AsriTadda.com
 

Waspadai Penipuan Iklan Lowongan Kerja PT. Gudang Garam Tbk

Kali ini saya mau membagikan informasi tentang PT. Gudang Garam Tbk, perusahaan rokok yang didirikan pada 26 Juni 1958 oleh Surya Wonowidjojo. PT Gudang Garam merupakan peringkat kelima tertua dan terbesar dalam produksi rokok kretek di Indonesia.

PT Gudang Garam

Nah, PT. Gudang Garam Tbk. kabarnya tengah membutuhkan sejumlah tenaga kerja baru pada berbagai posisi penting. Posisi yang dibutuhkan untuk pekerja baru di PT. Gudang Garam kali ini adalah:

  • Production Technician
  • Electrician
  • Internal Auditor
  • Staff Administrasi
  • Lab Analyst

Sekadar informasi saja, biasanya para pekerja di perusahaan rokok mendapatkan gaji dan tunjangan yang lebih ‘wah‘ dibandingkan dengan pekerja swasta lain.

Dari rilis yang kami terima via email, tertulis bahwa fasilitas yang akan didapatkan oleh pekerja di PT. Gudang Garam Tbk antara lain adalah:

  • Gaji Pokok Rp.9.500.000 /bulan
  • Gaji Karyawan Baru Rp.7.700.000/bulan
  • Asuransi Kesehatan
  • Seragam
  • Uang Transportasi dan Makanan Rp.52.000/hari

Sangat menggiurkan, bukan?

Saya kira lowongan kerja ini akan sangat maknyuus untuk mereka yang memang sudah hobi merokok, terlebih lagi yang doyan dengan rokok merek Gudang Garam. 🙂

PERHATIAN: Baca keseluruhan artikel ini untuk mendapatkan informasi sebenarnya tentang lowongan kerja di PT Gudang Garam Tbk. Jangan kirim berkas lamaran kerja Anda sebelum membaca postingan ini sampai selesai!

Persyaratan Melamar Kerja di PT. Gudang Garam

Tidak mudah dong jadi karyawan di perusahaan sekelas PT. Gudang Garam. Supaya lamaran kerja Anda dipertimbangkan oleh tim HRD mereka, Anda tentunya harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan.  Apa saja itu?

PERSYARATAN UMUM

  1. Pria/wanita
  2. Sanggup bekerja dibawah tekanan (mungkin maksudnya adalah Anda sanggup  bekerja dengan target pencapaian, bukan “ditekan-tekan” dari atas)
  3. Dapat bekerja dalam tim maupun individu
  4. Komunikatif
  5. Berpenampilan menarik (wah, perlu ngaca dulu, bray!)
  6. Jujur dan disiplin
  7. Sehat jasmani rohani
BACA JUGA:  Mantan Presiden RI BJ Habibie Meninggal Dunia?

PERSYARATAN KHUSUS (KUALIFIKASI)

  1. Usia maksimal 37 tahun (saya masih bisa nih…)
  2. Khusus untuk pria, dibutuhkan pengalaman kerja minimal 1 tahun (ada surat bukti pernah bekerja gitu)
  3. Pendidikan minimal SMA/SMK, D3, S1/Sederajat semua jurusan
  4. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif paling rendah 2,75
  5. Mampu mengoperasikan komputer (Minimal Ms. Word & Excel)
  6. Mampu berbahasa asing akan menjadi kelebihan (lampirkan sertifikat hasil TOEFL Anda kalau mau dipertimbangkan bangeet)
  7. Bersedia mengikuti interview di wilayah kerja PT. Gudang Garam Tbk
  8. Bersedia ditempatkan di wilayah kerja PT. Gudang Garam Tbk

Berkarir di PT Gudang Garam

Persyaratan-persyaratannya kelihatan tidak terlalu sulit, bukan? Ayo, segera siapkan berkas lamaran kerja Anda. Jangan lupa untuk memastikan kelengkapan berkas lamaran kerja Anda, sebagai berikut:

