Sumpah Pemuda Millenial

Sumpah Pemuda Millenial

Sumpah Pemuda Millenial

Setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda karena pada tanggal tersebut di tahun 1928, para pemuda-pemudi dari berbagai daerah di Nusantara menggelar pertemuan bersejarah dan menghasilkan ikrar bersama yang dikenal sebagai Soempah Pemoeda.

Soempah Pemoeda ini merupakan pengakuan dari pemuda-pemudi Indonesia yang mengikrarkan satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Ini merupakan hasil rumusan dari Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II yang hingga kini setiap tahun diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Sudah 90 tahun ikrar Sumpah Pemuda dikumandangkan. Masa-masa saat ini adalah perjuangan mengisi kemerdekaan, berbeda dengan latar belakang Soempah Pemoeda dahulu dimana masa depan pemuda masih dibayangi upaya melepaskan diri dari belenggu penjajahan.

Pertama:
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea:
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga:
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Tentunya, tantangan masa depan pemuda di era millenial saat ini jauh berbeda dengan tantangan pemuda di masa perjuangan kemerdekaan dulu.

Oleh karena itu, tidak berlebihan jika kita mencoba mengejewantahkan kembali ikrar sumpah pemuda dalam versi yang lebih millenial sehingga lebih engaged dengan kalangan muda saat ini: Sumpah Pemuda Millenial.

Pertama:
Kami putra dan putri Indonesia, bersumpah melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia dengan prestasi dan optimisme serta tetap menjunjung tinggi Pancasila dan UUD ’45.

Kedua:
Kami putra dan putri Indonesia, bersumpah akan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dengan mengedepankan persatuan, kebenaran dan rasionalitas demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Ketiga:
Kami putra dan putri Indonesia, bersumpah akan berjuang bersama dan menjadi pemimpin bangsa yang mengedepankan kepentingan rakyat serta senantiasa berupaya mewujudkan masyarakat adil makmur dan diridhoi Allah SWT.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...