Skip to content

Apakah Google Menghapus Google Page Rank (PR)?

Hari ini, Kamis (6/10), jagad internet kembali gempar. Bukan karena berita meninggalnya sang pendiri Apple Steve Jobs, melainkan karena indikator Google Page Rank (PR) secara tiba-tiba menghilang dari semua tools online yang selama ini dipakai mengukur pagerank. Bahkan jika kita mengecek pagerank dari situs google.com pun, hasilnya nihil (N/A). Ada apa?

google pagerank down

Tidak ada yang tahu persis mengapa hal ini terjadi. Hanya saja, beberapa rumor mengatakan bahwa ini adalah salah satu kebijakan baru Google.com untuk membersihkan internet dari praktik jual beli link. Wow! Soalnya selama ini, jual beli link menjadi salah satu bisnis yang cukup menggiurkan di dunia maya, melahirkan puluhan juta blogger dengan penghasilan luar biasa hanya dari menjual space link di blog mereka.

Padahal, Google secara nyata menentang praktik jual beli link tersebut, karena secara tidak langsung dapat memanipulasi hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Dalam hal ini, siapa yang memiliki uang banyak bisa saja membeli link dalam jumlah tidak terbatas dan mengangkat situsnya ke urutan teratas hasil pencarian di google.com.

Google pagerank menjadi indikator utama dalam aktivitas jual beli link. Situs-situs yang memiliki google page rank yang tinggi dapat menjual link dengan harga yang tinggi pula, demikian juga sebaliknya. Pada gilirannya, banyak orang yang kemudian membeli domain ber-PR hanya untuk menjual link saja, sehingga urusan konten dan tampilan situsnya menjadi prioritas terakhir.

Hari ini, dengan menggunakan tools apapun, kita tidak bisa mengetahui pagerank dari sebuah situs, bahkan google.com sekalipun! Tahun 2009 lalu Google juga melakukan hal yang sama; menghilangkan indikator pagerank dari semua situs. Tetapi saat itu hanya berlangsung sekitar 1 jam saja dan pagerank bar kembali bekerja normal setelahnya, berbeda dengan yang terjadi hari ini.

Apakah ini akan menjadi kebijakan permanent Google? Jika ya, maka diprediksi akan terjadi perubahan besar-besaran dalam pasar jual beli link dan blog advertising selama ini.

Mungkin saja ke depannya, advertiser dan pemasang link tidak lagi melihat pagerank sebagai indikator kualitas sebua situs, tetapi beralih pada sejauh mana kesesuaian nama domain (domain name) dengan konten dan orisinalitas konten situs tersebut. Dengan demikian, blogger juga akan terkena imbas dari kebijakan Google.com ini. Apakah ini menjadi era berakhirnya praktik jual beli link? Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya!

Published inGoogle PagerankOnline Business

20 Comments

  1. Jasa Pembuatan Website Jasa Pembuatan Website

    Wah….., ngeri juga gan. Bisa dibilang effort kita selama ini sia-sia dong bang. Sudah sampe di PR1 saja susah sekali, apalagi PR2, abis itu dihapus.

    Link Komentar
  2. haramain software haramain software

    saya rasa pagerank sekarang tidak berpengaruh besar.. karena justru Alexa Rank sekarang mendominasi

    Link Komentar
  3. Bimbingan Belajar Anak Bimbingan Belajar Anak

    wah-wah kejam juga ya mbah google itu…. pantes jadi N/A kebanyakan page ranknya

    Link Komentar
  4. mau ada penghapusan atau tidak,sebenarnya tak perlu terburu2. Hingga jalan tak enak ditempuhnya. Tapi kata orang bisnis itu legal. Tapi jelas bagi google praktek seperti itu merugikan. Bisa menghilangkan kepercayaan.

    Link Komentar
  5. Baru mau belajar nyari PR, sekarang malah ada ketentua baru lagi nih………… huft harus belajar dari nol lagi

    Link Komentar
  6. ini yang saya cari2, saya jg bingung knp pageranknya jadi N/A

    tapi kalau dr saya sendiri, melihat link yg bagus itu dr situs yg related, jarang ngelihat dr pagerank. thanks artikelnya gan

    Link Komentar
  7. klo saya senang dengan penghapusan PR ini, soalnya saya tidak dibuat penasaran lagi gimana caranya agar PR bisa cepat naik. haha… Tapi apakah alexa juga akan dihapuskan sama google? lalu bagaimana strategi jualan online jika PR dan alexa dihapuskan.

    Link Komentar
  8. Berikut cara mengecek google PR :

    1. Install google toolbar, check PR nya masih ada, dan ini valid.

    2. Menggunakan SEOquake, bisa dirubah APInya ke yang baru :

    * Klik kanan SEOquake Icon

    * Klik Preference dan kemudian google pagerank

    * Edit :

    =Google pagerank

    =PR

    =http://toolbarqueries.google.com/search?client=navclient-auto&hl=en&ch={gchecksum}&ie=UTF-8&oe=UTF-8&features=Rank&q=info:{url|encode}
    =Rank_.*?:.*?:(d+)

    to :

    =Google pagerank

    =PR

    =http://toolbarqueries.google.com/tbr?client=navclient-auto&hl=en&ch={gchecksum}&ie=UTF-8&oe=UTF-8&features=Rank&q=info:{url|encode}
    =Rank_.*?:.*?:(d+)

    Link Komentar
  9. Satu lagi kecurigaan terbatu;

    Google API sekarang berubah, itu mengapa banyak tool checker menunjukkan NA skrg. Berikut API lama dan baru untuk google PR :

    Old:
    New:

    Link Komentar
  10. Saat ini PR juga bukan indikator bagusnya isi website. Kalo itu dihapus, yang rugi para penjual link. Kalo pembaca seperti saya ndak masalah :D

    Link Komentar
  11. bisa ji kayaknya pak, mungkin cuma

    akal-akalannya OM Gugel buat kuasai pasar.

    saya berhasil liat pagerank pake tool ini :

    tapi mesti browsingnya pake internet explorer

    Link Komentar
    • Asri Tadda Asri Tadda

      @deanvaldis: Iya, saya jg pikir ini project trial saja, mau lihat respon pasar gimana…

      Link Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] kaskus emoticons