  • Daftar riwayat hidup (CV) dan nomor HP yang bisa dihubungi
  • Copy Akta Kelahiran (bisa disusulkan pada saat wawancara)
  • Copy ijazah terakhir/Surat Keterangan Lulus yang sudah dilegalisir
  • Copy transkrip nilai terakhir yang sudah dilegalisir
  • Copy KTP
  • Pasfoto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar

Hati-hati. Selama proses seleksi, apabila terdapat ketidaksesuaian data, Anda akan dinyatakan gugur dan tidak akan diperhitungkan lagi untuk mengisi pos lowongan pekerjaan di PT. Gudang Garam. Karena itu, yakinkan berkas-berkas Anda adalah benar dan saling menguatkan satu dengan yang lainnya.

Melamar Pekerjaan di PT Gudang Garam Tbk

Ke Mana Mengirimkan Lamaran Kerjanya?

Berkas surat lamaran kerja Anda bisa segera dikirim ke alamat berikut ini:

Manager HRD PT.Gudang Garam Tbk an. FAJAR SUMERU
Email : [email protected]
Alamat : Jl. Jendral A. Yani 75-79 Jakarta 10510, Indonesia

Kapan Lowongan Kerja ini Berakhir?

Menurut rilis yang kami terima, lowongan kerja PT. Gudang Garam Tbk ini akan berakhir secara resmi pada tanggal 29 Mei 2016. Jadi dari sekarang masih ada sekitar 3 pekan untuk menulis surat lamaran kerja dan melengkapi berkas-berkas Anda.

Jika bekerja di perusahaan rokok seperti Gudang Garam adalah passion Anda, saya doakan semoga Anda berhasil dan diterima sebagai karyawan, dan ke depan menjadi salah satu karyawan terbaik mereka.

Saya hanya bisa membantu Anda dengan membagikan informasi lowongan kerja ini. Anda juga WAJIB membaca seluruh informasi dalam artikel ini agar mengerti benar tentang fakta-fakta iklan lowongan kerja dewasa ini.

BACA JUGA:  Andi Hatta Memenangi Pilkada Luwu Timur Periode 2010-2015

Hati-hati dengan Penipuan Iklan Lowongan Kerja!

Penipuan iklan yang berkedok lowongan kerja sudah sering terjadi. Jadi saya sarankan Anda untuk tidak gegabah mengirimkan data-data penting Anda ke alamat yang diberikan sebelum memastikan kebenarannya, termasuk informasi lowongan kerja yang kami tampilkan ini.

Penipuan Lowongan Kerja

Ada beberapa fakta yang membuat saya merasa bahwa iklan lowongan kerja dari PT Gudang Garam Tbk ini hanyalah salah satu bentuk penipuan, alias lowongan kerja yang diberitakan sebenarnya tidak ada.

Fakta Pertama; Ketidaksesuaian Email Pengirim

Saya menerima email berisi permintaan untuk mempublikasikan informasi lowongan kerja pada tanggal 2 Mei 2016 dari email yang beralamat di: [email protected], tetapi dengan nama pemilik email yang ditampilkan adalah: [email protected].

Email Lowongan Kerja atas nama PT Gudang Garam

Hal ini kelihatan janggal untuk perusahaan berskala besar seperti PT Gudang Garam. Lumrahnya jika itu merupakan email resmi dari perusahaan, email yang terkirim seharusnya berasal dari nama domain perusahaan tersebut, dalam hal ini domain perusahaan PT Gudang Garam adalah www.gudanggaramtbk.com, bukan usa.com.

Yang membuat banyak orang bisa tertipu dan menganggap bahwa ini adalah email resmi PT Gudang Garam adalah karena si pengirim email memberikan nama sebagai [email protected] pada email yang dikirimkan, yang mana ini adalah alamat email resmi milik PT. Gudang Garam.

