Menggunakan Blog Untuk Jualan Online

7 Hal Penting Diperhatikan dalam Menggunakan Blog Untuk Jualan Online

Dewasa ini bisnis online sudah banyak menjadi pilihan utama bagi para pengusaha, apalagi untuk usaha sampingan.

Menjalankan bisnis online memang memberikan banyak kelebihan, karena tidak banyak menyita waktu untuk pengelolaannya, tidak banyak membutuhkan modal, dan tidak sulit untuk mempromosikannya. Makanya, sekarang sangat banyak ditemukan toko online.

Menggunakan Blog Untuk Jualan Online

Selain menggunakan web, berjualan secara online juga bisa dengan memanfaatkan blog, sehingga biayanya juga semakin kecil, bahkan bisa gratis. Karena, sekarang ada banyak penyedia layanan di internet yang menawarkan blog tanpa biaya.

Jika ingin mencobanya, jangan lupa perhatikan tentang tujuh hal penting dalam blog untuk jualan online berikut ini:

1. Kategori Produk

Bagian ini menjadi hal terpenting dalam sebuah blog untuk jualan online. Karena, dengan adanya “Kategori Produk” ini, calon pembeli bisa dengan mudah menemukan produk yang ingin dibelinya, sehingga tidak merepotkan.

2. Produk Terpopuler dan Rekomendasi

Bagian “Produk Terpopuler” akan menunjukkan produk yang paling banyak dibeli, atau produk yang menjadi unggulan dari toko online tersebut. Selain itu, calon pembeli juga bisa melihat “Rekomendasi” produk dari pembeli sebelumnya.

3. Kolom Pencarian

Calon pembeli biasanya memanfaatkan “Kolom Pencarian” untuk bisa menemukan produk yang diinginkan secara cepat, tanpa harus membuka halaman lainya satu persatu. Sehingga, keberadaan bagian ini bisa semakin memudahkan calon pembeli.

4. Pilihan Metode Pembayaran

Tata cara pemesanan dan pembayaran yang jelasnya biasanya membuat calon pembeli semakin yakin dengan sebuah toko online. Oleh karena itu, informasi ini sangat wajib ada, bahkan jika perlu di setiap halaman blog tersebut.

5. Pilihan Pengiriman Barang

Informasi mengenai pengiriman barang juga sangat menentukan. Sehingga calon pembeli bisa mengetahui secara pasti, kapan kira-kira barang yang dipesannya akan diterimanya. Selain itu, jasa kurir yang digunakan juga harus yang terpercaya.

6. Tempat Berinteraksi

Sebuah blog untuk jualan online sebaiknya memiliki fitur untuk komunikasi langsung antara pembeli dan penjual. Jika memasangnya pada blog, biasanya berupa fitur chatting. Selain itu, bisa memanfaatkan alat komunikasi lainnya, seperti handphone.

7. Alamat Fisik Toko

Keberadaan toko offline juga bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Biasanya, calon pelanggan baru yang belum terlalu percaya, bisa membuktikan kebenaran toko online tersebut, baik melalui internet, maupun dengan cara mengecek langsung ke lokasi.

***

Nah bagaimana? Apakah blog toko online Anda telah memenuhi ketujuh unsur penting di atas? Ayo diskusikan melalui kolom komentar di bawah ini.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...