Ngobrol Bareng Santai Telkomsel di Semarang

Catatan dari Acara Ngobras Telkomsel di Semarang

Ngobrol Bareng Santai Telkomsel di Semarang

Setelah sempat jeda selama beberapa waktu, acara road show Ngobrol Bareng Santai (Ngobras) yang diselenggarakan oleh Telkomsel kembali digelar. Kali ini saya diundang sebagai pembicara seputar blogging pada acara Ngobras di kota Semarang.

Rabu (29/9) saya berangkat dengan Lion Air dari Makassar bersama Onky Saputrapengalaman pertamanya menaiki pesawat terbang –, sempat transit beberapa jam di Cengkareng lalu melanjutkan perjalanan ke Semarang.

Ini adalah kunjungan kedua saya ke kota Semarang setelah 4 tahun lalu menghadiri Musyawarah Nasional Bakornas LKMI HMI. Rencananya, setelah di Semarang saya juga akan mengisi acara serupa di Banda Aceh bulan Oktober ini.

Sebelumnya pada bulan Mei lalu, saya mengisi acara serupa di Lampung. Acara di Semarang sendiri dilaksanakan pada hari Kamis (30/9) di Gedung Dharma Wanita Kota Semarang.

Tidak seperti di even yang sama sebelumnya, peserta acara Ngobras di Semarang terbilang membludak, bahkan quota ruangan yang disediakan oleh panitia terlampaui; lebih dari 1000 orang pelajar dan mahasiswa kota Semarang tumpah ruah di arena kegiatan.

Peserta Ngobras Telkomsel di Semarang yang Mmebludak

Seperti biasa, sejumlah materi yang berkaitan dengan dunia kerja dan kewirausahaan disajikan kepada seluruh peserta, termasuk dunia blogging dan bagaimana mendapatkan uang dari blog yang saya bawakan, tidak ketinggalan presentasi beberapa produk terbaru dari Telkomsel.

Karena banyaknya materi yang ditampilkan, maka lama presentasi sebuah materi dibatasi hanya 30 menit saja. Praktis ini sangat tidak memadai untuk menjelaskan banyak hal seputar blogging dan make money blogging. Jadilah saya hanya sampai pada pembahasan potensi penghasilan seorang blogger profesional, belum membahas bagaimana langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menjadi seorang blogger profesional. Cukup menggantung!

Tetapi ini bukanlah masalah besar. Di luar dari semua itu, saya kira acara seperti ini sangat positif untuk membangkitkan motivasi dan memberikan gambaran yang lebih objektif kepada para mahasiswa dan pelajar kita tentang dunia kerja dan kehidupan yang sesungguhnya setelah mereka menyelesaikan pendidikannya kelak. Pada sisi ini, Telkomsel sebagai pihak penyelenggara patut diberikan apresiasi dan penghargaan yang setimpal karena telah ikut berpartisipasi membangun generasi bangsa ini. Salut!

Even sehari di Semarang ini berakhir pukul 16.00 WIB, tetapi saya sudah balik ke hotel sejak pukul 14.30 WIB untuk menyiapkan agenda jalan-jalan di sekitar Simpang Lima Semarang, area yang cukup nyaman untuk menikmati aneka makanan khas Semarang, juga merasakan damainya kota ini. Anda pernah mencobanya?