Tips dan Cara Menjadi Blogger Sukses

Postingan ini terinspirasi oleh sebuah pertanyaan dari seorang pembaca AsriTadda.com, Mbak Ria yang kiranya baru menyadari betapa aktivitas ngeblog sangat menarik baginya.

Berikut adalah cuplikan pertanyaan beliau yang dikirim via email:

Bagaimana saya bisa memberi kontribusi di blog. Saya memiliki kemampuan bahasa Inggeris yang excellent. Saya memiliki pengalaman menjadi guru Bahasa Inggeris selama bertahun tahun dan sekarang menjadi karyawan di perusahaan swasta. Hanya saja setelah membaca banyak kisah inspiratif tentang blog dan bagaimana kita bisa mendapat pendapatan tambahan yang fantastis melalui blog saya jadi tertarik sekali. How do I start ?

Pertanyaan “How do I start” sebenarnya umum dijumpai dan seringkali menjadi masalah mendasar yang menghambat seseorang mulai belajar ngeblog. Tidak sedikit yang mentok hanya pada pertanyaan bagaimana cara ngeblog dan menjadi blogger.

***

Pada prinsipnya, blogging adalah sharing, berbagi informasi kepada pembaca, baik dalam bentuk artikel, berita, foto, grafis, maupun audio dan video.

Soal profit dari blogging atau bagaimana mendapatkan uang dari blog, itu seharusnya diletakkan belakangan. Yang paling fundamental adalah soal kita mau sharing tentang apa dan kepada siapa.

Membuat blog, sedapat mungkin didasarkan pada keahlian yang ingin kita sharing kepada orang lain, atau pada passion kita, sehingga nantinya kita tidak akan kehilangan ide dan kreatifitas ketika membuat posting reguler untuk pembaca.

Blogging Follow Your Passion

Nah, soal mau menyajikan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, itu terserah kita saja. Yang jelas, beda bahasa tentunya juga akan beda sasaran pembaca dan tentunya beda target market.

Kalau Anda memiliki keahlian khusus di bidang kecantikan misalnya, let’s share it via blog. Begitu juga untuk topik yang lain seperti bisnis, politik, ekonomi, sport, otomotif dan sebagainya.

Kalau ngeblog-nya didasari akan kepentingan marketing dan promosi produk atau layanan jasa tertentu, buatlah blog yang topiknya seputar produk atau manfaat produk yang akan dipasarkan, dan terus fokuskan blog Anda pada topik tersebut.

Kenyataannya, pembaca akan lebih suka dan cenderung “setia” dengan blog yang fokus membahas topik tertentu, ketimbang blog gado-gado. Topik tertentu juga akan memudahkan kita memasarkan produk atau jasa karena target reader dan marketnya sudah jelas.

Fokus Blogging

Jadi, untuk memulai kegiatan bloggingnya, Anda sebaiknya memetakan dulu keahlian dan passion Anda berada di mana, target reader dan market yang hendak disasar siapa saja.

Jika sudah jelas, Anda kini sudah bisa mulai teknis blogging; seperti antara lain:

  1. Mencari nama domain atau subdomain
  2. Install CMS di hosting
  3. Konfigurasi dan setting blog
  4. Mulai membuat postingan, dan seterusnya.

Demikian beberapa poin penting bagaimana caranya menjadi blogger dan melakukan aktivitas ngeblog atau blogging. Jangan lupa untuk membaca beberapa tips sukses dalam bisnis blogging yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.

Semoga catatan sederhana ini memberikan inspirasi dan nilai tambah untuk Anda. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar di bawah postingan ini.