Mungkin terlalu semangat. 🙂

Meskipun tidak dilarang, tetapi hal ini bisa menjadi bumerang bagi situs utama (main site) yang menjadi target kita untuk dinomorsatukan. Menyebarkan konten yang tidak berkualitas dan tidak nyaman untuk dibaca pada sejumlah situs di luar main site bisa jadi akan dianggap oleh mesin pencari sebagai aktivitas spam.

Pengalaman saya bergelut dengan dunia seo sejak 3 tahun lalu juga menegaskan teori ini. Inilah sebabnya mengapa advertiser mewanti-wanti untuk membuat konten yang unik dan original pada sebuah postingan review yang mereka order. Hal ini untuk menghindari penalti dari pihak mesin pencari yang bisa secara tiba-tiba mendepak posisi keyword kita dari halaman tertentu di hasil pencarian (search engine result page).

Selain itu, saya juga melihat sejumlah aktivitas link building yang dengan secara sembarangan dilakukan hanya untuk mengejar popularitas keyword (keyword popularity). Misalnya dengan membuat beberapa blog dari layanan gratisan seperti blogspot.com dengan menggunakan nama subdomain yang sangat tidak berkualitas.

Contohnya: link25.blogpost.com, link26.blogpost.com dan semacamnya. Saya secara pribadi tidak menganjurkan hal ini. Mengapa? Karena ini juga bisa dianggap sebagai praktik spam, baik oleh mesin pencari maupun bagi pihak provider free blog services seperti blogspot.com.

Bagaimana sebaiknya? Menurut saya, hindarilah proses link building yang terkesan darurat dan dibuat-buat. Mesin pencari lebih menyukai proses yang sifatnya alamiah dan humanis. Maksudnya, link building mesti dilakukan secara bijaksana; link ditempatkan pada situs-situs yang secara langsung atau tidak langsung memiliki keterkaitan, baik dalam segi konten, segmentasi pembaca atau faktor geo-visitornya.

Kemudian soal konten. Saya sendiri senantiasa menekankan bahwa konten adalah faktor utama eksistensi sebuah situs atau blog di jagad maya. Semakin unik dan bermanfaat konten dari sebuah blog, maka akan semakin tinggi interest visitor untuk membaca dan mengeksplorasi konten tersebut di blog kita. Di samping itu, teknologi mesin pencari mengetahui persis yang mana konten berkualitas dan mana yang tidak berkualitas. Nah, konten yang berkualitaslah yang pada akhirnya dapat menghantar keberhasilan merajai kata kunci tertentu di mesin pencari. Bukan demikian, om Google?

Sukses terus Roadblog 2011 Blogilicious. Sukses untuk IDBlogNetwork!

Foto repro dari Daeng Battala dan dari blog Kertasium

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...