Lihat screen capture dari halaman karir di situs resmi PT Gudang Garam Tbk www.gudanggaramtbk.com/karir/lowongan_pekerjaan di bawah ini:

Halaman Recruitment PT Gudang GaramPadahal alamat email sebenarnya dari sang pengirim informasi lowongan kerja ini adalah [email protected]. Bisa dikatakan ini kemungkinan besar merupakan alamat email milik pribadi yang ingin mendapatkan keuntungan dari setiap berkas lamaran kerja yang dimasukkan.

Fakta Kedua; Tidak Ada Nomor Telepon Perusahaan

Dari informasi lowongan kerja yang dikirimkan, alamat pengiriman berkas lamaran kerja adalah ke bagian HRD PT Gudang Garam Tbk atas nama FAJAR SUMERU, dengan alamat kantor: Jl. Jendral A. Yani 75-79 Jakarta 10510, Indonesia.

Penelurusan kami menunjukkan bahwa alamat tersebut merupakan alamat kantor perwakilan PT Gudang Garam Tbk di Jakarta. Sementara kantor pusat PT Gudang Garam beralamat di Jl. Semampir II/1 Kediri 64121, Indonesia. Lihat screenshot halaman kontak dari situs resmi PT Gudang Garam di bawah ini:

BACA JUGA:  Benarkah Ada Keuntungan Menjadi Perokok?

Alamat Kantor PT Gudang Garam

Sayangnya, sang pengirim email sepertinya sengaja untuk tidak mencantumkan nomor telepon perusahaan sehingga pelamar kerja yang akan mengirimkan berkasnya tidak memiliki akses untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu ke kantor PT Gudang Garam. Jadi jelas, ini adalah modus penipuan!

Fakta Ketiga; Lowongan Kerja Tidak Tercantum di Situs Perusahaan

Untuk perusahaan berskala besar sekelas PT Gudang Garam, situs resmi perusahaan (situs korporat) merupakan wadah utama untuk menyampaikan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan, termasuk penerimaan tenaga kerja baru.

Karena itu, seharusnya jika PT Gudang Garam memang benar sedang membuka lowongan kerja sebagaimana diberitakan sebelumnya, pastilah di situs resmi (pada bagian Career atau Recruitment) ada informasi terkait dengan hal tersebut.

Sayang sekali, ketika kami mengunjungi halaman lowongan pekerjaan pada situs resmi PT. Gudang Garam di alamat www.gudanggaramtbk.com/karir/lowongan_pekerjaan, tidak ada informasi detail tentang posisi lowongan kerja yang dibutuhkan di sana.

Lowongan Kerja PT Gudang Garam

Seharusnya jika PT Gudang Garam benar sedang membutuhkan tenaga kerja untuk berbagai posisi seperti pada iklan lowongan kerja yang disebarkan, maka di halaman ini juga tertulis dengan jelas posisi-posisi tersebut.

Dengan 3 fakta yang mencurigakan ini, saya benar-benar yakin bahwa informasi lowongan kerja dari PT Gudang Garam Tbk ini hanya FIKTIF dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

***

Akan tetapi, jika Anda tetap tertarik dengan lowongan kerja PT Gudang Garam ini (dan mungkin lowongan kerja serupa lainnya dari perusahaan berbeda), saya sarankan Anda melakukan KONFIRMASI terlebih dahulu melalui telepon atau email perusahaan yang ada di situs resminya.

Jangan lewatkan ulasan selanjutnya tentang modus penipuan melalui undangan tes wawancara mengatasnamakan PT Gudang Garam Tbk berikut ini.

Penipuan Melalui Undangan Tes Wawancara Kerja PT. Gudang Garam Tbk

73 KOMENTAR

  1. Makasih infonya, yaah
    Kirain ane, ini email lgsg dr GG. Ternyata penipuan
    Dapat isi email-nya sama persis lg

    Sekali lagi makasih ??
    Alhamdulillah

  2. Makasih pak untuk infonya. Hampir saja saya ambil cuti dari pekerjaan saya yg sekarang untuk tes hari sabtu. Ternyata penipuan. Alhamdulillah.

