Skip to content

Inilah 6 Tanda Anda Telah Kecanduan Kartu Kredit

Jika Anda tidak bisa hidup tanpa kartu kredit nah itu berarti Anda masuk dalam golongan orang-orang yang kecanduan kartu kredit.

Inilah 6 Tanda Anda Telah Kecanduan Kartu Kredit

Kemudahan bertransaksi serta adanya limit belanja yang cukup menggiurkan merupakan dua hal yang membuat orang jatuh hati terhadap kartu kredit.

Terlepas dari segala kemudahan yang diberikan kartu kredit, Anda juga harus tahu jika kartu kredit akan menimbulkan masalah jika Anda tidak menggunakannya dengan bijak dan cerdas.

Maka dari itu sebelum Anda kecanduan kartu kredit, maka sebaiknya Anda mengecek 6 ciri kecanduan kartu kredit berikut ini:

Sering Menggunakan Kartu

Yap, ini merupakan ciri pertama. Kartu kredit memang mempermudah penggunanya untuk makan di restoran, membeli tiket, membeli kebutuhan sehari-hari dan lain sebagainya.

Tetapi bila Anda pecandu kartu kredit, Anda akan selalu menggunakan kartu kredit di setiap transaksi, termasuk transaksi yang seharusnya bisa menggunakan uang cash. Bahkan Anda tidak percaya diri jika Anda tidak menggunakan kartu kredit.

Punya Lebih dari Tiga Kartu Kredit dari Bank Berbeda

Anda memiliki banyak kartu kredit di dalam dompetmu. Semuanya dari bank yang berbeda dan selalu digunakan secara bergantian. Kalau Anda cocok dengan ciri ini berarti Anda punya potensi kecanduan dengan kartu kredit.

Mendapatkan manfaat kartu kredit sebenarnya, bukan dilihat dari jumlah kartu kredit yang Anda miliki , tetapi dari jumlah limit kartu kredit dan dimana saja kartu itu bisa digunakan. Buat pengguna kartu kredit yang bijaksana, memiliki satu kartu kredit tidak masalah, selama limitnya cukup besar dan bisa diandalkan.

Merasa Selalu Punya Uang

Pecandu kartu kredit juga cenderung merasa selalu memiliki dana meskipun sebenarnya mereka tidak memiliki uang untuk menutupi tagihan yang dipakai lewat kartu kreditnya itu.

Setiap ada ajakan nongkrong, main, jalan-jalan dan lain-lain, pecandu kartu kredit akan selalu oke. Tidak peduli kalau sedang akhir bulan atau gajian. Prinsip “kan ada kartu kredit” menjadi motivasi mereka untuk melakukan hal-hal tersebut.

Menyelesaikan Masalah dengan Kartu Kredit

Hampir sama dengan poin “selalu merasa punya uang”, pecandu kartu kredit akan menyelesaikan semua masalah keuangan mereka dengan kartu kredit. Mereka merasa kartu kredit adalah solusi, terutama kalau ada masalah keuangan.

Menggunakan Kartu Kredit

Padahal kartu kredit bukan solusi keuangan. Kartu kredit hanyalah alat pembayaran sementara yang selanjutnya harus dibayar kembali. Persepsi yang salah ini menyebabkan banyak orang yang terlilit hutang kartu kredit.

Menyembunyikan Hutang

Menutup-nutupi hutang adalah salah satu ciri kecanduan kartu kredit. Ketika orang menanyakan tentang hutang pada kartu kreditmu, Anda selalu berdalih dengan berbagai macam alasan untuk menutupi jumlah hutangmu itu.

Pembayaran secara minimum untuk kartu kredit justru akan membuka jalan para pecandu untuk terus-terusan berhutang, padahal hutang itu akan terus bertumpuk dan berbunga.

Semua Kartu Kredit Over Limit

Jika salah satu dari beberapa kartu kredit yang Anda miliki over limit mungkin itu wajar saja. Apalagi dana yang digunakan untuk kepentingan yang super penting seperti biaya rumah sakit.

Tetapi apabila semua kartu kredit yang Anda miliki over limit tandanya Anda dalam masalah besar. Taraf kecanduan Anda harus segera dihentikan dan mulai mengubah kebiasaan menggunakan kartu.

***

Nah, bila Anda mempunyai salah satu ciri di atas, segeralah rubah kebiasaan tersebut. Jangan sampai Anda memiliki gaya gali lubang gali lubang tanpa lupa menutup lubangnya, karena hal itu akan mempersulit dirimu sendiri. Lebih baik nikmati manfaat kartu kredit dengan menggunakannya secara cerdas.

Artikel ini ditulis oleh Gardena Puteri Ayudila dari HaloMoney.co.id, situs keuangan yang membandingkan berbagai produk keuangan, seperti kartu kredit dan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan tujuan membantu konsumen Indonesia memilih produk keuangan yang terbaik untuk mereka.

Published inNews

One Comment

  1. Bambang Riyanto Bambang Riyanto

    Bagi saya sih kartu kredit gak penting banget.Selama kita bisa membedakan mana kebutuhan mana kebutuhan.Apalagi saya buka usaha,kalau punya uang mending buat invest,daripada buat beli-beli barang yg perlu2 amat.Jangan terjebak kartu kredit,kendalikan diri.Saya sampai sekarang umur 33 tahun gak pernah tertarik kartu kredit walaupun sering sekali orang datang nawarin aplikasi-nya,lewat telepon,sms,dll.

    Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons