Menambahkan Google+ Penulis Pada Blog WordPress

Kehadiran Google+ paling tidak telah merubah konfigurasi hasil pencarian di halaman google. Blog-blog yang mengotorisasi akun Google+ para authornya akan menampilkan hasil pencarian yang kelihatan jauh lebih menarik dibandingkan dengan blog biasa yang authornya tidak menautkan akun Google+ pada profilnya.

Dengan menambahkan fitur Google+ pada halaman profil seorang author (penulis blog), maka setiap artikel yang ditulis oleh author tersebut akan ditampilkan lengkap dengan foto dan alamat akun Google+ miliknya pada halaman pencarian google.

Bukan hanya untuk keren-kerenan, Google+ malah dapat digunakan untuk kepentingan SEO (search engine optimization). Dengan fitur yang full social-oriented, Google+ membuka kesempatan setiap pembaca blog Anda membagikan artikel kepada semua teman yang berada dalam lingkaran (circle) Google+ yang dia miliki.

SERP dengan Google+ Profile Pic

Gambar di atas menunjukkan bagaimana Google+ memberikan hasil pencarian yang jauh lebih menarik dibandingkan dengan tanpa Google+.

Jika proses authorship blog Anda dengan Google+ sudah dilakukan, maka setiap artikel yang terindeks di google juga akan otomatis menampilkan gambar profil yang Anda pasang di Google+.

Menarik, bukan?

Menambahkan Google+ Penulis Pada Blog WordPress

Menambahkan fitur Google+ pada blog dikenal dengan istilah Google+ authorship. Ini bukanlah proses yang sulit. Anda hanya perlu memiliki akun Google+.

Jika Anda sudah memiliki akun pada google.com, baik berupa akun gmail, youtube, atau fasilitas Google lainnya, maka otomatis Anda akan memiliki akses untuk membuat akun Google+.

Selanjutnya adalah melengkapi data-data Anda di Google+, terutama pada bagian profil. Halaman profil Google+ dilengkapi dengan nomor ID.

Misalnya: https://plus.google.com/u/0/117230014009781181170/

URL di atas adalah halaman profil Google+ milik saya sendiri. Angka yang saya beri warna merah (117230014009781181170) adalah nomor ID Google+ saya. Setiap orang memiliki nomor ID yang berbeda di Google+.

Nah, pada halaman profil ini Anda harus menambahkan URL situs dimana Anda menjadi penulis. Cari bagian “Links“, klik tombol “Edit” lalu temukan “Contributor to“.

Selanjutnya klik “Add custom link“. Masukkan nama blog yang ingin Anda daftarkan di Google+ pada kolom “Label” dan isi dengan URL blog Anda pada kolom di bawahnya.

Sebenarnya ada 2 pilihan ketikan mendaftarkan otorisasi sebuah situs atau blog di akun Google+. Anda bisa memilih untuk mendaftarkan situs yang dulu pernah Anda posting artikel di dalamnya (past contributor), bisa juga Anda memilih mendaftarkan situs yang saat ini masih aktif Anda posting (current contributor).

Melengkapi Profil Author di Blog

Jika semua langkah di atas telah selesai, bagian penting berikutnya adalah melengkapi profil Anda di blog, terutama pada bagian “Biographical Info” dengan mencantumkan link ke halaman Google+ Anda.

Pastikan juga bahwa link ke halaman profil Anda senantiasa tercantum pada bagian postingan blog yang Anda buat. Pastikan juga bahwa nama author yang tercantum harus tertaut ke halaman profil author dengan menggunakan kode rel=”author”. Secara umum link yang menuju ke profil author seperti ini: http://www.namadomain.com/author/username.

Sejumlah theme wordpress secara default telah mencantumkan link profil authornya pada single post atau page. Biasanya pada bagian bawah judul sudah tertulis “Posted by ……” yang tertaut dengan halaman profil author. Pada beberapa theme tertentu (misalnya theme blog AsriTadda.com ini), biografi penulisnya akan muncul pada bagian bawah postingan.

Jika tidak ada tautan ke halaman profil author pada blog Anda sebagaimana disebutkan di atas, maka Anda perlu membuatnya sendiri. 🙂

Satu hal yang perlu diingat, ketika mencantumkan link profil Google+ di dalam biografi author, Anda harus menyertakan rel=”author” di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan pelajari petunjuk dari Google berikut ini:

Google+ Authorship
Mengatur authorship di Google+

Jika profil Anda sudah memuat link ke Google+ Anda, dalam waktu singkat halaman setiap postingan yang Anda tulis di blog yang bersangkutan akan menampilkan gambar profil dan link ke akun Google + Anda ketika dilihat di google.com.

Proses authorship Google+ seperti ini bisa juga Anda lakukan untuk blog dengan jumlah penulis (author) yang lebih dari satu orang (multiple authorship). Jadi masing-masing penulis bisa melakukan authorship Google+ untuk setiap artikel yang mereka tulis di blog tersebut dengan cara di atas.

Bagaimana, apakah semuanya sudah jelas?