  3. baru saja hampir kena tipu daya mereka, untunglah punya sodara berpengalaman. tadi pagi dapet email modus nya panggilan tes begitu aku konfirm ke travel minta mau naek kereta api tidak boleh dengan berbagai alasan , trs sempet sih heran kok pihak travel nya sering telfon menggrujuk dsuruh buruan transfer uang ini nih mencurigakan , untung aja selamat dari penipuan

  4. saya juga baru dapat sms dan juga email, dari pertama emang sudah janggal, dilihat dari surat invitationnya rata2 gambar2nya buram seperti screenshot atau crop2an…yang ke dua juga .USA.COM untung saya lgsg buka postingan ini…thx sudah diperjelas

    1. Iya, sekarang semakin banyak modus penipuan melalui iklan lowongan kerja. Sebarkan ke teman2 agar lebih berhati-hati dan tidak mudah tergiur tawaran kerja yang tidak jelas.

      :sup:

  5. selamat siang ..
    saya ingin bertanya dn mungkin sekalian share dgn kawan2 ..
    siang hari ini sya mndapat balasan ” undangan tes seleksi karyawan gudang garam” yg diselenggarakan di jln semampir kediri .. pada hari senin mendatang tgl22 ..

    isi balasan email tersebut sngat meyakinkan .. dengn file bérformat pdf .. dan tanda tangan ataupun stempel dan logo perusahaan gudang garam ..

    mungkin sya kutip sedikit ;

    ” pt.gudang garam bekerja sama dengan ….. tour travel untuk menjamin para peserta seleksi , baik administrasi, akomodasi hotel, hingga proses seleksi selesai”

    memang ada kejanggalan, dlm surat tersebut di tuliskan .. sistem yg digunakan adalah rembes.. dimana semua biaya peserta trlebih dahulu yg membayar, stelah itu smpai ditempat barulah semua administrasi akan diganti..

    apakah ini sebuah penipuan juga gan ??

  6. Maaf saya mau tanyak ,saya tadi pagi dapet email dari gudang garam , hari sabtu mau ada interview ke denpasar bali , itu benar ada apa penipuan ya ? Terimakasih

    1. Mba Yulia,

      Kemungkinan besar itu adalah penipuan!

      Silahkan baca artikel kami yang baru dengan judul:
      Penipuan Melalui Surat Undangan Wawancara PT. Gudang Garam Tbk

  7. Kalo udh trlanjur ngrim lamaran sama brkas2 lain sprti ijazah dll dan dpt pnggilan gimana ya om? Apakah beresiko? Untg saya sdh baca postingan nya

  8. Mas saya baru dpt email undangan seleksi dari PT Gudang Garam, dpt emailnya baru tadi siang sedangkan batas waktu reservasi travelnya sampe jam 11 malam saja. Apakah itu wajar mas? Mungkin bisa saya kirim email dari Gudang Garam ke mas biar lebih jelas
    Terima kasih

    1. @Silvia,

      Itu sudah jelas adalah modus penipuan. Memberikan ruang gerak dan waktu yang SEMPIT untuk calon korban sehingga tidak leluasa mencari informasi untuk mengecek kebenarannya.

      Saran saya, lupakan saja. Tidak usah digubris karena jelas itu adalah penipuan!

      :repost:

  9. aduh, saya sudah kirim surat lamaran dan cv ke mereka, dan juga hampir berangkatkan ke kediri,, tapi setelah saya telusuri di google. saya membaca postingan ini.. jadi saya tahu klo itu penipuan. terima kasih om untuk informasinya..

    1. Gak apa2, hanya saja Anda harus mewaspadai modus penipuan berikutnya. Biasanya, pihak penipu akan menghubungi setiap pelamar kerja dan mensyaratkan untuk hadir wawancara kerja dengan rentang waktu yang sempit dan Anda harus menggunakan layanan TRAVEL tertentu yang mengharuskan Anda membayar biaya perjalanan sebelum berangkat. Kadang, biaya yang harus Anda transfer sudah termasuk ongkos penginapan/hotel, padahal semuanya adalah FIKTIF.

      Itu adalah modus penipuan yang sudah sering terjadi dan tidak sedikit orang yang tertipu.

      WASAPADALAH!

  10. mas terima kasih banyak,,sebelumnya saya sempat ada yang ganji di alamat email yang di informasikan dengan yang ada di situs resmi gudang garam,,

    menggiurkan sekali hhe

  11. saya barusan dapat email panggilan kerja dari PT.Gudang Garam, seluruh peserta diwajibkan melakukan reservasi pemesanan tiket di travel yg sudah di siapkan oleh perusahaan, apakah memang ketentuan panggilan kerja seperti itu ?
    sedangkan saya buka facebook agen tour n travel tidak mencantumkan nomer tlp dan alamatnya, batas reservasi sampai jam 11 malam nanti, saya minta alamat emailnya om Asri biar bisa menunjukkan apakah yg saya trima penipuan ?

    1. Hampir 100% itu adalah MODUS PENIPUAN. Waspadalah, jangan mudah tergiur dengan layanan yang tidak jelas. Kalau mau lebih valid, bisa langsung menghubungi kantor PT. Gudang Garam Tbk di telepon (0354) 682091.

  12. Yah.. Telat sya baca berita nih.. Sdh kirim lengkap data pribadi sya lagi.. Huff.. Mudah2an.. Tdk terjadi apa2 ya..2 ..aamiin

  13. Mas baru saja saya dapat email dari pt.gudanggaram tbk. Tp saya masih bingung untuk membedakan ini asli atau cuma penipuan.
    Saya sudah baca seluruh postingan mas asri di atas ada sebagian kemiripan . Dan coba saya cek ke web resmi pt gudnggaram . (Www.gudanggaramtbk.com) ada juga sebagian yg mirip. Jd jika boleh saya bisa minta alamat email mas asri supaya saya bisa memberitahu isi dari email yg saya dapat ?

  14. Nah trimakasih tulisannya gan, sengaja sy search emailnya karna emg curiga pake usa dot com, lagian gambarnya juga nggak rapi masak ngedit gambar sekelas gudang garam nggak rapi kek gitu
    Sekali lagi trima kasih gan

  15. Terimakasih mas asri tadda, udah memberikan penjelasan tentang “lowongan pekerjaan Fiktif”
    Sehingga banyak pelamar yg sungguh2 ingin bekerja jadi terselamatkan ??

  16. kalo liat domain USA.com mungkin ini intelejen amerika yang ingin memeperoleh data anak muda indonesia. waspada sodara!

  17. Yahhh Telatt saya bacanya karena lamaran sudah saya kirim Pak, dan saya baru menyadari adanya kejanggalan dalam info loker tersebut

  18. iya saya juga mendapatkan email seperti di atas sama persis dengan email yang bapak berikan. lalu saya mencoba untuk melakukan pengecekan dan mendapatkan website bapak ini.

    Terimakasih pak infonya jadi saya dapat terhindar dari penipuan

  19. admin kami baru saja menerima permohonan publikasi lowker via email yang dikirim dari “[email protected]”, email yang mencurigakan.
    Sesuai dugaan, ternyata modus penipuan. terimakasih sudah share sehingga kami yakin untuk tidak publikasi di web kami:

  20. Hal yang sama yang ingin saya tanyakan seperti maz Imran Ridwan. Jadi seperti berbau penipuan nih maz. Soalnya saya juga asli kediri dan juga banyak tetangga yang bekerja disana. Namun dari info yang saya dapat beliau tidak mengetahui tentang hal ini karena memang dibilang hanya bagian produksi jadi tidak tau menahu katanya.

    1. Iya benar. Dari hasil penelusuran singkat kami juga terbukti bahwa informasi lowongan kerja PT Gudang Garam ini memang palsu alias hoax, tidak benar!

      :hoax2

BERI TANGGAPAN

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *